Personal Blog

“PAGI KEDELAI, SORE TEMPE, BESOKNYA TAHI”



Seorang lelaki ahli agama, yang hapal ribuan hadits, berkata tegas pada istri yang memunggunginya di atas spring bed, “Malaikat akan melaknat istri yang tidak melayani suaminya sampai sang suami memberikan maaf padanya. Itu hadist, ingat ya…”
Sang istri hanya diam memejamkan mata mendengar sergahan suaminya. Ia hanya merasa sangat lelah, ngantuk tak terkira, pengin tidur. Tak sampai lima menit, terdengar dengkurnya berkelana di saantero kamar itu.
Dengan menahan marah, lelaki ahli agama itu keluar kamar sambil menggulung sarungnya yang kedodor. Menutup pintu dari luar, geleng-geleng kepala, lalu melangkah ke mushalla di belakang sambil mengusap ti**tnya yang perlahan beringsut lelap penuh lara.
****
Malam Sabtu lalu (13-12-2013), seorang kawan peserta diskusi rutin di #KampusFiksi mengangkat “normativitas dan historisitas agama”. Ya sih, ini istilah lama dalam studi agama. Gampangnya, nomativitas itu dalil (ayat, hadits), sifatnya Ilahiyah. Historisitas itu paham, tafsir, atau pemikiran yang bersifat manusiawi. Dalam praktik hidup, keduanya kawin, jadilah ia “agama”, termasuk Islam.
Saya tergelitik berpikir saat itu, betapa sungguh sangat sulit membangun batas yang jelas, apalagi tegas, antara normatif dan historis ya. Prof. Amin Abdullah bilang, “Normatif dan historis itu bak koin uang, satu sisi dengan sisi lainnya berbeda tapi tak pernah bisa dipisahkan.” Keduanya terdefinisikan dengan berbeda, tetapi dalam praktiknya selalu berpelukan. Tak terpisahkan.
Dengan berkelakar, saya sampaikan cerita tentang lelaki ahli agama tersebut di forum ilmiah itu. Kawan-kawan ngikik semua. Ada yang sampai guling-gulingan sambil memegang ti**tnya. #Entahkenapa.
Apa yang dikatakan lelaki ahli agama itu sangat jelas normatifnya. Tetapi konteks situasi yang melatari keluarnya dawuh itu jelas historis. Haditsnya sih normatif, tapi tegaknya ti**t historis. Jelas kan? Lol.
Lelaki ahli agama itu kecewa berat lantaran sungai berahinya yang begitu banjir tidak teralirkan ke kanal sawahnya yang hanya satu-satunya. Tanpa ampun, di antara kepentingannya yang terpatahkan, normativitas yang dihapalnya melesat. Normativitas yang dibalut kuat oleh historisitas ti**tnya. Lol.
Susah benar bedain batas normatif dan historis, kan?
Saya tiba-tiba teringat statemen Dr. Nurhaidi di kelas kuliah tahun silam, bahwa: “Everybody of us will say and do according to his interests in front of social, economy, politic, culture, and religion structure.
Note: interest alias kepentingan.
Setiap kita menempuh hidup dalam bidang apa pun jelas berdasar kepentingan. Itu manusiawilah. But, pertanyaannya kini ialah bagaimana supaya kemasan kepentingan kita tetaplah bersifat manusiawi, bukan hewani atau setani, kan?
Hari ini kamu sayang-sayangan sama seseorang, wajarlah kamu akan mengelukannya. Satu kepentingan sih. Minggu depan kamu putus dengannya, pecah kepentingannya. Tantangannya saat kepentingan tak lagi satu ialah bagaimana supaya omongan dan sikap kita tidak menjadi hewani atau setani, kan?
Putus sih putus, manusiawi aja. Tapi akan menjadi hewani atau setani bila kemudian membuatmu memaki, merendahkan, menjelekkan, memfitnahnya, kan?
“Aku putus ma dia karena mulutnya bau naga!” Hello, emang kemarin-kemarin naganya dikemanain kok baru tahu?
Orang yang ngebet pengin nikah 4 (historis), woooo itu ayat tentang poligami (normatif) bisa banget diolah untuk mengesahkan penginnya. Begitu juga orang yang serakah sama harta (historis), woooo mudah banget mencari dalil normatifnya untuk tidak mubazir karena mubazir itu kawan setan. Demikian juga orang yang melempem nggak berani berbuat apa-apa (historis), woooo ringan banget untuk mencari dalil pengesahannya (normatif) bahwa “sebaik-baik urusan ialah tengah-tengahnya”. Sama pula itu sang poliTIKUS yang mengkritik Kapolri yang demen pakai Innova, bukan mobil dinas mewah (historis), woooo jenius bangetlah mencari regulasi normatifnya yang mengesahkannya untuk tidak malu tertampar.
Ya, berjubellah kisah lainnya yang memperlihatkan betapa setiap kita berkiblat pada kepentingan. What we say, what we do, based on it. Yang normatif dan historis selalu berada dalam pola begitu. Tapi yang yang penting sih tetap dalam frame manusia. Bukan hewan atau setan.
“Pagi kedelai, sore tempe,” itu laku hidup kita semua yang kan berubah sesuai berubahnya kepentingan. Asal jangan “Besoknya tahi.” Kalau tahi, insya Allah semua kita enggan menelannya, sekalipun diolah semur, rendang, sate, sosis, nugget, french-fries, atau takoyaki. Njijiki
Jogja, 18 Desember 2013
70 Komentar untuk "“PAGI KEDELAI, SORE TEMPE, BESOKNYA TAHI”"

Nama. : AHMAD WIYONO
Alamat. ; Jl. Palduding, Dsn. Beltok Ds. Larangan Badung Kecamatan Palengaan Pamekasan Madura
No. HP. ; 082331838003 - 081935190566
Email. : generasi_qalam@yahoo.co.I'd
FB. : Ahmad Wiyono
Taman Baca "HUMANIORA"

SALAM
Sungguh merupakan kebahagiaan bagi kami saat membaca informasi ini, semoga penggagas serta pelaksana kegiatan ini akan mendapat balasan yang setimpal. Amien.....

Taman Baca Humaniora (TBH) merupakan media baca yang awalnya dibentuk oleh teman teman mahasiswa sekitar tahun 2010, saat itu koleksi pustaka masih sangat sedikit itupun hanya didapat dari beberapa Senior. Lambat laun kami mencoba terus meminta bantuan buku (jenis buku apapun). Kendati tidak begitu banyak, namun koleksi pustaka terus bertambah.

Saat ini TBH sudah berbadan hukum resmi dibawah naungan Humaniora Centre, dan dikelola secara profesional (profesional dalam perspektif sederhani), namun demikian aktifitas TBH hanya melayani baca di tempat, karena jumlah koleksi yang masih jauh dari cukup untuk aktifitas pinjam.

Upaya penambahan terus kami lakukan, tentunya dengan meminta buku kepada teman2 yang ada di luar kota, bahkan baru baru ini tanggal 14 Desember 2013 kami berkubjung ke teman2 Joja (UIN, UGM dll) dalam rangka menemui mahasiswa yang dari Madura utamanya yang satu alumni dari Annuqayah. Tujuannya yaitu "ngemis" buku. Alhamdulillah lumayan banyak bantuan dari teman2 jogja.

Kami sangat berharap, mudah mudahan TBH termasuk dari salah satu lembaga yang dibantu oleh program ini. Sehingga bisa bermamfaat tentunya untuk kemaslahatan dan kemajuan generasi bangsa. Amien.

Pamekasan, 17 Desember 2013
5irektur,

AHMAD WIYONO.

Heee bukan di sini tp di post ttg aksi sejuta buku itu

Aku pos di yang sejuta aksi kok gagal trs ya pak? :)

beberapa orang memang melapor ke saya (karena saya berbagi tautan blog Anda ini) bahwa mereka kesulitan untuk menulis komentar di posting aksi sejuta buku itu. saya tidak tahu, mungkin itu karena bandwidth atau karena browser mereka yang bermasalah. sama dengan komentar di atas itu yang lantas masuk ke posting ini, mirip spam

Nama : Taufiqurrahman
Alamat : Komplek Pondok Pesantren Raudlah Najiyah Lengkong Bragung Guluk-Guluk Sumenep 69463
No HP : 081933013381
Email : taufiq.humanis@gmail.com
Facebook : Taufiqurrahman
Assalamualaikum pak Edi, saya selaku pengurus Perpustakaan Taman Baca Pondok Pesantren Raudlah Najiyah di bawah pimpinan H. Mohammad Hosnan, S.Ag.M.Pd. ingin mengajukan diri menjadi peneima bantuan buku untuk perpus PP. Raudlah Najiyah. perpustakaan ini adalah dimana mayoritas siswa dan siswa Raudlah najiyah Mulai dari tingkat RA-MA sangat menyokai perpus ini karena tersedia banyka aneka ragam buku, namun setelah menjelang beberapa tahun banyak siswa yang mengeluh terhadap perpus kami, karena keterbatasan buku yang kami punya sedangkan tingkat MA. untuk kelas akhir harus mempuat karya ilmiah yang berupa paper dan menjadi suatu syarat kelulusan. dari ini kami mohon kepada bapak untuk berpartisipasinya dalam pengayaan buku-buku. dan kami tidak bisa secara terus menerus untuk memperbaharui karena keterbatasan dana. karenanya kami sebagai pengurus sangat berterimaksih jika pak Edi berkenan membantu kami.

Nama : Nengah Tegar Syaputra
Alamat : Jln Raya Sesetan. Gang Lumba-Lumba 1 no. 2 (Penjahit Arni) Denpasar Selatan.
No. Hp : 085773706699
.
Mohon maaf pak Edi karena sy komen disini. Soalnya di post sebelah gagal terus. Langsung saja, buku2 ini saya tujukan kepada Panti Asuhan anak. Saya khawatir pak dgn masa depan anak-anak panti asuhan di beberapa wilayah yg berada di Denpasar. Disana sangat minim akan bahan bacaan oleh karena itu saya meminta kesediaan bpk mengirim buku2 kepada saya. Dan akan saya berikan kepada panti2 asuhan disini.
Terima Kasih pak atas bantuannya.

kak, komen di postingan aksi sejuta buku susah sekali. apa tdk disediakan email atau dikirim ke inbox fb saja? :)
karena saya sangat berminat dan berkali-kali mengirim gagal terus.

Assalamualaikum. Saya sudah mecoba 3 hari ini tapi susah sekali komen di postingan aksi sejuta buku itu. Jadi saya komen di sini dengan harapan tetap di perhatikan dan mendapat bantuan.

Nama : Nurmiati
Alamat sekarang (Kos) : Jl Pramuka 6 Komplek P&K Blok C No. 25 Rt 30 Samarinda Kalimantan Timur.
HP : 085250631062
Email : Miamie1010@gmail.com
Twitter : @sayanurmi
FB : Nurmie M Cynk

Perpustakaan di desa Maruat Kec. Longkali Kab. Paser. Kalimantan Timur.
Perpusakaan ini tergolong baru dan kekuranga buku. Meskipun begitu minat membaca anak -anak di desa ini sangat tinggi.
Waktu belum ada perpustakaan dulu saya senang mengumpulkan buku untuk membuat perpustakaan gratis dan jika lulus kuliah akan mengajari para orang tua yang tak bisa membaca. Namun saat saya kuliah rumah saya terbakar dan semua buku-buku saya yang lumayan banyak itu tak sempat saya sumbangkan untuk perputakaan yang baru itu. Saat ini, di desa saya suda ada PAUD, SD, dan SMP dan di desa sebelah sudah ada Madrasah Aliyah. Namun perpustakaan itu tidak memiliki banyak buku selain itu memang Perpustakaan itu juga bangunannya masih pinjam dari gedung TK. Harapan saya jika memiliki banyak buku akan lebih di perhatikan dan masyarakat akan membuat gedung yang khusus perpustakaan.
Rencana saya setelah lulus kuliah semester ini. Saya ingin mengumpulkan buku-buku untuk menambah koleksi perpustakaan itu dan lebih mensosialisaikan gemar membaca.
Sasaran pembaca, secara umum seluruh warga desa (Remaja dan orang tua). Secara Khusus anak TK, SD, SMP, SMA.
Mohon bantuanya pak. Terima kasih. Semoga amal ibadah diterima oleh Allah. Aamiin.

Sebelumnya saya minta maaf pak karena posting di sini. Saya sudah mencoba posting di aksi sejuta buku dan sama sekali tidak berhasil.

Nama Lengkap : Diana Kurniasari
Alamat : Dsn Gangin RT 03 RW 02 Ds Ngadisanan Kec Sambit kab. Ponorogo 63474
Email : diana.artomoro@gmail.com
Fb : Diasya Kurnia
Twitter : @AsyaDiana
Nomor HP : 085608696347

Assallamuallaikunm wr.wb
Saya ingin sekali mendirikan taman baca di daerah saya dikarenakan kondisi daerah saya yang terpencil. Hal ini menyebabkan minat baca di kalangan anak-anak bahkan remaja relative kurang. Untuk tahap awal saya akan menggunakan rumah saya sebagai taman baca tersebut. Saya percaya anak-anak di daerah akan menyukai kegiatan ini karena selama ini tidak ada sarana dan prasarana yang mendukung.. Mereka juga enggan membeli buku bacaan selain buku pelajaran di sekolah karena keterbatasan biaya. Taman baca yang tidak dipungut biaya ini diharapkan bisa mengembangkan minat baca di kalangan anak-anak kurang mampu.
Saya sangat berharap niat baik ini bisa memberikan berkah untuk anak-anak di daerah saya. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Edi dan penerbit Divapress atas bantuan buku tersebut. Semoga langkah kecil ini bisa memberikan kebahagiaan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil untuk berkembang lebih baik. Indonesia bisa !
Wassallamuallaikum wr.wb

Assalamu'alaikum..
Pak Edi, saya ikut mengajukan yah

Nama : Rizki Khalaliyah
Alamat : Jl.Luwungri Desa Bumiharja RT.08 RW.01 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal
HP : 085741973510
Email : rizkikhalal09@yahoo.co.id
twitter : @rizkikhalal09
FB : rizki khalaliyah

Mohon Pak, untuk mengajukan taman baca di desa saya terutama untuk bacaan anak SD dan SMP karena di daerah saya sangat sulit untuk bisa mendapatkan buku, kalau mau baca buku harus beli atau kalau tidak pinjam tapi tetap ada biaya penyewaan padahal minat baca untuk anak-anak di daerah saya lumayan tinggi namun terbatas untuk biaya buat membeli buku.
selain itu, saya juga mengajukan buku untuk di organisasi saya yaitu Kuliah Ahad Pagi (KAP) terutama untuk buku-buku islami karena sesuai dengan visi organisasi yaitu ingin memperbaiki moral mahasiswa. buku ini akan ditujukan bukan hanya untuk pengurus, tapi juga untuk para mentee yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Saya berharap sekali agar permohonan taman baca saya ini dikabulkan.
Terimakasih Pak
Reply

assalamualaikum pak..
nama : khayatun nufus
alamat : jalan ir sutami mauk 15530, kelurahan mauk timur, kecamatan mauk, kabupaten tangerang, provinsi banten
HP : 085697794284
facebook/twtter : khayatun nufus / @Nunuuu24_
email : khayatunnufus18@gmail.com

sebaik baik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. ya saya ingin menjadi salah satu manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain. itu adalah alasan kenapa saya mengajukan taman bacaan ini ke bapak. saya ingin membuat taman bacaan untuk anak anak didesa saya karena minat baca mereka yang sangat kurang dikarenakan jauhnya perpustakan, saya ingin disela sela waktu mereka diisi dengan membaca buku agar tidak membuang buang waktu anak anak mereka, saya ingin sekali menumbuhkan minat baca mereka. menyadarkan mereka akan pentingnya membaca. sekarang saya sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas negeri di semarang dan saya ingin memberikan kontribusi saya untuk desa saya. terima kasih pak :)

Nama : Azmi Fitria Pratiwi
Alamat : Badan PLKB, Kantor Kec. Kajen. Kab. Pekalongan Kode Pos: 51161
HP : 085741876127
Email : azmi.cute93@gmail.com
twitter : @amee_chan
FB : Azmi Fitria Pratiwi

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Pak Edi, saya ingin mengajukan untuk pendirian taman baca baru di rumah saya. Karena minat baca anak" dan warga sekitar sebenarnya bagus, tapi desa saya jauh dari perpustakaan umum dan toko buku. Sehingga mereka hanya membaca buku yang ada di sekolah dan padahal perpusatakaan sekolah yang ada di desa saya tidak lengkap. Dan saya juga ingin membantu warga sekitar untuk menyalurkan mnat membaca karena kebanyakan dari warga desa saya pengetahuannya masih minim apalagi soal agama. Sementara ini, koleksi buku saya masih sekitar 50an. Untuk calom pembaca, saya sasarkan anak-anak, remaja SD, SMP, SMA dan Warga Sekitar. Saya mohon bantuannya pak. Terima Kasih

Nama : Neni Hajayani
Alamat : Jalan Mitra Batik Gg. H. Sobari No .37, RT 003, RW 002, Kel. Panglayungan, Kec. Cipedes, Kota Tasikmalaya. Kode Pos 46134
HP : 085223027760
Email : nenihajayani@yahoo.co.id
FB : Neni Nuruljannatie Almansuriyah / alnez_nie@yahoo.co.id

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Alhamdulillah saya senang sekali denga adanya #Aksisejutabukugratistamanbacaan#
Pak Edi, saya ingin mengajukan untuk pendirian taman baca baru di Madrasah DTA TARBIYYATUL ATHFAL di Kota Tasikmalaya. Madrasah tersebut berada di Lingkungan Mesjid Al-Ilyas. Di Lingkungan Madrasah tersebut belum ada taman bacaannya. Mohon kesediannya Bapak menyetujui mengirimkan buku bacaan tersebut ke alamat tempat tinggal saya. Semoga bisa bermanfaat untuk anak-anak diniyah dan masyarakat pada umumnya. Semoga kebaikan Bapa mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin. Terima kasih.

Nama : Azmi Azizah Nurhalim
Alamat : Babakan RT 01, RW 02, Desa Karang Ampel, Kec. Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kode Pos 46252
HP : 087725363700
Email : azmiazizah.nurhalim@yahoo.co.id
FB : Asmy Mymutzz NurAzizah / asmyazizah@gmail.com

Assalamu'alaikum Wr. Wb..
Alhamdulillah saya senang sekali dengan adanya #Aksisejutabukugratistamanbacaan#
Pak Edi, saya ingin mengajukan untuk pendirian taman baca baru di Yayasan Al-Hasan yang berada di Kecamatan Baregbeg. Madrasah tersebut berada di Lingkungan Mesjid Al-Hamidiyah. Di Lingkungan Madrasah tersebut belum ada taman bacaannya. Mohon kesediannya Bapak menyetujui mengirimkan buku bacaan tersebut ke alamat tempat tinggal saya. Semoga bisa bermanfaat untuk anak-anak pelajar,anak-anak diniyah dan masyarakat pada umumnya. Semoga kebaikan Bapa mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin. Terima kasih. .

Maaf pak edi komennya disini karena diaksi sejuta buku gagal terus
Nama : Muspita dewi
Alamat :Kos ihwah rasul no 28, Gang jeruk Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang
No. HP : 085799774225
Twitter : musde22
FB : muspita dewi
Email : muspitadewi56@yahoo.com
Profil Singkat
Assalamu;alaikum
Saya adalah pengurus Rohis di kampus saya khususnya di FMIPA UNNES. Di kampus saya memiliki mushola.yang ada nya, tetapi perpustakaan kami hanya memiliki buku- buku lama, jadi masih sepi yang mengunjungi. padahal mushola kami selalu penuh dengan mahasiswa yang mau beribadah, diskusi, belajar kelompok dan kegiatan lainnya. Oleh sebab itu saya sangan tertarik dengan tawaran dari Diva press ,kami memang sangat memerlukan tambahan buku- buku agama dan buku- buku yang bisa di baca oleh mahasiswa FMIPA pada umumnya. demikian permintaan saya.
terima kasih.

Wasalamu'alaikum
Reply

Maaf sebelumnya kak karena saya komen disini. sudah berkali-kali mencoba komen di postingan sejuta aksi tapi selalu gagal.

Nama: Dwi Setia Wardani
Alamat: Dsn. Pehngaron RT.03 RW.01 Ds. Mojogeneng, Kec.Jatirejo, Kab. Mojokerto
Email: gluckfraulein@yahoo.co.id
HP: 085730432956
Twitter: @gluckFraulein
FB: Gluck Fraulein

Alhamdulillah, ini kabar yang sangat membahagiakan. Terlebih dahulu saya ucapkan terimakasih pada Diva Press terkhusus kak Edi Akhiles, semoga selalu dirahmati Allah.
Memiliki taman bacaan adalah impian saya. Saya ingin mengajukan permohonan bantuan #AksiSejutaBukuGratisTaman Baca ini untuk taman baca yang rencananya ada dirumah saya. Lokasi Dusun tempat tinggal saya saat ini terbilang masih jauh dari keramaian, begitupun dengan lokasi perpustakaan kota. Lucu memang karena dijaman sekarang ini, masyarakatnya masih asing dengan yang namanya sarana internet dan menurut saya minat bacanya sangat kurang. itu dikarenakan pada lingkungan yang tidak membiasakan dan mengenalkan tentang penting dan menyenangkannya membaca. Melihat waktu senggang mereka yang hanya digunakan untuk duduk-duduk dan bercanda, alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan membaca, meskipun dalam ruang kecil dirumah saya.
Biasanya sebagian dari mereka datang kerumah membaca seadanya buku yg saya miliki, namun saat ini koleksi buku bacaan saya masih terhitung sedikit, saya sangat berterimakasih jika Diva Press berkenan memberikan bantuannya. karena menurut pengamatan saya, mereka pasti bosan dengan buku yang itu-itu saja (buku yang tuntas mereka baca apalagi dengan buku-buku paket layaknya disekolahan yang biasanya mereka baca) dan menginginkan buku yang fresh lainnya. Saya hanya bisa mengusahakan sedikit dengan membeli buku-buku di toko buku seadanya, karena kemampuan yang terbatas. Saya mencoba mengajak sebagian dari mereka untuk mencintai membaca dan menulis, membukukan tulisan-tulisan mereka. saya rasa itu akan menjadi kebanggaan bagi mereka.

Peminat baca ditempat saya yang berdekatan dengan pesantren mencakup segala umur, mulai dari anak-anak yang gemar membaca buku bergambar,komik. remaja dengan cerita-cerita fiksi dan novelnya, guru, ibu-ibu rumah tangga juga anak-anak sekolahan.

Saya berharap, niat baik ini dapat bermanfaat untuk semuanya. semakin mencintai dunia baca sehingga mampu melahirkan kreatifitas baru.
Terimakasih untuk kesempatan yang mulia ini....

Nama : Guntoro, S.Pd
Lembaga : TBM Cerdas Mandiri
Alamat : Jl. Elang No. 16 Puri Asri Comal Kab. Pemalang Jawa Tengah KP. 52363
E-mail : TBM_Cerdasmandiri@yahoo.co.id atau guntoro2012@gmail.com
HP : 081575240620

Sekilas TBM Cerdas Mandiri.
Didirikan Januari 2009, sebagai bentuk keprihatinan terhadap generasi muda, khususnya anak sekolah dan droup out yang ada dilingkungan sekitar yang lebih senang ke playstasion dan warnet daripada kegiatan positip lainnya seperti olahraga atau mengaji diwaktu sore apalagi ke perpustakaan baca buku. Berawal adri buku-buku bekas 3 anak kami, maka kami awali kiprah menyelenggarakan taman baca dengan modal nekat seadanya, dengan harapan ada manfaat bagi pembangunan sdm generasi muda melalui pemayarakatan budaya gemar membaca. Pandangan sinis dan sindiran sempat kami alami termasuk ketika disarankan salah satu teman agar mencari ijin untuk legalitasnya. Namun apapun hambatan dengan keterbatasan-keterbatasan kami tetap berjalan dan alhamdulillah mulai ada yang peduli menjadi relawan dan memberi bantuan tambahan koleksi buku. (termasuk Insya Allah Bapak he3).

Relawan kami terdiri dari 8 orang :
1. Guntoro
2. Sugiharti
3. Susi Yudaningrum
4. Nur Malikhati
5. Siti Nurkhasanah
6. Anita
7. Eva Yuliati

Pembina :
1. Cahyo, SP

Adapun program kegiatan yang kami laksanakan adalah :
1. Peminjaman buku
2. Bimbingan belajar SD, SMP
3. Baca Tulis al Qur’an
4. Diklat Kewirausahaan
5. English Corner
6. Bimbingan Bagi Penulis Pemula
7. Nonton Film Edukatif
Program kegiatan 1-4 alhamdulillah telah berjalan, adapun program kegiatan 5-7 karena keterbatasan-keterbatasan kami belum dapat dilaksanakan. Harapan kami seiring dengan waktu, relawan dan sumber daya kami makin lengkap sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Amien.

Nama : Guntoro, S.Pd
Lembaga : TBM Cerdas Mandiri
Alamat : Jl. Elang No. 16 Puri Asri Comal Kab. Pemalang Jawa Tengah KP. 52363
E-mail : TBM_Cerdasmandiri@yahoo.co.id atau guntoro2012@gmail.com
Facebook : Guntoro TBM Cerdas Mandiri
HP : 081575240620

Sekilas TBM Cerdas Mandiri.
Didirikan Januari 2009, sebagai bentuk keprihatinan terhadap generasi muda, khususnya anak sekolah dan droup out yang ada dilingkungan sekitar yang lebih senang ke playstasion dan warnet daripada kegiatan positip lainnya seperti olahraga atau mengaji diwaktu sore apalagi ke perpustakaan baca buku. Berawal adri buku-buku bekas 3 anak kami, maka kami awali kiprah menyelenggarakan taman baca dengan modal nekat seadanya, dengan harapan ada manfaat bagi pembangunan sdm generasi muda melalui pemayarakatan budaya gemar membaca. Pandangan sinis dan sindiran sempat kami alami termasuk ketika disarankan salah satu teman agar mencari ijin untuk legalitasnya. Namun apapun hambatan dengan keterbatasan-keterbatasan kami tetap berjalan dan alhamdulillah mulai ada yang peduli menjadi relawan dan memberi bantuan tambahan koleksi buku. (termasuk Insya Allah Bapak he3). Mudah-mudahan dengan bantuan buku dari Bapak akan menambah daya tarik dan motivasi mayarakat ke TBM kami.

Relawan kami terdiri dari 8 orang :
1. Guntoro
2. Sugiharti
3. Susi Yudaningrum
4. Nur Malikhati
5. Siti Nurkhasanah
6. Anita
7. Eva Yuliati

Pembina :
1. Cahyo, SP

Adapun program kegiatan yang kami laksanakan adalah :
1. Peminjaman buku
2. Bimbingan belajar SD, SMP
3. Baca Tulis al Qur’an
4. Diklat Kewirausahaan bagi Ibu-ibu.
5. English Corner
6. Bimbingan Bagi Penulis Pemula
7. Nonton Film Edukatif
Program kegiatan 1-4 alhamdulillah telah berjalan, adapun program kegiatan 5-7 karena keterbatasan-keterbatasan kami belum dapat dilaksanakan. Harapan kami seiring dengan waktu, relawan dan sumber daya kami makin lengkap sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Semoga.

This comment has been removed by the author. - Hapus

Nama : Desi Nurjanah
Alamat : DTA Al-Muttaqien, Babakan Ciminyak, Rt/ Rw : 03/ 01. Desa. Karyamulya. Kecamatan. Cisaga. Kabupaten. Ciamis
HP : 081563941802 / 087826151623
Email : pinkiesmmutz@yahoo.co.id
FB :Chy'Pinkies Mmutz'Muslimmah

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Alhamdulillah saya senang sekali dengan adanya #Aksisejutabukugratistamanbacaan#
Pak Edi, saya ingin mengajukan untuk pendirian taman baca baru di Madrasah DTA Al-Muttaqien. Madrasah tersebut berada di Lingkungan Mesjid Al-Muttaqien. Di Lingkungan Madrasah tersebut belum ada taman bacaannya. Mohon kesediannya Bapak menyetujui mengirimkan buku bacaan tersebut ke alamat tempat tinggal saya. Semoga bisa bermanfaat untuk anak-anak diniyah dan masyarakat pada umumnya. Semoga kebaikan Bapak mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin. Terima kasih.

mohammad ikbal fadlil
delete

Nama : mohammad Iqbal Fadlil
Alamat : jl. Gajayana no.50 UIN MALIKI MALANG
HP: 083834338605
email : del_roccha@yahoo.co.id
FB: del_roccha@yahoo.co.id

assalamualikum Wr. Wb.
sebelumnya saya terkejut mendengar ada buku infaq untuk semua kalangan, dan kebetulan kami membutuhkannya untuk majelis baca kami yang bernama FKMS (forum komunikasi sumenep) yang dimana anggotanya adalah para mahasiswa yang notabenenya mahasiswa kurang mampu asal madura SUMENEP yang berdiri di UIN MALIKI MALANG.
semoga dengan buku tersebut dapat membantu kami dan menambah wawasan intelektual dalam majelis baca kami...terimakasih
wassalamualaikum WR. WB.

maaf pak, sama
posting di aksi sejuta buku gagal. Jadi lewat sini,

Nama : Muhammad Nashiruddin
Alamat domisili : Jl. Haji Madrani RT 07 RW 07 Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
HP : 089658650446
Email : emailinyong@gmail.com

Perpustakaan Mafaza merupakan salah satu unit pemakmuran Masjid Fatimatuzzahra yang berada di lingkungan kampus. Sehingga selain sebagai sumber bacaan bagi jama’ah dan masyarakat sekitar, perpustakaan ini juga menyediakan buku yang ditujukan untuk mahasiswa. Sedikitnya, ada tiga perguruan tinggi yang ditargetkan untuk menjadi penerima manfaat perpustakaan ini, yaitu Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto.

Di samping sebagai sumber bacaan, Perpustakaan Mafaza mencanangkan beberapa program, di antaranya sebagai berikut:
Sabtu baca buku
Training of speed reading
Pelatihan penulisan akademik
English club
Bedah buku (insidental)
Lomba cepat tepat agama islam untuk siswa SMP
Wakaf buku

Untuk kelangsungan perpustakaan, setiap peminjaman dikenakan biaya yang besarnya berkisar di bawah Rp. 5.000,-. Adapun untuk pengadaan koleksi, dana yang digunakan berasal dari takmir, biaya peminjaman buku, dan sumbangan dari masyarakat atau jama’ah.

Nama Asli : Nurlela
Alamat : Jl. Tegal Parang Utara 1, rt. 004/005, no. 1, Tegal Parang, Mampang Prapatan – Jakarta Selatan
No Hp : 0857 8053 3548
Email : zulfayumna@yahoo.co.id
Twitter : @zulfayumna
Facebook : Zulfa Yumna Athaillah

Perpustakaan 1
Tempat : Di rumah, sebagai perpustakaan pribadi namun dibuka untuk umum.
Target : Anak-anak dan remaja kampung di sekitar rumah
Alasan : Berawal dari rasa miris saya pada anak-anak dan remaja di sekitar rumah, banyak dari mereka yang sudah tidak bersekolah dan kegiatannya hanya kumpul-kumpul tidak jelas di depan rumah saya. Berhubung saya suka sekali menulis dan membaca, saya ingin ‘memaksa’ mereka juga menyukai menulis dan membaca. Tapi koleksi buku saya masih sedikit dan kebanyakan buku agama, jadi saya belum berani membuka perpustakaan untuk umum di rumah. Mungkin dengan ini Pak Edi dan Diva Press bisa membantu kebingungan saya ini.
Demikian permohonan saya, atas perhatiannya saya ucapakan banyak terima kasih…

Nama Asli : Nurlela
Alamat : Jl. Tegal Parang Utara 1, rt. 004/005, no. 1, Tegal Parang, Mampang Prapatan – Jakarta Selatan
No Hp : 0857 8053 3548
Email : zulfayumna@yahoo.co.id
Twitter : @zulfayumna
Facebook : Zulfa Yumna Athaillah

Perpustakaan 2
Target : Anak-anak dan remaja
Tempat : TPA Nurjannah
Alasan : Begitu juga dengan TPA Nurjannah, belum banyak buku di sana. Tidak bisa mengimbangi keingintahuan anak-anak yang semakin besar. Selain TPA ada juga Bimbel sederhana yang di buka untuk anak-anak kampung. Dan kebanyakan buku-bukunya juga hanya buku agama. Maka dari itu saya berharap dapat dibantu dari Pak Edi dan Diva Press…

Terima kasih…

Nama : Karyati
Lembaga : TBM Cerdas Mandiri Wanarejan Pemalang
Alamat : Jl. Cempaka Rt 05/ Rw 01 Kemanggungan Wanarejan Utara Taman
Kab. Pemalang Jawa Tengah
E-mail : khar_yatie@yahoo.com
Facebook : yati hidayatullah
HP : 087830782536

Assalamu ‘alaikum Wr Wb.
Saya sangat senang begitu mendapat khabaar dari teman bahwa ada #aksi sejuta buku gratis# dari Bapak. Oleh karena itu perkenankan saya ikut mengajukan permohonan bantuan buku-buku dari Bapak untuk memperbanyak jumlah koleksi buku di Taman Baca saya yang masih sangat-sangat minim. Kebetulan latar belaknag saya seorang pendidik PAUD, saya merasa bahwa menanamkan budaya baca juga sebaiknya mesti sejak dari kecil, seperti halnya digalakaannya PAUD oleh pemerintah. Dan menurut pendapat saya gerakan budaya baca masih sangat kurang perhatian dari pemerintah, sehingga program pa Edi ini sangat-sangat luar biasa. Demikian permohonan saya, atas perkenannya saya ucapkan terima kasih. Jazakallahu khoiron katsiro. Amien.
Wassalamu ‘alaikum Wr Wb

Hormat Saya,

KARYATI

Nama: Sahwiyadi
Alamat: Jln. Raya Pamekasan - Sumenep. Kompleks PP. Al-Amien Prednuan Sumenep Madura. Kode pos 69465
No Hp: 087750044422
Fb. Pncarian Jejak Yang Hilang
Twitter: @Yadix36
Email: sahwiyadi.36@gmail.com
PROFIL
PERPUSTAKAAN PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN (P3A)
Perpustakaan Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN yang merupakan knowledge centre pada awal peresmiannya pada tanggal 6 April 2000 oleh Pimpinan PP. Al-AMIEN PRENDUAN. KH. Moh. Tidjani Djauhari (alm), pengunjung kala itu sekitar 200 - 300 santri per-harinya. Alhamdulillah, pada tanggal 03 Oktober 2000, Perpustakaan PP. AL-AMIEN PRENDUAN terpilih sebagai perpustakaan masjid Terbaik Tingkat Provensi Jawa Timur 2000. Kini, perpustakaan ini berdiri di tengah-tengah 5.733 santri yang berasal dari seluruh penjuru nusantara dari pendidikan tingkat kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi.

Kami berharap permohonan ini bisa disetujui. Amien. Jazakumullah Khoirol Jaza'

Maaf ini lagi Mas:


B. TUJUAN
1. Menjadikan perpustakaan sebagai knowledge centre
2. Menambah literatur Perpustakaan Pondok Pesantren Al-AMIEN PRENDUAN
3. Menumbuhkan skil dalam keilmuan
4. Menumbuhkan tradisi keilmuan masyarakat pesantren
C. JENIS BUKU YANG DIBUTUHKAN
1. Karya Umum
2. Filsafat
3. Agama Islam
4. Ilmu Sosial
5. Bahasa
6. Ilmu Murni
7. Seni
8. Santra
9. Sejarah
10. Sains

Nama : Zairozie Tamim
Alamat : Jalan Raya Gapura Sumenep Madura
Kode Pos : 69472
No. HP : 081703934182
Email : mts.nasmutgapura@gmail.com

Assalamu'alaikum.
Selaku bagian dari kepengurusan Perpustakaan MTs. Nasy'atul Muta'allimin (Gapura Timur Sumenep) , kami mengharap dengan adanya "Aksi sejuta buku" dapat menjadi pengaplikasian dari kebenaran suatu ungkapan bahwa "Buku Adalah Jendela Dunia". Dengan adanya program aksi sejuta buku ini, diharapkan turut berpartisipasi mewujudkan keadaan Perpustakaan kami yang untuk 2 bulan ini mengalami masa kekurangan akan buku-buku baru. sedangkan para peminat baca (siswa MTs, Guru sekaligus para peminat lain dari kalangan santri) sangat tampak antusiasnya dalam membaca.
Demikian permohonan kami.
Semoga program ini menjadi awal dari terciptanya generasi bangsa pencinta buku. Amin...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Nama : Ravi Janerine Yudyahartin
Alamat : Jl. Imam Bonjol Kp. Melati Dalam No. 28 RT 02/RW 02, Tanjung Uban, Bintan-Kep. Riau
Kode Pos : 29152
No. HP : 0819-9169-4559
e-mail : ravijanerine.95@gmail.com
Fb : Ravi ine Janerine
Twitter : inejanerine

Assalamu'alaikum..
Jujur, saya sangat bersyukur dengan adanya "Aksi sejuta buku" ini karena, memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi mereka yang gemar membaca namun dibatasi oleh minimnya fasilitas yang tersedia. Di daerah saya sendiri belum tersedia perpustakaan daerah yang dapat dijadikan sarana utk menimba ilmu dan sumber referensi. Terlebih perpustakaan-perpustakaan yang disediakan sekolah tempat saya tinggal buku-buku yang disediakan juga kurang "up to date", sehingga minat baca dapat dikatakan minim. Harapan saya agar "Aksi sejuta buku" dapat membantu mendongkrak minat baca masyarakat yang harusnya ditanam sejak dini. Karena saya ingin membuat perpustakaan kecil yang diperuntukkan bagi masyarakat dilingkungan tempat saya tinggal.
Semoga Aksi ini dapat memberikan manfaat dan ilmu yang didapat pun berkah.
Amin..
Wassalamu'alaikum Wr.wb

Nama : Galih Adi Wicaksono
Alamat : Kaliputih RT 3 RW 6, Panjang Ambarawa, Kabupaten Semarang (rumah bpk. Kuncahyo)
No HP : 08985572956
Email : Galih678@gmail.com
Twitter : @GalihAdiW
FB : https://www.facebook.com/galihpanser

Rumah Baca Sahabat (sangat haus baca dan tulis), tepat diresmikan minggu lalu dengan dibarengi lomba mewarnai dan menulis cerpen untuk anak2 TK dan SD. Untuk memulai sesuatu jangan nunggu sempurna, tapi jalan aja dulu nanti pasti ada aja petunjuk. Bisa jadi itu yang dipikirkan ibu saya, selaku perintis dan pemilik rumah baca ini. Ya, rumah baca ini milik ibu saya sendiri. Bisa jadi pula ini petunjuk dari-Nya untuk rumah baca ini, lewat perantara AksiSejutaBukuGratis. Karna baru awal banget, tentu dukungan dari #AksiSejutaBukuGratis ini sangat tepat buat beliau. Terlebih saya dengar sendiri, baru2 ini ibu saya sampe rela meminjam buku dari Perpusda untuk para pembaca yang didominasi anak2 ini karena mungkin kekurangan buku bacaan. Akan sangat membantu, tidak hanya dari segi banyaknya buku, bila berkat Aksi ini ada buku nyampe ke rumah. Semangat itu akan tertular, terlebih dalm waktu dekat ini Ibu berencana membuat bangunan khusus untuk rumah baca Sahabat.

Pembaca adalah warga desa kaliputih, lebih banyak anak-anak yang sering dateng. Minta doanya semoga rumah baca ini suatu saat bisa pula jadi rumah tahfidz. aamiin

Nama : Shobirin
Alamat : Dusun Kedaton RT 003 RW 009 Desa LeranKulon Kec. Palang Kab. Tuban Jawa timur
No Hp : 085746151379
Email : fawwazs16@gmail.com
yang saya ajukan adalah rumah baca nurul Qur'an yang ada di rumah kami dan yang saya kelola sama istri saya dan alhamdulillah di tahun 2012 data peminjam buku kurang lebih 250 orang dan di tahun 2013 ini data peminjam meningkat menjadi 425 orang harapan kami diva press bisa membantu kami dalam menambah koleksi rumah baca kami, terima kasih. untuk alamatnya sama dengan di atas

This comment has been removed by the author. - Hapus

Nama : Shobirin
Alamat : Dusun Kedaton RT 003 RW 009 Desa LeranKulon Kec. Palang Kab. Tuban Jawa timur
No Hp : 085746151379
Email : fawwazs16@gmail.com
yang saya ajukan adalah rumah baca nurul Qur'an yang ada di rumah kami dan yang saya kelola sama istri saya dan alhamdulillah di tahun 2012 data peminjam buku kurang lebih 250 orang dan di tahun 2013 ini data peminjam meningkat menjadi 425 orang harapan kami diva press bisa membantu kami dalam menambah koleksi rumah baca kami, terima kasih. untuk alamatnya sama dengan di atas
semoga buku yang akan disumbangkan ke kami nantinya banyak bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar rumah baca nurul qur'an.sukron

Nama Asli : Nur Rochimah
Alamat : kost Ramadhina jalan taman siswa gang rambutan no.50 RT01 RW03 Sekaran Gunung pati 50229
No HP : 085225212917
Email : nurrochimah@yahoo.co.id
Facebook : Oma Ima omi
saya bermaksud untuk meminta bantuan buku dalam program aksi sejuta buku ini dalam rangka pembuatan perpustakaan mini di dusun Kemujan kecamatan Karimunjawa, pembuatan perpustakaan mini ini di latar belakangi oleh kondisi masyarakat yang kurang minat dalam membaca khususnya para pelajar SD,SMP dan SMA karena belum adanya fasilitas yang mendukung, rata-rata pelajar hanya bermain setelah pulang sekolah, sehingga dengan adanya perpustakaan mini diharapkan budaya minat membaca akan terealisasi dengan banyaknya buku yang bervariasi dan tempat yang kondisional. saya harap program sejuta buku ini dapat membantu untuk merealisasikan pengadaan taman baca atau perpustakaan mini dalam bentuk pemberian buku, terimakasih.

Nama : Anis Nurlaela
Alamat : RT 001 RW 001 Desa Lungbenda kecamatan Palimanan Kab.Cirebom
No Hp : 085721202712
Fb : Anis Nurlaela Al Fawwaz
e-mail : nurlaela.anis@gmail.com
Bismillah Assalamualaikum, Saya mahasiswi psikologi UIN saya mempunyai visi ingin meningkatan motivasi membaca kepada adik-adik disekitar rumah saya, karena saya melihat motivasi membaca anak-anak di desa saya sangat minim dan kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain dan pergi ke warnet untuk bermain game online,di desa saya tidak ada taman bacaan dan saya ingin membangun kebun buku buat anak anak sekitar dan insya allah kebun bukunya akan saya tempatkan di ruangan rumah saya yang tidak terpakai
Untuk segmentasi kebun bacaannya untuk anak anak SD dan SMP dengan adanya #aksisejutabukugratis ini saya sangat apresiasi semoga ALLAH memberikah keberkahan dan kemudahan kepada kita dan langkah-langkah yang kita lakukan aamiin
syukron katsir kakak
wassalam

mhon maaf kakak posting disini karena postingan di aksi sejuta bukunya gagal terus

Nama Asli : Nurotul Islamiyah
Alamat : Kp. Rawa Bugel Rt 01 Rw 10 No 03. kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara 17142.
No HP : 085719359598
Email : aya.bosowa@yahoo.com
Twitter : @Ayaa_isla31
Facebook : Nurotul Islamiyah

Assalamu'alaikum wr wb
Dengan hormat,
Saya ingin mengajukan buku untuk perpustakaan SMP 5 TERBUKA Bekasi, sekolah yang dikhususkan bagi kalangan yang kurang mampu. Sekolah tersebut memiliki ruangan yang tidak terlalu besar/kurang layak. kondisi buku nya pun terlihat kusam dan bukunya berisi tahun2 yang sudah lama. koleksi buku-bukunya pun kurang lengkap. padahal minat baca di SMP 5 TERBUKA Bekasi sangat tinggi. Melihat informasi #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan yang diadakan oleh Pak Edi selaku CEO Diva Press Group, saya berniat untuk membatu siswa/siwi SMP TERBUKA 5 Bekasi.
Demikian profil perpustakaan SMP 5 TERBUKA Bekasi. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Salam
Nurotul Islamiyah

Nama : Tarju
Alamat : Perumahan Mondokan Santosa Jalan Halmahera Blok MM 16 kelurahan latsari kecamatan Tuban kabupaten Tuban
No Telp : 085731251250
Email: ajhu87@Yahoo.com

Assalamualkum, kami dari pengelola rumah baca Asmaul Husna mengajukan permohonan buku
Rumah Baca Asmaul Husna berdiri pada Nopember 2011 dengan sasaran pembaca adalah anak-anak, remaja, dan warga perumahan mondokan santosa.
sampai saat ini koleksi buku rumah baca ada sekitar 500 buku yang berasal dari bantuan beberapa penerbit dan donatur buku dari Tuban.
rata-rata pengunjung sekitar 20 an perhari dan sekitar 10 an yang dipinjam untuk dibawa pulang.
Besar harapan kami untuk mendapat bantuan guna meningkatkan minat baca warga perumahan mondokan santosa.
terimakasih
Wassalam

Nama: Rona Sofia Ulya
Alamat: Puri-Pati kec. Pati, kab. Pati jln. Taman makam pahlawan rt.04/04 59113
HP: 08985981986
twitter: @ronasvalia
FB: Rona Shofia Ulya

assalamu’alaikum. Pak edi, untuk taman baca yang saya ajukan ini adalah taman bacaan pesantren Al-aziz Puri-Pati. Taman baca ini untuk saat ini berisikan buku-buku yang berbahasa arab dan berbahasa indonesia hanya 20% saja. Saya ingin mengembangkan taman baca di pesantren ini menjadi luas dan bisa dibaca semua penghuni pesantren dari anak-anak tingkat SD-Mahasiswa serta Masyarakat sekitar.

Nama : Fransiska Rina Milansi
Alamat: Perum Citra Indah Bukit Cempaka Y19 No 89 Ds Sukamaju Jonggol Bogor Jawa Barat 16830
Hp: 081314256636
Twitter: @Riendoeboelan
Fb: Rien Milansi
email: Rindoeboelan@yahoo.com

Saya mengajukan untuk taman baca di saung depan rumah kami. Beberapa waktu yang lalu di lapangan depan rumah kami didirikan saung untuk fasilitas sosial. Saya dan seorang teman saya meminta ruang untuk mendirikan taman baca kecil-kecilan. Kami lalu mengumpulkan buku bekas dari siapa saja yang hendak menyumbang. Lumayan terkumpul ada kurang lebih 100an buku. Responnya sangat bagus, anak-anak yang semula hanya bermain-main di lapangan mulai suka mampir dan membaca-baca buku. Ibu-ibu yang juga hanya mengobrol ikut-ikutan mulai suka baca. Dengan buku sumbangan pak Edi tentunya akan sangat membantu dan menambah pengetahuan kami.
Demikian saya menyampaikan proposal. Mudah-mudahan berkenan dan saya sangat berharap kabar baik dari redaksi. Terima kasih.

Salam hangat,
F. Rina Milansi

Nama : Partini
Alamat:d/a Amelia Candra Nariswari SDN Jatinegara Kaum 01 Pagi klas 5A Jl Raya Bekasi Timur Km 18
Hp: 085693253785
Fb: Titin Amelia

Maaf pak Edi saya sangat terlambat membaca postingan ini. Saya mengajukan untuk Perpustakaan pribadi yang juga berfungsi untuk taman baca bagi anak-anak sekitar rumah kami yang sangat haus bacaan. Sayang koleksi buku kami masih sangat sedikit. Kiranya sumbangan pak Edi akan sangat bermanfaat bagi kami.
Terima Kasih

Nama : Fransiska Rina Milansi
Alamat: Perum Citra Indah Bukit Cempaka Y19 No 89 Ds Sukamaju Jonggol Bogor Jawa Barat 16830
Hp: 081314256636
Twitter: @Riendoeboelan
Fb: Rien Milansi
email: Rindoeboelan@yahoo.com

Saya mengajukan proposal kedua untuk taman baca bapak saya di pelosok Wonogiri Jawa Tengah. Sejak saya kecil bapak mempunyai taman baca kecil-kecilan yang cukup bermanfaat bagi tetangga di sekitar rumah kami. Karena tidak ada toko buku di tempat kami. Apalagi taman bacaan. Kami hanya membacabuku di perpustakaan sekolah saja. Untuk itu sumbangan dari pak edi tentu sangat bermanfaat untuk menambah koleksi taman bacaan bapak saya. Bila pak Edi berkenan menyumbang ini alamatnya: Ig Karsimin Watusomo Rt 01 Rw 01 Watusomo Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah 57694Demikian saya menyampaikan proposal. Mudah-mudahan berkenan dan saya sangat berharap kabar baik dari redaksi. Terima kasih.

Salam hangat,
F. Rina Milansi

nama : herdi Bangkit pandu puri pramana
alamat : Wayang, Pulung Ponorogo Jawa Timur 63481
HP : 085233598445
fb : HB Pandu Puri Pramana (alumnus sasaran baca)
email : b4nkid08@gmail.com

sasaran taman baca : SMK N 3 Pacitan (jl Letjend Soeprapto no 47 Pacitan)
perpustakaan sekolah yang didominasi oleh buku pelajaran keteknikan membuat siswa kurang minat untuk ke perpustakaan. diharapkan setelah mendapatkan tambahn koleksi umum dapat meningkatkan minat baca siswa. pengunjung perpustakaa meliputi siswa/i, Bapak/Ibu Guru, Karyawan, tamu. terima kasih

nama : herdi Bangkit pandu puri pramana
alamat : Wayang, Pulung Ponorogo Jawa Timur 63481
HP : 085233598445
fb : HB Pandu Puri Pramana (alumnus angk. 2002 sasaran baca)
email : b4nkid08@gmail.com
sasaran taman baca : Perpustakaan SMP N 2 Pulung Ponorogo (Jl. Kaliasin No.13 Desa Sugihan, Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)
perpustakaan sekolah yang didominasi oleh buku pelajaran dan koleksi lama membuat siswa kurang minat untuk ke perpustakaan. diharapkan setelah mendapatkan tambahn koleksi umum seperti novel, pengetahuan agama, sosial, dll dapat meningkatkan minat baca siswa. pengunjung perpustakaa nmeliputi siswa/i, Bapak/Ibu Guru, Karyawan, tamu. terima kasih

Assalamualaikum bapak,

Nama: Fitriyah
ALamat: Dusun. Pule, Desa. Bakalan Pule, RT 02, RW 05, Kec. Tikung, Kab. Lamongan
Nomer Hp: 0857 4572 4232
Email: mci_fitri@ymail.com / adsilafitriareta@gmail.com
Akun FB: Wo Jiao Vthree , https://www.facebook.com/vitrya34
Twitter: @fitri_areta

Saya mengajukan perpustakaan SMK saya. SMK Nahdlatul Ulama Lamongan. Mayoritas yang berkunjung ke perpustakaan adalah guru dan siswa tapi itu pun bisa dihitung dengan hitungan jari. Karena koleksi buku bacaan di sana sangat sedikit dan kebanyakan buku-buku pelajaran yang membuat penghuni sekolah jenuh untuk ke perpustakaan. Untuk itu saya mengajukan perpustakaan ini agar ke depannya tidak hanya sebagai tempat pelengkap di sekolah tapi juga bermanfaat.
Terima kasih :)

Nama: Fitriyah
ALamat: Dusun. Pule, Desa. Bakalan Pule, RT 02, RW 05, Kec. Tikung, Kab. Lamongan
Nomer Hp: 0857 4572 4232
Email: mci_fitri@ymail.com / adsilafitriareta@gmail.com
Akun FB: Wo Jiao Vthree , https://www.facebook.com/vitrya34
Twitter: @fitri_areta

Untuk tempat kedua, saya ingin buka perpustakaan kecil di desa saya. Karena kebanyakan anak-anak atau pun remaja di desa saya kurang minat baca. Mereka kebanyakan main. Untuk itu saya ingin mengajak mereka untuk banyak-banyak membaca. Ini untuk semua kalangan. Baik anak TK, Remaja atau pun dewasa. Mereka menganggap beli buku selain buku pelajaran itu tidak ada manfaatnya. Saya ingin merubah pemikiran itu dengan membuka perpustakaan kecil di desa saya. Mereka tidak perlu beli untuk dapat mebaca buku yang mereka sukai. Cukup pinjam di perpustakaan. Karena desa saya jauh dari perpustakaan umum di Lamongan. Untuk izinnya, izin pengurus desa di sana. terima kasih Pak. Saya tunggu informasi selanjutnya.

Assalamu'alaykum pak, saya
Nama : Nuzula Fitriah
Alamat : Jl. Benda Barat 13 Blok D42/1 Rt. 002 Rw. 013 Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan
Nope : 0857 9565 4989
Email : ibasayeva08@gmail.com
FB :Nuzula Fitriah : https://www.facebook.com/izzul.basayev
Twitter : @BasayevIzzul

Pak, saya mahasiswi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Fakultas saya memiliki Departemen Sosial dan Politik yang membina daerah pinggiran, pemukiman kumuh dan padat penduduk bernama Pura Bali. Meski Pura Bali terletak di tengah keramaian Jakarta Timur, sebagaimana daerah-daerah pinggiran Jakarta, yang mendapat akses pendidikan gratis, anak-anak seusia TK-SMP yang tinggal disini masih banyak yang mengamen, memulung dan mengemis, ikut profesi orang tua mereka. Kegiatan pembinaan ini berupaya menanamkan karakter islami dan akhlakul karimah diantara kehidupan kerasnya Jakarta serta memberikan pelajaran formal tambahan. Namun kami masih terkendala dengan ketersediaan buku-buku bacaan islami yang edukatif untuk sumber bacaan mereka. Terima kasih atas ketersediaan bapak untuk membantu adik-adik binaan kami.

Assalamu'alaykum pak, saya
Nama : Nuzula Fitriah
Alamat : Jl. Benda Barat 13 Blok D42/1 Rt. 002 Rw. 013 Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan
Nope : 0857 9565 4989
Email : ibasayeva08@gmail.com
FB :Nuzula Fitriah : https://www.facebook.com/izzul.basayev
Twitter : @BasayevIzzul

Untuk tempat kedua saya ingin mengajukan TPA baru milik teman ibu saya yang terletak di daerah Gunung Sindur Parung Bogor, telah memiliki sekitar 30 siswa dan sedang dalam tahapan menjadi TK Islam. Kebetulan daerah disana adalah perumahan baru yang masih dalam tahapan penyempurnaan sehingga belum ada satu pun lembaga TPA maupun TK yang berdiri kecuali TPA yang saya ajukan dan TK yang baru akan didirikan ini.
Demikian profil singkat calon lokasi penyaluran buku bapak yang saya ajukan. Terima kasih tas perhatian bapak dan Mbak Ve :) saya akan menunggu kabar selanjutnya.

Wassalamu'alaykum

nama : Khusnul Khotimah
alamat : ds. Ngalian, Kec. Tirto, Pekalongan, Jateng
HP : 085642006369
fb : Khusnul Puri Pramana
email : khusnul_attirtha@yahoo.co.id

sasaran Penyaluran : MIS Ngalian (Ds. Ngalian, gg. 6 RT 2/1, Kec. Tirto, Kab. Pekalongan 51151 Jateng)
perpustakaan sekolah yang baru mempunyai beberapa koleksi buku. perpustakaan ini masih bergabung dengan perpustakaan desa, sehingga koleksinya sangat kurang. pembaca adalah siswa/i sekolah, garu dan karyawan, masyarakat sekitar.

Nama: Shobirin
Alamat : Dusun Kedaton RT 003 RW 009 Desa: Lerankulon Kec. Palang
Kab.Tuban 62391 Jawa Timur
HP : 085746151379
Email: fawwazs16@gmail.com
saya mengusulkan rumah baca nurul qur'an
ini profilnya:
Profil RumahBaca Nurul Qur’an
“Jelajahi Dunia dengan Membaca”
Membaca merupakan suatu kegiatan yang dapat menambah wawasan dan mengasah otak untuk semua orang. Kegiatan membaca (teks, literatur) yang dibiasakan sejak dini (baca: anak-anak) sesuai kemampuan dapat merangsang kreativitas dan semangat rasa ingin tahu seseorang.
Sang penguasa alam Allah SWT pun telah memerintahkan untuk banyak membaca. Dalam Al-Qur’an surah Al-Alaq: 1 telah diperintahkan: “Iqro..” yang artinya: “Bacalah”.
Namun tidak semua kalangan di negeri ini dapat merasakan kemudahan memperoleh buku atau jenis literatur lainnya. Kesulitan ekonomi, sulitnya akses menuju pusat literasi, persaingan dengan aneka hiburan lain (misalnya game center) ataupun masih tak terjangkaunya harga buku/majalah, termasuk tak membudayanya kegiatan membaca di sekitar, menjadi sekian dari banyak alasan mengapa tak semua orang dekat dengan kegiatan membaca yang bermanfaat ini.
Rumah Baca Nurul Qur’an merupakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang hadir dengan tujuan mulia, yaitu memberi wadah alternatif yang menyediakan buku-buku bacaan untuk anak-anak dan dewasa.
Berawal dari keinginan kami berdua (saya dan istri) mempunyai ruang khusus untuk perpustakan pribadi, tapi setelah berpikir panjang, maka kami jadikan ruang tersebut menjadi rumah baca untuk umum. Dengan niatan semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak.

STRUKTUR PENGURUS RUMAH BACA
 Nama Lembaga : Rumah Baca “Nurul Qur’an”
 Visi : Menjelajah isi dunia dengan membaca
 Misi : Menciptakan masyarakat yang gemar membaca
 Ketua : Kuswatun Kasanah
 Sekretaris : Shobirin
- Alamat : Dusun Kedaton RT 003 RW 009 Desa Lerankulon Kec. Palang Kab. Tuban 62391 Jawa Timur
Kontak : Shobirin ( Hp 085746151379)
Email: fawwazs16@gmail.com
TUJUAN
• Meningkatkan minat baca pada masyarakat (anak-anak, remaja, orangtua)
• Menambah wawasan masyarakat
• Memberikan kegiatan positif kepada lingkungan sekitar Rumah Baca Nurul Qur’an
Pembaca dan Peminjam
Anak-anak TK-SMA dan Masyarakat sekitar
PENGATURAN OPERASIONAL RUMAH BACA
Agar roda Rumah Baca bisa berjalan baik dan kontinyu, maka pengelolaan langsung kami kelola sendiri. Untuk mekanisme pengelolan Rumah Baca akan buka setiap hari dari jam 15:00 sampai jam 21:00 yang dilakukan oleh pengurus Rumah Baca
Bantuan buku-islami, buku cerita dan majalah serta dana , bisa langsung dialamatkan ke alamat berikut:
Atas Nama Rumah Baca Nurul Qur’an
Alamat: Dusun Kedaton RT 003 RW 009 Desa: Lerankulon Kec. Palang
Kab.Tuban 62391 Jawa Timur

Asslamualaikum War. Wab
Saya ingin mengajukan diri untuk menghibahkan buku-buku tsb untuk Lembaga Pendidikan dan Sosial Nashrul Ulum Darma Bulai Pamekasan, data pribadi saya:

Nama : Khairuddin
Alamat : dusun darma RT 019 RW08 Desa Bulay Kec.Galis Kabupaten Pamekasan Madura
No HP : 085 257 351 399
WA : 085 257 351 399
Email : khairuddinst5@gmail.com

Saya berencana untuk memberikan buku-buku tsb kepada Lembaga Pendidikan dan Sosial Nashrul Ulum Darma Bulai Pamekasan . adapun Para pembaca yang menjadi target di Perpustakaan Lembaga Pendidikan Nashrul Ulum adalah:

1. Siswa PAUD
2. Siswa TK/RA
3. Santri TPA
4. Siswa SD

Besar harapan agar Perpustakaan Lembaga Pendidikan Nashrul Ulum menjadi bagian #AKSISEJUTABUKUGRATISTAMANBACAAN (MARI BERBUAT SESUATU)


atas kebaikan hati team aksi sejuta buku gratis kami sampaikan banyak terimakasih
Waalaikum salam war.wab.

Assalamualaykum wr. wb.,
Nama saya : Kristina Nurul Fajriyah
Tempat, tanggal Lahir : Indramayu, 10 Agustus 1994
Pekerjaan : Mahasiswa Teknik Matelurgi dan Material
Alamat : Cluster Catania Blok A-5 Kota Delta Mas
Cikarang Pusat- Kabupaten Bekasi
Email : nurulfezie@yahoo.com
Facebook : Kristina Nurul Fajriyah
Twitter : @Kristinanurul
No Handphone : 08889137211

Saya seorang mahasiswi sebuah perguruan tinggi swasta di kota Delta Mas (kota diatas Tol Jakarta-Cikampek KM. 37). Saya prihatin ketika saya melihat lebih jauh keadaan sekeliling kota saya merantau. Dibalik kemewahan yang terkesan dari Delta Mas, ternyata ada beberapa perkampungan yang masih minim kesadaran akan pentingnya pendidikan, salahsatunya di perkampungan belakang rumah kontrakan saya. Sangat berbeda ketika saya berusaha membandingkan bagaimana atmosfer belajar anak-anak yang tinggal di daerah Delta mas dengan kampung di belakang rumah kontrakan saya tersebut. Kebetulan selain kuliah, saya ikut mengajar di salahsatu lembaga bimbingan belajar anak di Delta Mas. Disana anak-anak sangat antusias dalam belajar namun berbeda dengan keadaan anak-anak di perkampungan tersebut.

Untuk itu, saya dan beberapa teman saya berniat untuk membuat perpustakaan keliling di perkampungan tersebut, yaitu dengan meminjamkan buku-buku khususnya untuk anak-anak disana tetapi tidak menutup kemungkinan buku tersebut dipinjamkan kepada ibu-ibu atau bapak-bapak disana. Karena disana masih banyak yang belum bisa baca dan tulis. Nantinya kami yang akan berkeliling ke rumah-rumah untuk meminjamkan buku tersebut selama satu minggu dan pada minggu depannya kami akan menggantinya dengan buku bacaan lain dan seterusnya seperti itu. Semoga penerbit Diva Press khusunya Bapak Edi Akhiles berkenan untuk membantu kami dalam niat awal untuk berkontribusi pada masyarakat. Saya dan teman-teman memang baru memulai langkah ini jika dibandingkan banyak orang diluarsana yang sudah banyak berkontribusi untuk masyarakat dan negeri ini, namun untuk saya pribadi tidak ada kata terlambat untuk yang mau benar-benar berusaha. Terima kasih, pak. Besar harapan saya untuk dapat mewujudkan nya. Wassalamualaykum wr. wb.,

Assalamu'alaikum Pak..

Nama : Ameilia Sari
Alamat : Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta Jln. Adi Sucipto No. 154, Jajar, Surakarta Telp. 0271-743493
HP : 081215602206
email : cameylya@yahoo.com
FB : Ameylya Ixfy --https://www.facebook.com/ameylya.lala
Twitter : @Ameylya_Ixfy

Saat ini saya bekerja di Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta yang masih dalam taraf berkembang. Pengunjung khususnya mahasiswa dan dosen sekarang sudah lumayan mengerti pentingnya perpustakaan, namun hal tersebut bertolak belakang dengan jumlah koleksi yang kami miliki. pengadaan yang dilakukan oleh yayasan hanya pada saat akan diadakan akreditasi. maka dari itu, kami mohon bantuan dari Bapak Edi dan juga pihak Diva Press Yogyakarta untuk mau membantu perpustakaan kami. Besar harapan kami untuk terkabulnya permohonan kami.

Terima Kasih

Wassalamu'alaikum wr. wb.

nama asli : Laila Zulfa
alamat : Desa Pakumbulan, Rt.14/ Rw. 07, No: 386. Kec. Buaran, Kab. Pekalongan Jawa Tengah.
No HP : 0898 837 9070
email : lailazulfa6@gmail.com
akun FB : Laila Zulfa ; www.facebook.com/LailaZulfa

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Salam hormat buat Pak Edi Akhiles dan Diva Press. Saya ingin mendaftarkan tiga perpustakaan untuk #AksiSejutaBukuGratisTamanBaca,
yang pertama yaitu Taman Baca Masyarakat yang saat ini sedang saya rintis dirumah dibantu teman-teman remaja desa, perintisan ini juga dimulai karena di desa saya belum ada TBM. Untuk sekarang ini masih ada sekitar 150 an buku koleksi saya pribadi, ditambah donasi dari masyarakat namun masih dalam proses sosialisasi.
Sasaran pembaca untuk kedepannya adalah semua kalangan, dari mulai SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan Masyarakat. Kalau setelah maghrib, banyak anak-anak tingkat SD yang belajar ngaji sama belajar materi sekolah di rumah, sehingga sambil belajar mereka bisa menambah wawasan dengan membaca buku selain buku-buku mata pelajaran sekolah. Selain itu juga banyak teman-teman yang datang kerumah untuk meminjam novel, buku-buku SMA, dan buku-buku lainnya.
Kiranya itu sedikit gambarannya, semoga permohonan bantuan buku ini bisa diterima.

Terima Kasih.

Wassalamualaikum.wr.wb

nama asli : Laila Zulfa
alamat : Desa Pakumbulan, Rt.14/ Rw. 07, No: 386. Kec. Buaran, Kab. Pekalongan Jawa Tengah.
No HP : 0898 837 9070
email : lailazulfa6@gmail.com
akun FB : Laila Zulfa ; www.facebook.com/LailaZulfa

Assalamualaikum. Wr. Wb.
Salam hormat buat Pak Edi Akhiles dan Diva Press. Saya ingin mendaftarkan tiga perpustakaan untuk #AksiSejutaBukuGratisTamanBaca,
Permohonan yang kedua yaitu untuk perpustakaan TPQ tempat saya mengajar yakni TPQ Sullamut Taufiq. Lokasi tpq ini sedikit di pedalaman desa, masyarakatnya masih tergolong kurang apresiasif dengan pendidikan. Kalau saya berangkat mengajar masih banyak anak-anak yang bermain dan tidak mengaji di Tpq, hal itu sangat miris sekali karena pendidikan Tpq menurut saya sangat penting untuk bekal pendidikan akhlak anak. Untuk itu dengan adanya program bantuan buku ini diharapkan nantinya murid-murid tpq dan masyarakat sekitar bisa menambah wawasan pengetahuan. Dan juga untuk menarik minat mereka yang belum masuk di tpq.

Terima Kasih.

Wassalamualaikum.wr.wb

nama asli : Laila Zulfa
alamat : Desa Pakumbulan, Rt.14/ Rw. 07, No: 386. Kec. Buaran, Kab. Pekalongan Jawa Tengah.
No HP : 0898 837 9070
email : lailazulfa6@gmail.com
akun FB : Laila Zulfa ; www.facebook.com/LailaZulfa

Assalamualaikum. Wr. Wb.
Salam hormat buat Pak Edi Akhiles dan Diva Press. Saya ingin mendaftarkan tiga perpustakaan untuk #AksiSejutaBukuGratisTamanBaca,
Permohonan yang ketiga yaitu untuk perpustakaan sekolah MIS Pakumbulan di desa saya. Pas saya kesana, sudah lumayan cukup banyak koleksinya bukunya, namun masih sebatas referensi buku-buku sekolah saja.
Karena hanya ada buku-buku sekolah saja, siswa jarang ke perpustakaan. Selain alasan tersebut, siswa sudah dipinjami buku paket pelajaran dari sekolah, jadi mereka jarang ke perpustakaan tersebut.
Semoga dengan bantuan buku ini, anak-anak semangat ke perpustakaan karena bertambahnya koleksi dan untuk menambah pengetahuan mereka selain buku-buku pelajaran.

Terima Kasih.

Wassalamualaikum.wr.wb

Assalaamu Alaikum, Pak Edi. semoga saya (karena terlambat mendapat infonya) bisa melanjutkan niat mulia ini.

Nama: Irfan Palippui
Alamat: BTN Tabaria Blok E1 No. 15 Makassar, Sulawesi Selatan
HP: 085255944490
Email: irfanpalippui@gmail.com
FB: https://www.facebook.com/irfan.palippui

Kami di Makassar mendirikan 3 Komunitas Rumah Baca, masing-masing: di belakang Kampus Universitas Negeri Makassar, di depan Universitas Muhammadiyah Makassar, dan satu lagi rumah wacana (sementara tempatnya di Gowa). Pembaca kami adalah mahasiswa yang gandrung pada Ilmu sosial-humaniora, pencinta seni-sastra (novel, cerpen, dan puisi) dan sering melakukan pendampingan masyarakat (msikin kota, petani, anak jalanan, dan buruh). Saat ini kami telah memiliki beberapa koleksi buku, meskipun menurut sebagian dari kawan masih jauh dari cukup, apalagi mengikuti kebutuhan pembaca yang rata-rata berasal dari kampus.

Oleh karena itu, kabar ini membuat saya dan teman-teman semakin bersemangat dalam melanjutkan cita-cita kami di sini. Kami memiliki cita-cita kecil, ingin membawa pulang kawan-kawan mahasiswa ke barak buku, sehingga bisa lebih matang merespon situasi sosialnya. Selain itu, gerakan literasi (dalam konteks Makassar), kami rasa saat ini (khususnya masyarakat kampus) sedang "tidak baik-baik saja", sedang ada penyakit yang mendera civitas di sini, sehingga butuh respon cepat dari komunitas buku.

Terimakasih.

Assalaamu Alaikum, Pak Edi. semoga saya (karena terlambat mendapat infonya) bisa melanjutkan niat mulia ini.

Nama: Irfan Palippui
Alamat: BTN Tabaria Blok E1 No. 15 Makassar, Sulawesi Selatan
HP: 085255944490
Email: irfanpalippui@gmail.com
FB: https://www.facebook.com/irfan.palippui

Kami di Makassar mendirikan 3 Komunitas Rumah Baca, masing-masing: di belakang Kampus Universitas Negeri Makassar, di depan Universitas Muhammadiyah Makassar, dan satu lagi rumah wacana (sementara tempatnya di Gowa). Pembaca kami adalah mahasiswa yang gandrung pada Ilmu sosial-humaniora, pencinta seni-sastra (novel, cerpen, dan puisi) dan sering melakukan pendampingan masyarakat (msikin kota, petani, anak jalanan, dan buruh). Saat ini kami telah memiliki beberapa koleksi buku, meskipun menurut sebagian dari kawan masih jauh dari cukup, apalagi mengikuti kebutuhan pembaca yang rata-rata berasal dari kampus.

Oleh karena itu, kabar ini membuat saya dan teman-teman semakin bersemangat dalam melanjutkan cita-cita kami di sini. Kami memiliki cita-cita kecil, ingin membawa pulang kawan-kawan mahasiswa ke barak buku, sehingga bisa lebih matang merespon situasi sosialnya. Selain itu, gerakan literasi (dalam konteks Makassar), kami rasa saat ini (khususnya masyarakat kampus) sedang "tidak baik-baik saja", sedang ada penyakit yang mendera civitas di sini, sehingga butuh respon cepat dari komunitas buku.

Terimakasih.

Assalaamu Alaikum, Pak Edi. semoga saya (karena terlambat mendapat infonya) bisa melanjutkan niat mulia ini.

Nama: Irfan Palippui
Alamat: BTN Tabaria Blok E1 No. 15 Makassar, Sulawesi Selatan
HP: 085255944490
Email: irfanpalippui@gmail.com
FB: https://www.facebook.com/irfan.palippui

Kami di Makassar mendirikan 3 Komunitas Rumah Baca, masing-masing: di belakang Kampus Universitas Negeri Makassar, di depan Universitas Muhammadiyah Makassar, dan satu lagi rumah wacana (sementara tempatnya di Gowa). Pembaca kami adalah mahasiswa yang gandrung pada Ilmu sosial-humaniora, pencinta seni-sastra (novel, cerpen, dan puisi) dan sering melakukan pendampingan masyarakat (msikin kota, petani, anak jalanan, dan buruh). Saat ini kami telah memiliki beberapa koleksi buku, meskipun menurut sebagian dari kawan masih jauh dari cukup, apalagi mengikuti kebutuhan pembaca yang rata-rata berasal dari kampus.

Oleh karena itu, kabar ini membuat saya dan teman-teman semakin bersemangat dalam melanjutkan cita-cita kami di sini. Kami memiliki cita-cita kecil, ingin membawa pulang kawan-kawan mahasiswa ke barak buku, sehingga bisa lebih matang merespon situasi sosialnya. Selain itu, gerakan literasi (dalam konteks Makassar), kami rasa saat ini (khususnya masyarakat kampus) sedang "tidak baik-baik saja", sedang ada penyakit yang mendera civitas di sini, sehingga butuh respon cepat dari komunitas buku.

Terimakasih.

This comment has been removed by the author. - Hapus

Maaf pak Edi yang sebelumnya alamatnya salah......
dan ini yang benar pak




Nama : Aby Priyo Utomo
Alamat : Dusun Kraton Jl. Majapahit No. 7 RT. 001 RW. 001 Kec. Tempurejo Kab. Jember
Email : ikitekku@gmail.com
Fb : Aby Manyu
Cp : 085745560869

Saya bersekolah di ma. Muhammadiyah 01 jember yang tempatnya lumayan jauh dari kota jember sekitar 45 km. di sekolah saya terdapat perpustakaan yang di dalamnya berisi buku-buku yang kebanyakan buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan umum. Itupun tidak slalu update. Dengan keadaan perpustakaan sedemikian itu teman-teman dan saya sering patungan untuk membeli buku di kota jember yang jaraknya lumayan jauh. Itupun kami baca secara bergantian.
Teman-teman saya kebanyakan menyukai novel bernuansa cinta, perjuangan, lucu, pendidikan dan pula buku ilmu pengetahuan umum tentang seni, desain, program komputer, pisikologi,dll. Dan semua itu sulit kami dapatkan jika tidak ke kota jember. Dengan ini saya meminta sumbangan buku untuk perpustakaan kami yang sudah sepi selama setahun.

Nama : Aby Priyo Utomo
Alamat : Dusun Kraton Jl. Majapahit No. 7 RT. 001 RW. 001 Kec. Tempurejo Kab. Jember
Email : ikitekku@gmail.com
Fb : Aby Manyu
Cp : 085745560869

Sekolah saya berada pada satu komplek perguruan yang terdiri dari MA. Muhammadiyah 01 Jember, SMP Muhammadiyah 09 Watukebo dan MI. Muhammadiyah 01 Watukebo. Pada posting sebelumnya saya meminta sumbangan buku untuk sekolah saya (MA. Muhammadiyah 01 Jember). Dan kali ini saya memohon sumbangan bukunya untuk perpustakaan SMP Muhammadiyah 09 Watukebo. Keadaan Perpustakaan SMP juga tidak jauh berbeda dengan keadaan perpustakaan Madarasah Aliyah Muhammadiyah 01 Jember.
Pada waktu yang lalu adik-adik SMP curhat kepada saya tentang keadaan perpustakaannya. Banyak sekali peminat baca di kalangan siswa SMP ini. Namun tak ada objek yang bisa di baca. Kebanyakan hanya buku pelajaran sekolah. Siswa hanya masuk ke perpustakaan jika membutuhkan Referensi dari mata pelajaran yang di butuhkan saja. Tak ada novel yang ter update yang ada hanyalah novel lama yang tak pernah di bacalagi.” Mau baca bagaimana orang novelnya hanya 10 buku dan sudah kebaca semua” kata adik-adik SMP.
Jadi saya juga memohon sumbangan bukunya untuk perpustakaan SMP. Sehingga nantinya perpustakaan ini menjadi ramai pengunjung.

Assalamu'alaikum Pak..

Nama : Firman Adhi Febriyanto
Alamat : Perpustakaan Akademi Mitra Husada Karanganyar, Jl. Achmad Yani No. 167, Papahan Tasikmadu Karanganyar, Kodepos: 57720
HP : 085728518247
email : firman.adhi.f@gmail.com
FB : https://www.facebook.com/firman.truzt
Twitter : @firmanlaowe

Saat ini saya bekerja di Perpustakaan Akademi Mitra Husada Karanganyar jawa Tengah yang masih dalam taraf berkembang. Pada saat ini perkembangan pengunjung di perpustakaan kami mengalami kenaikan yang cukup banyak, baik itu dari mahasiswa kami maupun mahasiswa dari luar untuk penyusunan karya ilmiah maupun penunjang materi dalam perkuliahan dan juga banyaknya pihak dosen yang sedang menyusun penelitian untuk pengabdian masyarakat, namun hal tersebut bertolak belakang dengan jumlah koleksi yang kami miliki. pengadaan yang dilakukan oleh yayasan hanya pada saat akan diadakan akreditasi. Pada saat ini buku yang sering digunakan para pemustaka yaitu Metodologi Penelitian, Statistik, dan juga hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan. maka dari itu, kami mohon bantuan dari Bapak Edi dan juga pihak Diva Press Yogyakarta untuk mau membantu perpustakaan kami. Besar harapan kami untuk terkabulnya permohonan kami.

Terima Kasih

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Nama : BADARUDDIN AMIR, S.Pd, M.Pd.
Nama Lembaga : Perpustakaan Komuniatas Iqra
Alamat Lengkap : Jl. Pramuka No. 108 Kabupaten Barru, Propinsi Sulawesi selatan (90711)
No. HP : 081342138499
Email : badarsaja@yahoo.co.id, tbm_iqra@rocketmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/badaruddin.amir

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dengan ini kami mengajukan Perpustakaan Komunitas Iqra sebagai calon penerima bantuan buku yang disalurkan oleh #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan. Sekadar informasi kami perlu sampaikan bahwa perpustakaan ini merupakan perpustakaan alternatif yang dibangun oleh komunitas atau kelompok pecinta dan penggerak lierasi secara non profit. Hingga saat ini perpustakaan ini telah memiliki koleksi sekitar 2000-an judul buku (kebanyakan satu judul satu eksamplar) dan telah membantu sekitar 300-an pengguna terdiri dari murid SD, SMP, SMA, mahasiswa, guru, masyarakat umum dan profesi lainnya. Perpustakaan ini juga telah terdaftar pada Perpustakaan Nasional dengan NPP 7311034F2000001 dan telah mendapat bantuan dari berbagai pihak. Meski demikian jumlah koleksi yang sudah ada masih sangat sedikit bila dibanding dengan animo baca para pengguna yang menjadi anggota perpustakaan ini. Untuk itulah pengelola perpustakaan ini masih terus mencari bantuan demi mewujudkan visi dan misinya untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui membaca.

Disamping menyediakan bahan bacaan, perpustakaan ini juga telah melakukan kegiatan-kegiatan literasi lainnya seperti acara bedah buku, lomba membuat resensi, lomba mendongeng untuk anak-anak dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan perpustakaan ini juga telah terpublikasi melalui media massa yang terbit di Sulsel. Hal tersebut mengantar Perpustakaan Komunitas Iqra memperoleh penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan pada tahun 2011 sebagai perintis perpustakaan komunitas di Sulawesi Selatan bersama dua perpustakaan alternatif lainnya (link berita http://tbmiqra.wordpress.com/2011/06/10/badaruddin-amir-m-anis-kaba-dan-darmawan-denassa-peroleh-penghargaan-gubernur-sebagai-pelopor-pengembangan-perpustakaan-komunitas-di-sulawesi-selatan/#more-421


Demikian sekadar informasi, semoga Bapak berkenan memberikan bantuan demi kemajuan ilmu pengetahuan untuk kepentingan masyarakat banyak, khususnya yang berada di lingkungan kami.

Wassalam

BADARUDDIN AMIR
Koordinator Taman Bacaan Iqra
Jl. Pramuka 108 Barru, Sulawesi Selatan (90711)

Nama: winda afriyanti
Alamat: jl.suromulang timur no.4 perum surodinawan kec.prajurit kulon kota mojokerto
HP: 085649429678
FB: winda afriyanti

wah pak, saya senang sekali kalau ada gerakan sumbang buku gratis untuk perpustakaan. kebetulan saya juga berencana untuk membuat taman bacaan di rumah saya sendiri. saya sudah punya tempat dan rak yang memadai untuk mendirikan taman bacaan. tapi saya tidak punya banayak koleksi buku.
saya termotivasi membuat taman bacaan karena anak-anak di daerah saya sekarang banyak menghabiskan waktu dengan bermain di taman depan rumah saya kalau gak gitu dengan bermain game online, sedangkan untuk membaca mereka sangat malas sekali dan cenderung tidak suka,
maka dari itu, saya ingin merangsang mereka untuk gemar membaca karena sebagaimana kita tahu bahwasanya membaca adalah jendela dunia.
oleh karena itu, sekarang saya berharap mendapat bantuan beberapa sumbangan buku dari Anda. buku-buka yang saya butuhkan adalah :
- buku bacaan anak (novel/komik/cerita rakyat)
- buku ensiklopedi anak
- buku entrepreneur
- buku kerajinan untuk merangsang anak-anak agar lebih kreatif
- buku sejarah (sejarah islam/ indonesia/ cerita kepahlawanan)

terimakasih, di mohon responnya segera ya.....

Nama: Kristina Elnora Sihite
Alamat: Perpustakaan Sekolah Abdi Siswa Bintaro Jl. Graha Raya BUnga Blok M9 No. 1, Pondok Jagung Timur, Serpong Utara-Tangerang Selatan
Hp. 089635580531
Email: kristinaelnora@yahoo.co.id
FB: Kristina Elnora Sihite

Salam sejahtera,
Saya mau mendaftarkan Perpustakaan Sekolah Abdi Siswa Bintaro sebagai penerima sumbangan buku dari #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan. Perpustakaan ini sdh 5 tahun berdiri. Saat ini hanya memiliki 580 eks buku. Minat baca siswa/i tinggi, tetapi bahan bacaan minim. Kiranya kami juga dapat menerima sumbangan buku tsb utk memnuhi kebutuhan pembaca di sekolah kami. Terimakasih

Nama : moh.Bakry
Alamat : Lembaga Darissalam Batuampar Guluk -Guluk Sumenep Madura 69463
Hp : 087850001987
email : bakry.salam@gmail.com
Fb : Moch Bakry

Assalamualikum Wr. Wb
puji syukur kehadirat ilahy rabby atas berkah dan nikmat yang telah enkau berikan kepada seluruh umat manusia khususnya para pengelola #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan

selanjutnya kami berharap bantuan serta dukungan saudara dalam hal pengadaan buku bacaan untuk perpustakaan sekolah kami yang pembaca adalah para murid dan para tetangga di lingkungan lembaga kami, sejak dulu kami mengharap bantuan dari pemerintah bahkan berkali-kali kami mengirimkan proposal untuk mendapatkan DAK perpustakaan namun sampai detik ini belum ada respon.
selanjutnya kami mohon dengan sangat untuk mengirimkan bantuan buku kepada kami agar perpustakaan kami betul-betul seta layak untuk dikonsumsi bagi para siswa.
atas bantuan dan jasanya kami ucapkan banyak terima kasih
Wassalamualikum.Wr.Wb

Nama Lengkap : Suriyanto
Alamat Kp. Tarikolot RT.01/07 Nanggewer Cibinong Bogor 16912
( Samping SDN Tarikolot 1 )
HP : 0857 1071 4931/ 0817 0927 103
Email : suriyanto_pwt@yahoo.co.id
FB & Twitter : www.facebook.com/sureelounge, suriyanto . Tw : @sureelang

Asslmlkm wr wb
Pak Edi yang saya hormati, saya sangat berharap ketika comment ini saya buat program pemberian bantuan buku untuk taman bacaan ini masih berjalan.
Saya, suriyanto sudah lama sekali mempunyai cita2 untuk mendirikan sebuah taman bacaan kecil dan gratis untuk anak-anak (khususnya) dilingkungan saya. Sudah cukup lama saya mencari info keperpustakaan nasional dan info2 dari teman2 namun belum juga mendapat kabar baik yang bisa merealisasikan cita2 saya tsb. Keprihatinan saya terhadap anak-anak dilingkungan saya membuat saya terus mencari info untuk bantuan sampe kemudian saya mendapatkan blog ini. FYI rata-rata penduduk ditempatsaya 90% adalah buruh pabrik, tukang cuci,ojeg dan mengasuh sehingga anak2 nya kurang terperhatikan pendidikannya dan rata2 hanya tamat sd dan baru tahun2 belakangan sudah mulai agak banyak yg melanjutkan ke smp. Saya bersedia memberikan bukti-bukti atas apa yg saya sampaikan jika itu menjadi syarat pemberian bantuan buku tsb. Bapak bisa menghub/email saya di no dan email yg saya tulis diatas.
Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan jazakallah khairon katsiro

Back To Top