Personal Blog

AYA SOFIA, AL-FATIH, DAN PESONA TOLERANSI (OTTOMAN PART 1)



15 Pebruari 2014.
Berrrrrr…..
Itulah sambutan udara Istanbul saat saya menginjakkan kaki di pelataran dekat areal wudhu Masjid Biru (Blue Mosque). Suhu di HP mencapai 6 derajat. Oke, ini sejarahnya saya mengenakan kaos dalam, lalu hem lengan panjang, lalu jaket selutut, plus tutup kepala setelinga, tentu tak lupa kaos tangan, kaos kaki, dan sepatu.
Dingin yang menguliti daging dan tulang serentak punah saat saya menoleh ke arah barat (menurut saya sih barat, tapi nggak tahu ya tepatnya). Sebujur bangunan yang telah berusia lebih dari 1.500 tahun berdiri gagah. Itu dia Aya Sofia!



You know, Aya Sofia adalah bangunan warisan Bizantium di wilayah Konstantinopel, perpanjangan tangan kekuasan Romawi di Barat. Mungkin, semacam Konjen kalau hari ini.
Di bawah kekuasaan Romawi (Konstantinopel), Aya Sofia dibangun dengan fungsi gereja. Mozaik sebagai gaya seni yang dominan saat itu tergelepar di nyaris seluruh sisi bangunan super raksasa ini. Benar-benar bangunan yang gagah, perkasa, menjulang, sehingga masuk akallah jika ia tetap begitu kokoh sampai hari ini.






Hingga pada hari Selasa tanggal 27 Mei 1453, kota Konstantinopel ditaklukkan oleh al-Fatih (Mehmet II). Dia adalah seorang raja dari Dinasti Ustmaniyah (Ottoman) yang masih berusia 21 tahun, yang hapal al-Qur’an, dan ahli tahajjud, yang diramal oleh Rasulullah Saw. sebagai pemimpin terbaik dari kaum muslimin dengan pasukan terbaik yang bakal menaklukkan Konstantinopel. Al-Fatih turun dari kudanya dan bersujud syukur pada Allah atas kemenangan itu, lalu memasuki Aya Sofia dan mengubahnya menjadi masjid, tanpa merusak bagian apa pun dari masjid itu. Aya Sofia langsung dijadikan tempat shalat Jumat oleh al-Fatih. Kini, Aya Sofia difungsikan sebagai museum.



Saya ngungun menyaksikan keelokan arsitektur Aya Sofia ini. Benar-benar menakjubkan! Bagaimana mungkin lebih dari 1.500 tahun lalu, manusia yang belum melek teknologi bisa menciptakan bangunan sespektakuler ini? Orang kita aja yang hebat teknologinya kini nggak pernah sanggup bikin bangunan yang berumur ratusan tahun. Ada yang baru diresmikan aja udah retak-retak. Ah iya sih, lupa saya, soalnya sebagian besar anggarannya dikorup sih ya sama para koruptorrajim, ngeeeekkk…! Saya nggak sanggup mengimajinasikan bagaimana rangkaian proses pembangunan Aya Sofia itu dikerjakan.






Selain soal arsitekturnya, saya terpana pada persandingan simbol-simbol Kristiani dan Islami di seluruh ruangan Aya Sofia ini. Kaligrafi Allah dan Muhammad bersanding dengan lukisan mozaik Yesus. Pas di tempat pengimaman atau altarnya, di langit-langitnya yang julang, keharmonisan itu benar-benar terasa dipelihara. Di sekitarnya, terdapat nama-nama Khulafaur Rasyidin plus Hasan dan Husein.




Ya, itulah al-Fatih. Meski ia mengubah Aya Sofia yang awalnya gereja menjadi masjid, tapi ia tak merusak warisan agama Kristiani. Beberapa bagian hanya ditutupi dengan kaligrafi-kaligrafi, tapi sebagian besar lainnya dibiarkan terbuka apa adanya. Al-Fatih mengingatkan saya pada sosok Salahuddin al-Ayyubi yang memulikan kaum Kristiani saat berhasil memasuki kota Yerussalem.
Di pintu masuknya, dongakkanlah kepalamu ke atas. Terdapat lukisan mozaik Yesus yang masih terang begitu indahnya. Begitu pula di langit-langit pintu keluarnya.


Lalu di sudut belakang sebelah kanan, terdapat guci marmer super besar yang kabarnya dipakai sebagai air pemberkatan, dan itu dibiarkan tetap tenang di tempatnya.


Menurut informasi yang saya tangkap, di dalam Aya Sofia, terdapat surat-surat dari para khalifah Utsmaniyah yang berfungsi sebagai jaminan untuk melindungi dan memakmurkan seluruh warganya atau pun orang asing tanpa membedakan latar suku dan bahkan agamanya. Terdapat sekitar 10.000 surat yang dikeluarkan mereka di sini, namun saya memang tak bisa menyaksikan semua surat itu di sini.
Aya Sofia dan al-Fatih yang luar biasa kewara’annya menjadi tinta emas sejarah manusia bahwa keragaman agama selayaknya bisa hidup bersandingan tanpa masalah, apalagi permusuhan dan bunuh-bunuhan. Apalagi sekadar perbedaan paham dan aliran dalam Islam ya? Qunut dan nggak qunut tidaklah layak sama sekali untuk dijadikan api pemutusan silaturrahim, Bro.
Lha kok kita yang masih abal-abal aja dalam memahami al-Qur’an, hadits, dan keteladan Rasulullah ini bisa bersikap garang pada orang lain yang berbeda ya seolah kita ini adalah satpol-PP Allah aja?
Kawan, masukilah Aya Sofia dan renungkanlah sosok al-Fatih. Niscaya kau akan menemukan pengertian bahwa hidup ini terlalu indah untuk dirusak hanya oleh perbedaan latar-belakang apa pun….

17 Komentar untuk "AYA SOFIA, AL-FATIH, DAN PESONA TOLERANSI (OTTOMAN PART 1)"

Singgah Cappadocia bos. Ane ngimpi banget pengin bikin novel dengan setting Kawasan menakjubkan itu.
***)BTW nggak sabar nunggu Ottoman Part 2 dan seterusnya, Pak Edi. Kereeeeeennn...

Selamat berpergian di tempat yg subhanallah indah sekali. Jadi pingin juga sih, sama suami kesana, kapan ya...laa hauwla wa laa quwwata illa billah. Nyoba berpendapat nih, Pak ya. maaf. toleransi atau tasamuh dalam Islam, bisa bener2 dijalankan dg benar tanpa menyertakan hawa nafsu di dalamnya. bukan untuk menyamakan kedudukan semua agama, krn sudah jelas agama yg diridhoi Allah, yg bener2 mentauhidkan Allah, yg menyuruh umatnya untuk bersujud, yg rahmatan lil alamin, dan yg mempercayai Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthallib sebagai Rasul dan Nabi akhir zaman adalah Islam. Al Fatih dan Al Ayyubi menjalankan sunnah Rasul SAW untuk tidak menghancurkan tempat ibadah ketika mereka memenangkan peperangan, jangankan tempat ibadah, bahkan pepohonan pun juga tdk boleh dirusak, beda sekali dg peradaban bangsa2 lain yg pernah jaya di dunia ini, bahkan dg orang zaman sekarang. tapi untuk mendirikan tempat ibadah baru, misalnya spt kasus gereja Yasmin, patut dan sangat patut dipertimbangkan dan dipertegas lagi sikap pemerintah kita. bagaimanapun dalam hati kecilnya mereka tdk ridho dg keislaman kita apalagi kalau sampai Islam jaya. Allah SWT sendiri yg berfirman demikian. Jadi, pertahankan aqidah sampai ajal menjemput. Jaga diri kita dan keluarga kita dari api neraka. berusaha mendekatkan diri pada nilai2 kebenaran yg diajarkan Rasulullah sekecil atau seberat apapun, krn memang hidup kita ini sudah terjual untuk Allah, bukan untuk yang lain (kata Buya Hamka). Semoga perjanan selanjutnya lebih menyenangkan lagi ya Pak. Alhamdulillah.

yulieko: iya saya sepaham tentunya dengan anda. kemusliman saya tetap saya perjuangkan sampai akhir hayat (amin). itu ke dalam jiwa saya. kalau ke luar, ya saya tasamuh. hidup bersama dengan srawrung lan nguwongke uwong. :))

aang: heee iya insya Allah masih banyak part-nya nih, tentang Blue Mosque, Masjid Bursa, teluk Bosphorus, benteng Romawi, Grand Bazar, sampai cuaca dan makanan dan cara nawar barang-barang yang pengin kita beli di sini... insya Allah ntar berlanjut....

jadi pengen ke Turki..., bizantium #ngiler

Ini oleh-oleh yang saya tunggu :) Thx ya, Bos.

sungguh menggugah betapa indahnya toleransi dan bertasamuh :) Alhamdulillah Islam itu begitu indah

AMAZINGG !!

Saya jadi teringat buku "99 Cahaya dilangit Eropa"
Ada yang menyinggung sejarah Ottonam..

Btw, ini lagi nunggu lomba menulis tema "TURKI" dan foto Bapak bisa jadi inspirasi :)

Membaca catatan perjalanan seperti ini membuat saya nambah wawasan. Saya senang terutama jika dibumbui oleh pandangan penulis terhadap objek dibaur dengan data lalu padu dalam tulisan. Jika Aya Sofia hanya pernah mendengar namanya, lalu Muhammad Al-Fatih hanya pernah nonton filemnya, kini saya merasa lebih dekat lagi dengan itu setelah membaca. Terima kasih telah berbagi.

Karna Di SEKOPPoker Sedang ada HOT PROMO loh!
Bonus Deposit Member Baru 80,000
Bonus Deposit Weekend 50,000
Bonus Referral 20% (berlaku untuk selamanya
Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis)
Daftar sekarang juga hanya di Sekop88poker.com
sekop poker
sekop 88
poker 88
poker 88 domino
deposit via pulsa
uang asli indonesia
daily gift
weekend gift
bonus jackpot x3

Pastitogel adalah bandar togel online terpercaya,teraman dan terbesar di indonesia

yang menyediakan permainan togel online yang dikeluarkan langsung oleh situs resmi.

Pastitogel menyediakan 10 Pasaran Togel situs resmi yaitu :
Pasaran Cambodia
Pasaran Sydney
Pasaran Hainan 4D
Pasaran Singapore
Pasaran Magnum 4D
Pasaran Da Ma Cai 4D
Pasaran Sports Toto 4D
Pasaran Manila
Pasaran Hongkong
Pasaran Taiwan

Terkait :
MAIN TOGEL ONLINE
PASTI JP TOGEL
PASTI JP
PASTI TOGEL
PASTIJPTOGEL.NET
PASTIJPTOGEL.COM

Back To Top