Personal Blog

TRAVELING KE LOMBOK, FREE…!!! (IKUTI LOMBA NULIS NOVEL INI)



Setiap kali kau mengunjungi sebuah daerah baru, kau akan selalu menemukan view-view yang eksotik. Bukan hanya secara fisik, tapi juga batin. Itulah sebabnya, traveling itu memperkaya pengetahuan dan hati sekaligus. Orang yang galauan mulu, marahan mulu, pundungan, mutungan, pastilah salah satu sebabnya karena ia kurang jalan-jalan.
At least, kau akan mengerti bahwa hidup yang melulu rutenya kost-kampus atau kost-kantor itu sangat monoton. Sesekali, kau harus keluar, runaway, make your self lost, side seeing, think about God, universe, and various lifes.
Traveling menjawab semua itu.
Lombok adalah salah satu destinasi traveling yang amazing. Singkirkan judgment-mu bahwa kau sudah bisa membayangkannya karena ia takkan jauh berbeda dengan pantai-pantai yang pernah kau datangi. Tidak. Every place has its memory, life, and story.
Pengin traveling ke Lombok? Free lagi?
Ikutin lomba satu ini. Why should I do this for you? Cause I do really love young people!
Ada tiga seat nih disediakan buat kalian….

****
Lomba ini adalah lomba menulis novel pribadi (personal), bukan rame-rame. Terbuka untuk umum segala usia. Perhatikan ketentuan-ketentuannya ini:

Syarat teknis:
1. Karakter naskah novel umum (fantasi tidak  disertakan dulu di sini). Segmen teenlit atau young adult *pilih salah satu). Tidak mengandung SARA. Tidak boleh ada plagiasi sedikit pun, apalagi banyak pun.
2. Gunakan gaya bahasa yang easy reading. Penyajian ringan. Perhatikan, novelmu harus memuat nilai-nilai inspiratif di dalamnya. Tentu dengan style novel, bukan kultum.
3. Keunikan idemu akan sangat diperhatikan. So, jangan ambil ide yang jadul. Harus mengambil setting dalam negeri. Local wisdom-nya harus hidup. Pilihlah setting yang unik, tidak pasaran. Kekuatan detail setting harus diperhatikan betul.
4. Berlaku hanya dari tanggal 15 April 2014-15 September 2014.
5. 1 orang hanya boleh mengirim 1 naskah. Tulisan diketik dengan font Times New Roman ukuran  12 pts spasi ganda (spasi 2), antara 200-300 halaman (sudah termasuk biodata dan alamat lengkapmu + sinopsis ceritanya). Ukuran kertas A4 dengan page setup: 4 – 3 – 4 – 3  (kiri-kanan-atas-bawah).
6. Kirim novelmu ke email: novellombok.divapress@gmail.com dengan subjek #TravelingLombok.
7. Badan email dibiarkan kosong. File tulisanmu diattach.
8. Peserta diwajibkan LIKE fanpage Penerbit DIVA Press dan follow Twitter @divapress01 @edi_akhiles @de_teens @KampusFiksi
9. Buat status di wall FB kami dan tweet yang isinya “Kamu gemesin bikin aku kirim novel lomba #TravelingLombok janji nggak takut ikan cc @divapress01 @edi_akhiles @de_teens @KampusFiksi”

Penjurian:
1. Penjurian akan dilakukan maksimal 60 hari hari setelah penerimaan naskah terakhir.
2. Juri akan memilih 3 novel terbaik dengan hadiah sertifikat + free traveling Lombok + paket buku. 3 novel terbaik tersebut akan pula mendapatkan MoU profesional untuk penerbitannya + kesempatan menulis 1 novel lagi dengan pola bimbingan untuk kami terbitkan selanjutnya. Selain 3 terbaik itu, kami pun akan memilih novel-novel yang baik tapi belum lolos 3 besar untuk kami terbitkan dengan MoU profesional pula.
3. Semua naskah yang dikirimkan otomatis kami anggap bersetuju untuk diterbitkan dengan ketentuan tersebut. Naskah yang dikirimkan tidak boleh sedang diikutkan lomba lain, atau terikat dengan pihak lain, atau pernah dipublikasikan, termasuk di sosmed seperti blog atau FB.
4. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
5. Hadiah traveling Lombok tersebut tidak dapat dialihkan kepada orang lain atau pun diuangkan.
6. Semoga yang lolos lomba #TravelingLombok ini, jika masih jomblo segera mendapatkan kekasih. Jika sudah pacaran, semoga segera dilamar. Jika sudah dilamar, semoga segera dinikahin. Jika sudah dinikahin, semoga segera dikarunia anak yang shalih/shalihah. O ya, nyaris lupa, jika sedang LDR-an, semoga segera disatukan di dunia nyata, bukan maya (doa tulus kami senantiasa tercurah untuk kalian).

Tunggu apa lagi? Tips aja nih, berhentilah jadi DL-er, karena itu nggak memberimu waktu cukup untuk self editing sehingga sulit untuk bersaing.

16 Komentar untuk "TRAVELING KE LOMBOK, FREE…!!! (IKUTI LOMBA NULIS NOVEL INI)"

Saya coba ikutan pak, ini sudah 90hal, kurang sedikit lagi. Semoga bisa selesai sebelum deadline.

pak, range umur young adult itu sampai berapa ya? kl karakternya umur 25 masih masuk kategori kah?

Pak.. Maksudnya tema novel ttg perjalanan ke lombok ato bebas perjalanan ke mana aja?

setting dalem negeri tapi tokohnya orang luar negeri gimana pak? boleh gak?

Bukan novel perjalanan ya. Novel biasa cm settingnya nusantara dgn local wisdom. Tokoh ya bebas.

Ingat deadliner, ingat diri sendiri..... keteteran,

latar tempatnya bebas?
dan satu lagi.... katanya umurnya bebas.
kalau masih 12 tahun gimana ._.
eh, satu lagi attach itu apaan ya?

Mau...salah satu tempat impian yang belum tercapai selain Karimun Jawa. Semoga bisa ikutan. Meski g yakin bisa menang. Hahahaha :D

Pak Edii !!!!! *dateng tiba-tiba bawa naskah novel* . Umur 13 tahun bisa kan ??? .w. /
Kalau boleh tau , ini untuk Kampus Fiksi angkatan ke berapa ???

Haa,, saya dari lombok pak !!
bagaimana ceritanya kalau seandainya saya menang ??

(ngarep) :D

Benarkah semua naskah diterbitkan? Wah ini mah gak menang juga gak apa-apa deh :3

naskah yang baik... bukan semuanya

Syarat ke 9. Apa itu harus.... kok membingungkan yaaaa.....

gak bisa diperpanjang kah DLnya.

Back To Top