Personal Blog

AH, TAIK LU!


Berasa ditampar benar gue pas kebetulan liat tweet Gus Mus melintas di TL semalam. Kecil, singkat, “Tawadhu’ itu dengan cara biasakan untuk melihat orang lain lebih mulia darimu…”
Jika gue pahami tawadhu’ sebagai kerendahan hati, yang tentu berbuah pada ketidaksombongan, yang tentu kita sepaham bahwa kesombongan berpangkal pada kekotoran hati yang selalu memantik keburukan-keburukan bagi hidup kita sendiri dan orang lain, dan keburukan-keburukan adalah kelakuan yang amat dibenci Tuhan (…..terusin sendiri deh itu muaranya ke jurang kehinaan apa di dunia dan akhirat…plaakkk!), jelas gue bukanlah orang tawadhu’. Otomatis gue bukanlah orang yang rendah hati. So gue adalah orang sombong. Tentunya gue adalah orang yang doyan memantik keburukan-keburukan. Endingnya, gue adalah orang yang dibenci Tuhan, dan gue sangat berhak untuk dilontarkan ke jurang kehinaan…..
Sial!
Betapa bodohnya ya gue ini? Bodoh kuadrat malah! Udah tahu bahwa mestinya gue kudu tawadhu’ agar gua kagak sombong, agar gue kagak berbuat keburukan, agar gue disayang Tuhan, agar gue dimuliakan oleh-Nya, dunia dan akhirat, ehhhh…ini kok masih aja gue kayak juara festival kadal terburuk se Jateng DIY.
Sungguh merupakan situasi yang amat sulit gue mengerti tentang diri gue sendiri. Gue udah dapat dengan kuat internalisasi nilai tawadhu’, sejak dulu bahkan, zaman gue doyan banget ngasup kitab jadul, hingga kini ada sosok Mario Teguh yang berasa bisa nyulap hidup sedemikian gurihnya kayak telor asin, tapi tetap aja gue split banget dalam perbuatannya.
Gue gagal paham gue sendiri.
Gue gagal mengerti mengapa gue masih aja doyan banget ngelemparin tahi pada orang lain.
“Ah, taik lu…!!!”
Meski sejenak kemudian, setengah jamlah, gue nyadar bahwa gue sungguh banal tuk main lempar-lempar tahi ke orang lain. Otak gue nonjokin nurani gue sendiri dengan sejenis warning: “Ah, lu, udah tahu tahi itu tempatnya di sepitank, kenapa lo main lempari-lemparin ke orang lain segala gitu? Kebayang nggak gimana rasanya kalo lo yang dilemparin, ditaik-taikin?!”
Iya, God, iya, Tuhan, iya, maaf, gue khilaf, gue lebay, gue salah, gue nyesel sekarang…
Than?
Shock benar hati gue untuk menyegerakan diri mencabut tahi yang udah gue lempar, yang niscaya tengah sempurna memborehi setangkup wajah orang lain yang kini sedang didera baunya itu.
Shock berat!
“Minta maaf adalah yang terbaik…” gumam otak gue.
“Tapi, lo kagak salah, dia pantes kok dapat gituan…” bisik setan gue.
“Tapi kan…”
“Ah, udin! Udin aja juga ngelakuin kayak gitu! Lo aja udah mulia kali mau membatin kayak gini…”
Gue pun diem!
Benarkah tahi yang udah gue lemparin itu lalu menjadi lumer dan ilang sendiri dengan diam gue?
Kagak!
Tahi itu tetap aja udah kadung nemplok di wajah orang yang gue lemparin itu. Lekat, baur, selamanya bahkan, hingga gue bener-bener ber-action tuk nyucinya dengan hanya satu cara: minta maaf!
Tapi gue nggak pernah bisa nyucinya.
Ah, ini alamat nyata benar kalo gue emang masih sangat telat jauhnya dari tawadhu’, sebab hati gue masih amat kotor penuh tahi, sehingga gue begitu berat untuk nyuciin bekas-bekas tahi lemparan gue, sehingga yang nyisa kini ya tetap aja adalah keburukan bin kerusakan.
Gus Mus, piye iki…?
Jogja, 20 Maret 2013
0 Komentar untuk "AH, TAIK LU!"

Back To Top