Personal Blog

BERSAHABAT DENGAN PASAR (Tips Berjualan)



Kemarin sore, saya kedatangan seorang kawan yang kebetulan menjabat sebagai senior supervisor di marketing Nasmoco-Toyota. Tepatnya apa gitu nama jabatannya, saya nggak begitu paham, dan nggak berniat tanya pula. Intinya, dia salah satu pejabat senior pemasaran mobil-mobil Toyota.
Well, jelas product knowledge-nya tentang mobil kerenlah. Bukan melulu mobil buatan Toyota, tapi juga semua pabrikan. Semua kompetitornya. Saya sering dapat banyak informasi tentang teknologi terkini beragam mobil yang edar di Indonesia darinya. Ya, dia secara tak langsung menjadi salah satu provokator saya untuk termehek-mehek pada mobil yang punya sebuah sentuhan high technology.
Baik, ini pelajaran pertama darinya. Produck knowledge punya dirinya sendiri dan kompetitor sekaligus.
Ngomong tentang poin ini, jelas harus ada riset, pengamatan, komunikasi, dialog, pergaulan, dan analisis. Satu kesatuan paket yang mutlak dimiliki jika ingin meng-up grade diri menjadi kompetitif.
Dan, ternyata ya, kalau kalian mau mencerna poin ini, pola serupa juga berlaku dalam semua produk. Iya, semua, tanpa terkecuali, termasuk dalam menulis dan menerbitkan novel.
Suka tak suka, kalian harus tahu kompetitor sedang punya “mainan” apa, sentuhan coloring-nya gimana, pilihan judul seperti apa, artistic lay-out-nya bagaimana, dan hingga program jenis apa yang digebrakkan di pasaran. Maka riset, pengamatan, komunikasi, dialog, pergaulan, dan analisis harus dilakukan pula. Dan ini bukan melulu tugas penerbit lho, tapi justru beranjak dari level penulis.
Menggarap dan menerbitkan sebuah naskah novel yang melek product knowledge kompetitor begitu sungguh amat asyik. Nggak perlu sok imut di sini, diakui atau tidak, bahwa saya (misal) menulis atau menerbitkan buku untuk dijual, dibeli orang sebanyak-banyaknya, lalu dikeploki sebagai apresiasi positif publik. Intinya gimana ya supaya novel saya laku, disukai banyak orang.
Nah, itu, ternyata berpangkal dari product knowledge tadi. Bagi penulis yang novelnya nggak pengin laku, ya sudah abaikanlah note ini.
Lalu, kawan itu juga bercerita begini. “Produk itu nomer dua posisinya….”
“Nomer satunya?” tanya saya.
Attitude.”
Saya mengangguk, tak menyahut. Iya sih, kalau sekadar ngomong produk, apa sih yang nggak ada kompetitor sekelasnya sekarang ini?
Jazz head to head dengan Yaris, Swift, Ford Fiesta, Rio.
Camry head to head dengan Accord, Teana, dan Mazda 6.
Civiv head to head dengan Altis.
Avanza head to head dengan Xenia, Mobilio, Ertiga.
Begitu juga buku ya?
Teenlit anu head to head dengan karya si anu dari penerbit si anu. Sedemikian sesaknya. Nggak ada satu ruang kosong pun yang tidak head to head. Berhadapan. Bersaing tegas di segmen dan level yang sama.
Hadoohhh, benar banget nih, ternyata pelajaran berharga darinya pula ialah bahwa attitude penulis dan penjualnya (dari penerbit sampe after sale-nya) sangat besar pengaruhnya pada keterjualan sebuah buku di hadapan konsumen.
Yah, mau ngomong apa lagi sekarang nih?
Saat kau berhadapan dengan pasar, sebutlah posisimu sebagai penulis yang cendekiawan, suka tak suka, kau harus bersahabat pada hukum pasar jika kau ingin diterima dengan baik olehnya. Iya, bersahabat.
Tepiskan kegalauan lamamu bahwa bersahabat dengan pasar kan membuatmu tergelincir dari kursi emas kecendekiawananmu. Apa yang kau sebut “kursi emas”, dan bahkan sering kau rela mati untuknya, bukankah ia sesungguhnya hanyalah sebuah “konsep, ide, gagasan” yang abstrak? Sama abstraknya saat kau menyebut “konsep, ide, gagasan” tentang seksi, cantik, cakep, dan so sweet.
Thank’s, Kawan….
Jogja, 3 Pebruari 2014
4 Komentar untuk "BERSAHABAT DENGAN PASAR (Tips Berjualan)"

Assalamualaikum.. pak Edi, mau tanya, maksud kalimat "attitude penulis dan penjualnya (dari penerbit sampe after sale-nya) sangat besar pengaruhnya pada keterjualan sebuah buku di hadapan konsumen" itu bagaimana? Syukron :-)

attitude = perilaku, akhlak ya gampangnya. penting untuk semua pihak (termasuk penulis dan penerbit) untuk "memiliki jiwa melayani" terhadap konsumen. kalau dimention ya dijawab. intinya kudu welcome-lah. itu kan sangat mempengaruhi reputasi, branding, nama baik, yang menjadi salah satu pilar konsumen menyukaimu.,

ow begitu.. terima kasih atas ilmunya pak.. sukses selalu utk pak Edi dan DIVA Press.. :-)

SELAMAT TAHUN BARU 2014..
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam

Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang

lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di

sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat

mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami

yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO)

kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

Back To Top