Personal Blog

FESTIVAL TULISAN ILMIAH ‪#‎STUDIISLAMKONTEMPORER‬

Islam itu agama yang rahmatan lil 'alamin. *iya, sudah tahu* Seyogianya pancaran kerahmatan Islam menaungi seluruh dinamika hidup umat Islam, sekaligus ramah pada non muslim, bahkan kepada alam raya. *iya, itupun sudah mafhum* *meski masiihhh aja banyak yg nganu*

Salah satu cara ilmiah untuk mengembangkan nalar keislaman kita agar terus maju dan relevan dengan dinamika zaman ialah dengan melakukan penggalian tanpa henti terhadap sumber-sumber utama Islam (Alqur'an dan hadist), warisan para imam mazhab, dan seperangkat teori kontemporer lainnya.

Saya mengundang teman-teman penulis (siapa pun Anda) yang memiliki passion dan disiplin ilmu terkait hal tersebut untuk bersama-sama menerbitkan buku “Studi Islam Kontemporer”.

Tema tulisan bebas asalkan masih berada dalam lingkup islamic studies. Misal:

- islam dan politik
- islam dan sumber daya alam
- islam dan etika global
- islam dan pluralisme
- islam dan filsafat
- islam dan tasawuf
- islam dan pendidikan
- islam dan hermenutika
- islam dan ideologi-ideologi global
- islam dan komodifikasi
- islam dan bioetik
- islam dan lokalitas
- islam dan fiqh progresif
- islam dan jihad kemanusiaan, dll., dlsb.

Anda boleh mengambil tema lain di luar hal-hal tersebut, sepanjang mendialogkannya dengan epistemologi Islam.

Unsur kesegaran perspektif, analisis, metodologi, kerangka teori, kekayaan referensi, akan sangat kami perhatikan.

Panjang tulisan antara 10-25 hlm diketik 1.5 spasi times new romans 12 pts.

Tulisan harus dijamin originalitasnya, belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, memenuhi kaidah-kaidah ilmiah (footnote, daftar pustaka), menggunakan bahasa baku dan EYD, dan dilengkapi biodata singkat dalam bentuk narasi.

Satu penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah. Semua penulis yang mengirimkan karyanya otomatis menyatakan setuju dengan semua ketentuan ini.

Silakan email tulisan Anda ke: mayang_siwalan@yahoo.co.id dengan hestek: #StudiIslamKontemporer. Badan email dikosongkan.

Masa penerimaan naskah dari tanggal 10-25 Desember 2015.

Semua naskah yang masuk akan diseleksi oleh tim khsusus #StudiIslamKontemporer. Pengumuman naskah yang lolos akan dikeluarkan selambatnya tgl 30 Januari 2016. Lalu akan kami terbitkan. Jadi penerbit memiliki hak untuk menerbitkannya.

Semua naskah yang lolos seleksi akan kami terbitkan dan akan mendapatkan fee sebesar Rp. 500.000/naskah, piagam khusus, dan sampel terbit.

Mari ramaikan momen ini; mari bantu ngeshare.

Kita sepenuhnya percaya bahwa semakin dalam kita menggali nilai-nilai Islam, niscaya semakin ramah dan teduhlah wajahnya.

3 Komentar untuk "FESTIVAL TULISAN ILMIAH ‪#‎STUDIISLAMKONTEMPORER‬"

Maaf, apa lomba ini benar adanya? Karena ketika saya mencari lomba ini d Google, hanya situs ini yang memberikan informasi ttg lomba tsb.. ..

semoga ada kesempatan untuk menulis, dan tentu saja semoga tidak lupa

Back To Top