Personal Blog

CAK LONTONG, MINDSET PELAWAK AHLI SILOGISME (Menjadi berbeda akan membuatmu mudah dikenal)






“Jika Anda takut berbuat dosa, Anda temannya orang alim. Jika Anda takut berbuat korupsi, Anda temannya orang baik. Jika Anda takut pada istri, Anda temannya saya…”
Cak Lontong

Indonesia Lawak Klub (ILK) menjadi fenomenal, terutama, karena sosok Cak Lontong. Ia jadi ikon. Tanpa mengecilkan sosok Komeng, Deny, atau pun Fitri Tropicana, semalam, tanpa hadirnya Cak Lontong, ILK terasa ada yang kurang. Itu tanda bahwa ia telah sangat ikonik. Serupa dengan betapa ikoniknya sosok Ariel bagi Peterpan, Soimah bagi Jogja Hip Hop Foundation, Andi F. Noya bagi Kick Andy, atau pun Farhat Abbas bagi dunia celelekan.
Siapa sebenarnya Cak Lontong dan kenapa dia begitu ikonik di ILK?
Sosok Cak Lontong bukanlah orang baru dalam dunia komedi Indonesia. Ia yang bagian dari pelawak tradisional adalah mantan anggota Ludruk Cap Toegoe Pahlawan, Surabaya. Sebelum ILK booming, ia beberapa kali juga tampil di acara stand up comedy, bersama beberapa komedian muda lainnya.
Yang menarik, barangkali ini password dia bisa eksis sampai hari ini dibanding para komedian tradisional lainnya, Cak Lontong sukses memadukan style lawakan tradisional dengan kontemporer ala comic. Ia sangat menghormati kepiawaian lawakan almarhum Mbah Ranto, ayah pelawak Mamiek Prakoso, juga Basyio dan Junaedi.
Ia mengatakan, “Sebetulnya komedian tradisional itu adalah komedian yang cerdas,” kata pria bernama asli Lis Hartono ini. “Mereka mampu melawak di berbagai segmen, mulai rakyat jelata sampai pejabat negara, dari penonton yang dianggap tidak cerdas sampai penonton yang dianggap sangat cerdas.”
Ia juga bisa bersikap kritis dalam basic-nya sebagai pelawak tradisional di hadapan lawakan kontemporer macam comic, yang diwujudkannya dengan menjadikan hal-hal sederhana sebagai bahan lawakan yang mengocok perut, yang ini sangat berbeda dengan karakter comic yang tebal materi. Misal “hanya” tentang Malaysia, geng motor, takut, kopi, gaptek, dll. Pendek kata, Cak Lontong adalah pelawak tradisional yang berlogika cerdas!
Setiap kali menyimak ocehan Cak Lontong, saya mencermati betul kekuatan logikanya dalam bersilogisme. Ya, silogisme. Silogisme merupakan suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif (dari hal umum kepada hal khusus). Silogisme disusun dari dua premis atau proposisi (pernyataan), kemudian darinya ditarik sebuah konklusi (kesimpulan). Apa yang kalian pernah dengar tentang premis mayor dan premis minor, lalu dari keduanya ditariklah sebuah kesimpulan, itulah sederhananya maksud silogisme.
Oke, di sini tentu saja saya tidak akan memberikan materi kuliah tentang silogisme sebagai cabang filsafat logika. Saya hanya ingin membaca Cak Lontong dari sudut pandang silogisme.
Mungkin kalian pernah membaca atau mendengar kalimat-kalimat seperti ini:

Setiap rumah adalah tempat berteduh. (mayor)
Tempat besar berwarna putih itu adalah sebuah rumah. (minor)
Tempat besar berwarna putih itu adalah tempat berteduh.  (kesimpulan)

Atau:

Binatang tidak memiliki akal. (mayor)
Kucing adalah binatang. (minor)
Kucing tidak memiliki akal. (kesimpulan)

Semua ayam tidak pakai baju. (mayor)
Gadis itu adalah ayam kampus. (minor)
Gadis itu tidak pakai baju. (kesimpulan)

Ini logika silogisme. Guys, tidak semua logika sologisme lalu berhasil membangun kesimpulan yang diterima logika lho. Silogisme sendiri haruslah memperhatikan kategori-kategorinya agar tidak gagal kesimpulan. Ada banyak kategori di dalamnya. Enough!
Cak Lontong kelihatan betul berhati-hati di sini agar kesimpulannya tidak gagal, meski boleh jadi ia tak pernah kenal apa itu hukum silogisme kategorik.Tentu, sebagai komedian, ia absah berparodi atau pun berplesetan secara maknawi.
Misal:

Semua korupsi dilakukan oleh pejabat. (mayor)
Wahyu adalah pejabat. (minor)
Wahyu adalah koruptor. (kesimpulan)

Silogisme kategorik beginian ditolak oleh logika kita. Ia benar secara hukum silogisme, tetapi gagal secara kategorik, sehingga makna kesimpulannya menjadi salah.
Misal lain:

Galau itu kerjaannya orang jomblo. (mayor)
Farah itu jomblo. (minor)
Farah itu galau. (kesimpulan)

Orang move on nyante hidupnya. (mayor)
Ve tidak pernah bisa move on. (minor)
Ve tidak nyante hidupnya. (kesimpulan)

Semua orang tahu-tahu sadar kalau sudah tua. (mayor)
Kim adalah orang. (minor)
Kim itu tua. (kesimpulan)

Ngeyelan adalah sikap yang bikin tidak maju. (mayor)
Mi dan Ika ngeyelan. (minor)
Mi dan Ika tidak maju. (kesimpulan)

Contoh-contoh tersebut benar secara hukum silogisme, tetapi salah atau belum tentu secara makna logikanya, lantaran mengabaikan prinsip-prinsip kategorial antara premir mayor dan minornya.
Okelah, lupakan term-term teoretik tersebut, sekarang pahami saja prinsip kerja silogisme tersebut.
Di hadapan hukum silogisme tersebut, Cak Lontong selalu berhasil dengan rapi menarik kesimpulan-kesimpulannya. Itu menandakan ia memiliki kejelian berlogika secara premis mayor-minor. Ndagelnya lagi, ia mengemasnya dengan style ala akademisi berkredibilitas tinggi. Misal dengan memulai silogismenya dengan ungkapan, “Menurut sebuah riset….” atau “Saya telah melakukan survey…” atau “Saya akan menunjukkan sebuah data….” Dan ini keren, Guys!
Coba simak beberapa lawakan khasnya yang kental silogisme berikut:

“Menurut sebuah riset, tahun 1960-an, Malaysia mengimpor guru dan dosen dari Indonesia. Tahun 1990-an, Malaysia berubah menjadi pengimpor pembantu dari Indonesia. Kesimpulannya, Malaysia mengalami penurunan selera, dari level guru/dosen ke level pembantu.”

Ngoaahhaaaa…afuuuuu…..

“Tahukah Anda bahwa seniman kita seperti Gesang dan Ebiet G. Ade berasal dari luar negeri? Itu adalah hasil sebuah survey terpercaya. Surveynya sendiri dilakukan di Amerika Serikat.”

Ngoaahhaaaa….sial!

“Sejak lahir, saya bukan orang penakut. Ada cerita sedikit yang menunjukan bahwa saya bukan orang penakut. Di kampung saya, ada sekitar 100 kepala keluarga. Suatu malam, pukul 1 dini hari, kampung diserbu oleh geng motor. Kaca-kaca rumah dipecahkan. Ketua RW lari. Ketua RT kabur. Semua kepala keluarga ngibrit. Hanya saya yang tidak lari. Karena saya adalah ketua geng motor itu!”

Ngoaahaaaa….afuuuuu neh!

“Sebuah riset menunjukkan bahwa orang gagal itu lebih banyak daripada orang sukses. Buktinya, lebih banyak orang miskin dibanding orang kaya, bukan? Nah, sebab kegagalan seseorang itu, menurut riset itu, adalah karena ia tidak berhasil.”

Plakkk…plaakkk…plaaakkk…..

“Ngomongin tentang kopi, saya ingin menunjukkan data hasil penelitian saya tentang cara terbaik menikmati kopi. Salah satunya ialah tentang cara menuang air ke dalam cangkir kopi. Jangan salah, ini penting! Kualitas kelezatan kopi sangat dipengaruhi oleh kualitas penuangan air ke dalam cangkir itu. Caranya? Pastikan airnya adalah air panas yang dituang dan pastikan pula airnya dituang tidak melebihi ukuran cangkirnya.”

Afuuuuuuuu……...plak!

Masih banyak lagi lainnya, yang semua memang berangkat dari hal-hal sederhana, yang berhasil dikemas dengan kepiawaian berlogika, tepatnya silogisme.
Guys, pelajaran berharga dari sosok Cak Lontong hari ini ialah (1) Pakai anugerah logikamu sebaik-baiknya, dan (2) Siapa pun yang bisa tampil berbeda, memiliki mindset unik berbeda, niscaya ia akan tampil ke permukaan. Boom!
Para penulis sangat membutuhkan pemahaman prinsip ini!
Ganbatte, daebak, Cak Lontong!
Jogja, 20 Maret 2014
60 Komentar untuk "CAK LONTONG, MINDSET PELAWAK AHLI SILOGISME (Menjadi berbeda akan membuatmu mudah dikenal)"

Saat yang paling tepat dan nikmat untuk minum kopi adalah.. setelah kopi itu jadi dibuat. :D

haaaa......iyaaaa....kurang ajar tenan dia XD

(((TUA))) baiklah.
Bos, selain berlogika, kepiawaian Cak Lontong juga menyulut amarah. Sedikit lagi Komeng pasti bakar dia, dan Deni diperiksa darah tingginya. G-e-r-e-g-e-t-a-n.
Nice post Bos Lion, asli.

autofokus: gadis itu tidak pake baju




di sebelah mana, Pak Bos? ((celingukan *Q*))

Pas nonton juga yang episode ini. Cak Lontong emang nggak bisa diremehin deh silogismenya, hahaha. Untung nggak dibakar beneran sama Komeng

Ini yang menarik pak Edi. Ini Tweet Cak Lontong dan ditanyain oleh para penggemarnya.

Emang MU pernah menang? RT @hamassystem @C_lontong MU kalah. gimana ini cak?

MU masih ada? RT @eleisonGSK69 @C_lontong MU ta Liverpool cak?

MU sdh berusaha smaksimal mungkin..MU dijalan yg benar RT @adaadiono cak MU kalah 3-0 lawan liverpool. Analisamu cak? @C_lontong

Mohon maaf bagi pecinta MU Pak Edi :). Peace. Kagak Ngambung Ye??

Sepakat sekali, Cak Lontong adalah ikon ILK

dia memang pelawak yang sangat cerdas lawakanya intelek dan tidak murahan

wahh iyaaaa celelekan banget ya lucunya

Iya benar, terasa banget ILK tanpa Cak Lontong. :D

izin copas ya Gan, super sekaLi!

Bila anda jelek, jangan takut mencintai. karena yang seharusnya takut adalah yang anda cintai. (Cak Lontong)

Setuju...powernya ILK itu emang cak lontong. .kemaren aja pas cak lontong gak ada ..gw nontongnya gak smpe stgh..cak lontong emang terbaik!!!.

Ia. dia memplesetkan silogisme di matematika , ,

Tulisan bagus..semoga Indonesia lebih cerdas dgn makin banyaknya Fans Cak Lontong.

CAK LONTONG EMANG CONTOH PELAWAK YANG CERDAS.. Termasuk Tukul dan komeng~

"Membaca setengah jam perhari sama dengan membaca 30 menit perhari." - Cak Lontong

Saya termasuk salah seorang yang tidak rela ketinggalan nonton ILK, tapi ketika sosok cak lontong tidak hadir, sepertinya senyum saya jarang sekali muncul..itu salah satu bukti beliau sudah jadi kekuatan ILK..Salam Lemper !

dari data survey 100 orang yang pergi ke rumah sakit :
25 % orang sakit
25 % orang yang ngantar orang sakit
25 % orang yang jenguk orang sakit
25 % pekerja rumah sakit
mikir !

Ada cak lontong di ilk memang bagus tapi walau ada cak lontong tapi gak ada komeng, siapa yg akan mengkritik survey absurdnya dengan celaan kelas atas begitu juga sebaliknya hehe

Yang jelas selama saya melihat ILK yang membuat salut dalam lawakkanya cak Lontong tidak atau belum pernah menyinggung fisik dan kejelekan orang lain....

Salah satu ciri2 pdagang kaki lima yg akn membuat anda terbelalak adlah...... Trnyta pdgang kaki lima itu kakinya hnya dua !
-Cak Lontong

yep, saya sendiri sudah mengikuti lawakan cak lontong saat awal2 mengisi acara sebagai stand up comedian

serius mas. ini saya baca kesel lho. hahahahhahahaa !!! saya tidak takut sama istri saya. yang saya takuti hanya dua di dunia ini : Tuhan.. dan pasangan hidup saya.........
TAHEK !!!! Go Cak Lontong !!!

Cak lontong itu sosok pelawak cerdas dan yang paling bikin gw salut, dia tidak pernah mencela kejelekan fisik orang dsb yg BIASANYA DILAKUKAN OLEH PELAWAK INDONESIA TAK TERKECUALI YANG SENIOR". itu yang suka dari cak lontong bahwasannya lawak tidak selalu harus diidentikan dengan saling menjelek"an satu sama lain.

Selain cak lontong, ILK itu lawakan apa serius ???

Cak lontong merupakan model yang bisa dijadikan contoh untuk pelawak2 muda..
Haji komar di comedy academy Ind*siar bilang pelawak yang hebat adalah pelawak yang tidak menggunakan kelemahan org lain untuk bahan leluconnya..

SELAMAT TAHUN BARU 2014..
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam

Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang

lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di

sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat

mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami

yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO)

kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

Komentar yang paling lontong adalah komentar terpanjang di atas komentar saya ini.

Survey tentang pacaran jarak jauh, 80% setuju dan 20% tdk setuju...( ane pikir ini serius ) ternyata yang 80% setuju tdk saya survey dan 20% tdk setuju saya survey.....WHAAATTT???!! ternyata gak ada yg pernah mau disurvey ama dia...

Tahun baru apanya? Kamu pos ini tanggal 11 Mei 2014.... isinya iklan pula.... tidak tepat ini pasang iklan di sini...

Cak Lontong: "Satu lagi fakta yang pasti membuat anda tercengang."
Komedian lain: "Apaan?"
Cak Lontong: "50% dari 2000 orang itu adalah 1000 orang."
Komedian lain: (Gedubraak!!)
Salam Lemper!!

Yaa,,,jadii ingett surveyynya cak lontong,,,,kalauu,,,50% dari 100% pasangan adalah perempuan dan 50% nya lagi adalah laki-laki,,,,XD!!!

cak lontong !

saya kalo nonton ILK di youtube mas, itu juga milih2 yang ada cak lontongnya doank... Hahahaa bikin stress hilang dia.

Cak lontong itu.... keren banget ngelawaknya

Cerdas dan memaksa kita mikiiiiir ... hahahaha. .. salam lemper

Setuju..cak lontong seorang pelawak yg memiliki keunikan tersendiri itulah yg membuatnya "lebih" terlihat :)

Haha... Dari jaman Toegoe Pahlawan aku dah ngikutin.... Bareng sama cak Lengky dan Dargombes, waduh.... mules dan kram rahang!!
Ada satu episode di TVRI Surabaya, tentang pendaftaran calon astronot. Saat itu lagi rame2nya mbak Pratiwi mau mengangkasa dan Indonesia heboh bukan kepalang.... (walau gak jadi mengudara)
Adegannya si petugas mendata pendaftaran (Dargombes). Beliau bertanya soal latar belakang si pendaftar, misalnya lulusan apa dll. Giliran pendaftar culun ini.
"Lha kamu ini lho sekolah gak jelas kok mau jadi astronot... Bekalmu apa?"
"Bulan kan jauh ya pak, jadi saya sangu Lonthong... biar gak cepet mambu (=basi)"
The rest is history... Kita kenal pendaftar kucrut itu sebagai cak lonthong....
salam, icul....

hua ha ha ha ha....dari atas sampai bawah..ngakak baca sambil bayangin mimik Cak Lontong

ijin copas ya

Kok jadi malah berpikir sosiologi ya?

wakakakakakakakakakakakak....lucu pollll.Cocok jadi presiden. Harusnya Prabowo gandeng cak Lontong klo pengin menang...!!!

ga heran klu lawakan cak lontong cerdas, beliau kan "tukang insinyur" (alumni teknik elektro its).jadi = project p, warkop dki.

haha.... cerdas dan gila
kunjungi blog saya juga
http://lukiluck11.blogspot.com
http://malangshopaphoria.blogspot.com

coba nilai diari gue dong

kucingterbang2.blogspot.com

wah jan keren ilmu baru nih thx berat mantap lawake

Kami yang pernah satu tempat kerja dengannya, sudah paham betul ya memang sudah begitu itu 'tabiat' Cak Lontong. Cerdas yang bisa bikin mulas.

Ingat..,!! Kesempatan tidak akan datang untuk ke-2 kali……!!!
Kami Hadir Utk Menjawab Kebutuhan Anda.Terhadap Produk Elektronik.Transaksi Aman DanTerpercaya.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,LAPTOP dan CAMERA.DLL, Dgn Harga TERJANGKAU/ SUPER PROMO DI GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
MINAT PIN BB: 7C22D79F HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
Ready Stock! Samsung Galaxy A8 Rp.2.900.000
Ready Stock! oppo R5 Rp.3.000.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 5 Rp.4.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

SUPER PROMO HOT TERMURAH SETIAP BULAN !!!
DI GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN MINAT PIN BB: 7C22D79F HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
Ready Stock! Samsung Galaxy A8 Rp.2.900.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H

Back To Top