Personal Blog

YUK BIKIN BUKU KHUSUS BUAT EMAK-EMAK PENULIS



Saya termasuk lelaki yang selalu takjub pada emak-emak yang bisa melakukan sesuatu yang “berat”, sesuatu yang identik dengan lelaki atau anak muda. Contoh, saya sampai sekarang masih saja terpukau sama emak-emak yang jago nyetir pake mobil bertransmisi manual. Melihat seorang emak begitu tangkas memarkirkan Nissan Navara Double Cab bertransmisi manual di areal parkir yang sempit, bahkan tanpa dipandu tukang parkir, benar-benar buat saya ekstase!
Apalagi jika emaknya itu berpenampilan trendi…upss!
Lihat seorang emak berhijab tengah mengangguk-anggukkan kepalanya di balik kemudi, dan ternyata sedang menyesapi lengking melodi Slash di lagu Estrange, sumpahhh…rasanya gila bener!
Belakangan, keterpukauan saya meluas ke kalangan emak-emak yang eksis menulis. Bermula di #KampusFiksi roadshow Semarang lalu (10/11/2013), ada sekelompok emak yang mengatasnamakan IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) begitu eksis mengikuti acara saya sampai akhir. Sebagian sambil menggendong anaknya yang masih balita.
Ehh, gila ini! gumam saya begitu tahu bahwa mereka adalah kelompok emak penulis.
Iseng, semalam saat ngopi usai darlingan sama kawan-kawan, saya cerita tentang fenomena emak-emak penulis yang eksis itu. Ide pun terloncat! “Yuk, bikin buku kumpulan cerita rame-rame karya emak-emak penulis se Indonesia…”
Grab it!
Kepala saya langsung muter. Tidak 180 derajat kayak burung hantu sih. Mikirin mau bikin wadah apa ya yang bisa nampung karya emak-emak itu dalam sebuah buku fiksi, diterbitin secara massal, lalu didistribusikan ke seluruh toko buku nasional. Mejenglah nama emak-emak itu beserta akun tweeternya, kian eksislah emak-emak itu dalam dunia kreativitas literasinya.
Hemm, bisa bertema:

"Unlimited Emak-Emak"
"Emak-Emak Bahagia"
"Emak-Emak Full Servise" (jangan saru)
"Emak-Emak Berjajar Pulau-Pulau"
"Ada Apa dengan Emak-Emak?"
"Ketika Emak-Emak Bertasbih"

Haaa....waitlah, segera saya sikat deh gagasan gila ini!

Saya juga tahu dan kenal ada beberapa penulis berkategori emak, meski nggak semuanya ngaku kalau dirinya emak-emak, haaaa… Kayaknya keren untuk menarik para emak sebanyak-banyaknya dalam buku ini (entah apa ntar ide dan wujudnya), meski tentu saja harus melalui proses seleksi kelayakan untuk terbit. Seperti biasanya.
Hal yang begitu deras menggebuki kepala saya sampai saat ini setiap ingat pada ide ini: biar emak-emak makin eksis dan dengan bangga berteriak pada dunia, “Wooyyy, kalian yang muda-muda ini kalah telak sama kami, emak-emak penulis yang super eksis…!!!”
Biar panas tuh kuping anak-anak muda!
Jogja, 15 November 2013
29 Komentar untuk "YUK BIKIN BUKU KHUSUS BUAT EMAK-EMAK PENULIS"

mau donk mas Edi ntar colek2 saya klo projectnya jadi hihihiii... saya salah satu tim penggembira IIDN, belum penulis tapinya :D

Jiaah akhirnyaaa...saya emak2 alumni kf4 loh pak dan jg gabung di fp iidn (walo jrg nongol), ntr saya ajakin para emak yg gape nulis buat ikutan,ditunggu tanggal mainnya pak bosss :D

Insya Allah mas.

oya, klo saya manggut2 karena lagi khusyuk ndengerin Enter Sandman ama Jump rasanya gila juga gak nih hehehee.... maaf komen oot yg bebas utk diabaikan :)

hehe..daku salah satu yg bawa bocah kemarin mas..hayuk, siapa takuut? IIDN Semarang siap ikut proyeknya, ditungguuu :)

Sophi: emang ada yang emak kemarin ya KF4? haaaa
dewi: yuk gabunglah

banyak ilmu deh pulang dari KampusFiksi Semarang, apalagi emak-emak bisa eksis foto bareng Mas Edi, hihihi

Terima kasih sharingnya dan sudah mau foro bersama emak-emak kece dan narsis :)

Oh ya, ditunggu info proyek buku with emak :)

wah ga kebagian foto bareng ma mas edi, pulang duluan karna my baby kepanasan hehehe...

ikutan setuju pak Bos,... aku juga emak-emak lulusan JW2. ditunggu proyeknya...

semoga saya bisa gabung juga.... yukssss....

wah asyik nih... emak-emak IIDN SEMARANG emang kereeen

Di Malang juga ada IIDN lho .... Tanggal 24 depan ada kopdar IIDB (Ibu-Ibu Doyan Bisnis) Jatim yang juga berlokasi di Malang. Ditunggu kedatangannya di Malang ;)

“Wooyyy, kalian yang muda-muda ini kalah telak sama kami, emak-emak penulis yang super eksis…!!!”
Anak-anak muda, ditantangin sama emak-emak tuh!!

Saya emak² dr Serang sdh lama nunggu event spt ini Pak. Hayu atuh segera dieksekusi

Ntr gk kubtasi kota kok tp se nusantara negeri n swasta hee

jaman sekarang kalo cuma kenal sumur dapur kasur mah bukan emak2 sebenarnya :D yuuk emak2 iidn kita gemparkan projectnya mas Edi :)

Yachhh... masak aq harus jadi emak-emak dulu biar bisa ikutan pak :( hihihiii...

Aku dukung mbak Sophi... hubungin mbak Lia dan para emaknya KF4 laennya :)) Allah

Ada pak, yg dari jambi, yg plg tuwir kayaknya *ups

Dibanding abege labil yang suka ngeksis, emak - emak kan lebih condong ke asas manfaat nihhh...Jadi, makin asyik lagi kalo hadiahnya bukan hanya nama emak n akun tweeternya aja yang terpampang di sampul, tapi ada hadiah lain, Pak! Uang atau gadged, misalnya. Atau voucher belanja buku juga boleh! He he he he...:P

Idenya blm matang jg kok ini, begitu juga soalhadiahnya... semoga menyenangkan aja yaaa

siap ikutan... ditunggu event-nya ya pa :-)

*menunggu postingan terkait selanjutnya*

Back To Top