Personal Blog

#AKSISEJUTABUKUGRATISTAMANBACAAN (MARI BERBUAT SESUATU)



Dari satu hari dari masa lalu, saya tersentak oleh salah satu taushiyah Aa’ Gym tentang 3M: Mulailah dari dirimu sendiri, Mulailah dari hal-hal kecil, dan Mulailah sekarang juga.
Saya termasuk orang yang tidak tertarik “kalkulasi pahala” dalam hal apa pun, lantaran saya merasa berkewajiban untuk selalu bisa tahu diri bahwa kalkulasi pahala adalah hak prerogatif Tuhan. Di balik aksi apa pun, satu-satunya hal konkret yang bisa kita “ayemkan” dalam hati hanyalah “takaran kemanfaatan”. Kata Nabi, “Orang terbaik di antaramu adalah orang yang paling bermanfaat.”
Saat saya shalat ‘Ashr di Masjid Ta’awun Puncak Bogor usai meeting, saya dapat cerita dari mas penyedia kopi gratis, bahwa semua pembangunan masjid dan operasionalnya ditanggung oleh seseorang. Termasuk kopi gratisnya itu. Mati dah saya!
Saat diberitahu ada seseorang yang membangun jembatan di pelosok-pelosok jauh dengan biayanya sendiri, saya kembali mati telak! Saya juga pernah mati total saat diceritain bahwa ada sekelompok orang yang keliling untuk membersihkan toilet-toilet umum dengan gratis. Saya kembali mati tanpa ampun ketika seorang kawan pengasuh pesantren di pelosok desa berkisah bahwa ada tamunya yang datang bawa mobil, lalu pulang jalan kaki, setelah menyerahkan mobilnya untuk pesantren itu.
Tuhan ada di mana-mana benar. Semut pun diketahui-Nya dengan sempurna, apalagi ini “orang-orang gila” yang berkali-kali bikin saya mati mendadak.
Tentu, menjadi bermanfaat bukan kok dengan cara menjadi ustadz mulu. Ngisi pengajian di masjid-masjid mulu. Itu hanya satu pilihan, di luarnya sejuta pilihan tersedia.
Ah, saya tak tahu harus berbuat apa untuk diri saya, sebagai usaha untuk “gila” itu. Saya mimpi suatu hari bikin masjid di sebuah jalan antar kota antar propinsi, lalu banyak orang yang shalat, mandi, pipis, istirahat di sana. Ah, itu keren! Tapi, saya nggak tahu kapan bisa mewujudkannya.
Saya juga mimpi bikin 1000 gerobak angkringan plus isinya untuk para pengangguran. Ah, ini tsakep banget! Tapi, kapan saya bisa mewujudkannya?
Saya juga berkhayal setiap keluar kota bawa mobil kan berhenti di tiap masjid hingga mushalla SPBU dan meletakkan 2 sarung dan 2 mukenah di sana. Ah, ini pasti guanteng banget! Tapi, kapan saya sempat begitu?
Di antara sekian banyak mimpi yang pernah terlintas, saya bisa mewujudkan satu hal sekarang. Saya punya jutaan buku di gudang. Ya, jutaan! Oke, mari kita wujudkan #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan bersama-sama. Ya, harus bersama-sama kalian semua yang minat jadi volunteer gerakan ini.
Mari kita buat aturan mainnya biar berjalan dengan terencana:

1. #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan ini spiritnya “kemanfaatan umum”, karenanya penerimanya haruslah sebuah perpustakaan/taman bacaan yang meminjamkan buku-buku dengan gratis, baik dikelola lembaga, komunitas, atau pribadi. Entah itu perpustakaan mushalla, masjid, desa, kecamatan, TPA, pesantren, sekolah, kampus, komunitas, gereja, vihara, dll., lintas agamalah. Bahkan untuk kawan-kawan yang sedang berniat merintis taman bacaan secara personal, bisa juga terlibat. Yang penting dikonsumsi orang banyak (bukan pribadi).
2. Kalian yang minat silakan ajukan diri di kolom komen postingan ini. Isinya: data diri kalian (nama asli, alamat, HP, email, tweeter, FB) yang akan menyalurkan buku-buku tersebut dan profil singkat perpustakaan/taman bacaan calon penerima (ceritakan pula tentang calon pembacanya).
3. Aksi ini gratis setelak-telaknya, termasuk ongkos kirimnya. Kami akan kirimkan via paket. Untuk alamat yang tidak bisa dijangkau oleh jasa paket umumnya, mohon dibantu alamat alternatif (mungkin alamat saudara di kota), demi realisasi kiriman ini. Untuk kawan-kawan sekitaran Jogja, bisa mengambilnya langsung ke kantor DIVA Press Group dalam jam kerja hari Senin-Jum’at pukul 09.00 – 16.00 (12.00 – 13.00 istirahat), ketemu Mbak Ve dengan membawa print data diri dan profil tadi.
4. Setiap perpustakaan/taman bacaan yang diajukan, yang memenuhi spirit  umum tersebut, akan mendapatkan 100 eksemplar buku yang judul-judulnya kami pilih (buku-buku tersebut adalah buku layak baca, bukan buku cacat). Jika ada buku-buku yang dirasa tidak pas dengan segmen pembaca perpustakaan/taman bacaan penerimanya, kami mohon kesediaannya untuk menghibahkan kepada perpustakaan/taman bacaan lain yang dinilai tepat.
5. Setiap orang boleh mengajukan lebih dari satu perpustakaan/taman bacaan yang berbeda, dengan membuat posting pengajuan sendiri-sendiri. Jadi satu posting pengajuan hanya untuk satu taman bacaan. Demikian seterusnya.
6. Perpustakaan/taman bacaan yang sudah menerima buku dari #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan dimohon untuk tidak mengajukan lagi demi pemerataan penerimanya.
7. Pengiriman paket akan kami lakukan bergiliran. Asalkan profil dan data diri tersebut jelas, insya Allah akan kami kirimkan, sekalipun mungkin butuh sedikit waktu untuk penguirimannya.
8. Mungkin saja sih ada “oknum” yang tega melukai #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan ini. Biarinlah Tuhan yang urus jika ada yang tega begituan. We just need to trust each other to realize what we dream.
9. #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan ini dibuka dari sekarang juga (kata Aa’ Gym, “Mulailah sekarang juga…”) dan akan diumumkan di kolom komen postingan ini pula jika kelak kami tutup.
10. Jika sudah menerima paketnya, mohon infoin kami melalui media apa pun yang ada pada kami, bisa di kolom komen postingan ini atau tweeter atau FB atau email.
11. Jika voulenteer masih sendirian aja, kami doakan kalian segera dikasih jodoh yang menunggangi Jazz RS AT Putih. Jika sudah pacaran bertahun-tahun, kami doakan segera dilamar. Jika sudah dilamar tapi nggak kunjung diijab, kami doakan segera dinikahi beneran. Jika sudah dinikahi, kami doakan rumah tangganya sakinah dan dikaruniai anak-anak yang shalih/shalihah. Eh, nyaris lupa satu fenomena ini, jika kalian LDR-an, semoga segera bersatu dalam dunia nyata, bukan dunia maya. Lol.

Lets, Guys, bantuan yah, bantuin mewujudkan #AksiSejutaBukuGratisTamanBacaan ini. Hanya dengan bantuan kalian, aksi ini akan benar-benar memberikan manfaatnya. Ganbatte-lah, daebak, daebak! Alfu mabruk lak!
Jogja, 16 Desember 2013
1859 Komentar untuk "#AKSISEJUTABUKUGRATISTAMANBACAAN (MARI BERBUAT SESUATU)"
«Oldest   ‹Older   1801 – 1859 of 1859   Newer›   Newest»

Nama : Afsya Oktafiani Hastuti
Alamat : DESA KAUMAN RT 01 RW 03 KEC.COMAL KAB.PEMALANG
Email : afsyatutut@yahoo.co.id

Saya bermaksud mengajukan permohonan pengadaan buku untuk TBM (Taman Baca Masyarakat) di DESA KEBOJONGAN RT 04 RW 02 KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG
Motivasi saya membuat TBM ini adalah karena minat anak-anak SD yang tinggi akan membaca namun belum ada ketersediaan buku yang mencukupi.
Besar harapan saya, kiranya pengajuan permohonan saya dapat dipertimbangkan
Terima kasih

Nama: Mokhamad Sujito
Alamat: Desa Tirtoyudo Rt.5 Rw.1 Kec.Tirtoyudo Kab.Malang Jawa Timur 65182
HP: 085233206638
FB: Sujito Mokhamad
Email: ojhied@gmail.com

Saya seorang tenaga pendidik di sebuah sekolah dasar.Saya ingin mendapatkan donasi buku gratis untuk menambah koleksi perpustakaan sekolah kami agar program literasi lebih bermakna karena koleksi kami semakin banyak.Anak didik kami juga lebih senang membaca dan meminjam buku.
Besar harapan kami smoga bapak berkenan memberikan donasi buku gratis, kami ucapkan terimakasih.Semoga Alloh selalu memberkahi anda dan keluarga.Amin

OMAH WACAN SANGSEMBUNG

Alamat: Dusun Campurejo, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri 64293
No.HP: +62 858-1505-0092
FB: Omah wacan SangSembung
Email :Omahwacansangsembung@gmail.com

Omah wacan sangsembung adalah sebuah TBM yang didirikan oleh pasangan suami-istri handhy widartoto dan siti sholikah pada bulan Agustus 2015
Berangkat dari kepedulian mereka terhadap minimnya minat baca anak-anak. Mereka tergerak untuk memfasilitasi anak-anak untuk gemar membaca.
Sampai sekarang omah wacan sangsembung punya 15 orang relawan.
Kami juga mempunyai fasilitas gerobak baca yang biasa kami bawa ketika kami melakukan roadshow ke beberapa sekolah
Semoga melalui pak edi, anak-anak desa brumbung bisa memperluas wawasannya dengan koleksi buku-buku baru

salam kenal bpk Edy... mudah2an bapak dalam keadaan sehat.... walaupun tulisan ini sudah di muat dari 2013, tapi saya tetap berharap bpk masih melanjutkan kegiatan ini hingga hari ini...
perkenalkan saya...
TIKO FREDYANSYAH
ALAMAT : JORONG SOPAN TANAH, MAEK, KAB. LIMA PULUH KOTA. PROV. SUMATERA BARAT
NO HP : 082392039695
FB : TIKO FREDYANSYAH
EMAIL : FREDYTIKO@GMAIL.COM

saya berencana mengajukan permohonan bantuan buku untuk Taman Baca dan Perpustakaan Palito Nagari Maek, yang berupa Taman Baca Masyarakat.
Taman Baca ini didirikan atas keprihatinan terhadap minat baca anak-anak dan masyarakat di Nagari Maek
target pembaca taman baca ini di utamakan anak-anak usia SD hingga SMA...
diharapkan tanggapanya kepada bapak Edy... terima kasih wassalam.....

Assalamualaikum wr wb bapak Edi disini saya akan mengajukan profil singkat taman bacaan masyarakat dusun Silangit desa Pengadegan kec Pengadegan kabupaten Purbalingga
Nama. : Apriliandi Desvenza
Alamat : Dusun Silangit desa Pengadegan kecamatan Pengadegan kabupaten Purbalingga 53393
No TLP / WA : 081327473852
Email : a_desvenzada @yahoo.com
Facebook : apriliandi desvenzada
Assalamualaikum wr wb pak Edi disini saya Andi mengajukan penambahan koleksi buku Taman bacaan masyarakat Silangit yang terletak di dusun Silangit desa Pengadegan kabupaten Purbalingga yang koleksinya baru sekitar 100 buku kebanyakan berisi majalah pertanian dan koran serta komik.di desa saya belum ada taman bacaan masyarakat selain yang kami dirikan bersama dengan orang tua saya.untuk menambah minat baca masyarakat dusun Silangit dan sekitarnya.mohon bantuan dan kerjasamanya wassalamu'alaikum wr wb

Nama : Sisniah
Alamat : Dusun 01 RT/RW 003/001 Desa Sumber Kidul
Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon
No. HP : 0896-6825-0474
Email : Sisniahrn@gmail.com
Twitter: @Sisniah_RN
FB : Sisniah Al-Ma'rifah

Assalamu'alaikum, pertama saya ingin mengajukan permintaan buku untuk taman bacaan yang akan saya buat dilingkungan tempat tinggal saya. saya ingin mendirikan sebuah taman bacaan karena saya merasa prihatin terutama pada anak-anak yang mayoritas waktunya terbuang hanya untuk main-main. tujuan saya mendirikan taman bacaan ini juga untuk mencegah timbulnya generasi gadget pada anak-anak, karena masyoritas anak dilingkungan saya sudah mulai asyik dengan gadgetnya. Sasaran taman bacaan yang akan saya dirikan bersifat umum untuk semua umur, namun sasaran utama yang saya tuju adalah anak-anak. pendirian taman bacaan ini sedikit terhambat karena jumlah buku yang masih sangat terbatas. Terimakasih...

Nama : Sisniah
Alamat : Dusun 01 RT/RW 003/001 Desa Sumber Kidul
Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon
No. HP : 0896-6825-0474
Email : Sisniahrn@gmail.com
Twitter: @Sisniah_RN
FB : Sisniah Al-Ma'rifah

Assalamu'alaikum... yang kedua, saya akan mengajukan permintaan buku untuk komunitas/organisasi ikatan alumni MTs Babakan (IKAMATSABA) karena koleksi buku yang dimilikinya masih sangat terbatas, IKAMATSABA merupakan organisasi yang sangat aktif terutama dalam bidang kesehatan dan lingkunga hidup, banyak kegiatan sosial yang rutin dilakukan, saya merekomendasikan IKAMATSABA agar dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan tidak lupa untuk memotivasi anak-anak terutama agar lebih giat dalam memahami sebuah buku. Terimakasih...

kami dari komunita Pelita BIINMAFFO merupakan salah satu komunitas Penggerak taman baca masyarakat (TBM) yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur. komunitas ini didirikan karena keprihatinan terhadap akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas bagi anak - anak di Kabupaten Timor Tengah Utara Khususnya di wilayah pedesaan, sehingga dibentuk komunitas ini untuk membantu memberikan donasi buku terhadap masyarakat untuk mengembangkan minat baca anak - anak di desa dan memberi mereka sejuta mimpi bagi masa depan mereka. Program kerja kami yaitu dengan memberikan donasi bagi masyarakat yang belum memiliki taman baca dan melakukan pendampingan dalam pembentukan taman baca selama 6 bulan. kami masih kekurangan buku untuk didonasikan sehingga kami mengharapkan donasi buku dari para pegiat literasi untuk kami distribusikan. berikut profilnya :
Nama : Komunitas Pelita BIINMAFFO
alamat :Jl. Nuri Fatuteke, Kelurahan Kefamenanu selatan,
Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Kota Kefamenanu
Kontak Person : 1. Yosef Usfahik (082317216145)
2. Asty Mae (082147229444)
IG : pelita_biinmaffo

Nama : Nur Sholikhah
Alamat : dusun Sugih Waras Rt.01 Rw 03 Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang
No.hp : 085745547149
Email : nursholikhah99@yahoo.com
Fb : nur sholikhah

Rumah saya adalah tempat belajar mengaji dan tempat les untuk anak-anak disekitar kampung saya. Jumlah anak-anak di RT saya lumayan banyak. Saya ingin merintis sebuah perpustakaan kecil di rumah untuk mereka dan untuk para remaja. Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan remaja disana. Saya berharap perpustakaan tersebut dapat membantu anak-anak untuk menyukai buku. Alangkah senangnya mereka jika diwaktu liburan mereka tetap belajar sambil bermain di perpustakaan yang saya rintis. Namun karena keterbatasan biaya, saya memerlukan donasi buku untuk merintis perpustakaan tersebut.

Assalaamu’alaikum wa rohmatullohi wa barakatuh
Puji syukur kehadirat Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Semoga kita dalam lindungan-Nya. Sholawat serta salam teruntuk Rosululloh Sholallohu Wa salam. Semoga kita selalu Istiqomah dalam mengukiti sunnah beliau.
berikut akan saya sampaikan profil singkat perpustakaan yang ingin saya ajukan, ini data diri saya:

nama asli : Veronika Erna Budiarti
alamat : Jl. Sawo No. 17-19 Bringin, Sambikerep, Surabaya 60218, Indonesia
No HP : 081330433419
email : ernavb@yahoo.com
twitter : -
akun FB : erna veby

perpustakaan yang saya ajukan adalah perpustakaan yang baru dirintis. Dalam rangka ikut serta meningkatkan minat untuk membaca di kalangan anak-anak dan meningkatkan kualitas masyarakat di lingkungan kami, kampung Duko, Desa Langpanggang, Bangkalan Madura, maka kami bermaksud mendirikan sebuah perpustakaan yang akan kami kembangkan secara mandiri, dengan nama “Perpustakaan Rumah Ilmu”. Kami mengharapkan bantuan koleksi buku baik baru atau bekas yang masih layak baca, demi terwujudnya perpustakaan yang kami impikan.Diharapkan akan tersedia buku-buku yang beraneka ragam dan tempat membaca yang memadai sehingga aktifitas membaca bersama-sama atau sendirian akan lebih menyenangkan dan mendapat ilmu yang bermanfaat. Terima kasih atas bantuan yang diberikan. Semoga amal Jariyah kita mendapat balasan terbaik di dunia dan akhirat. Aamiin.

Wassalaamu’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh

This comment has been removed by the author. - Hapus

Assalamualaikum wr wb.
Bismillah..
nama : Linda Ida Tiara
Alamat : Dk Beber-Kejene RT 57/RW 05 Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
Hp : 083839514989
email : Lindaidatiara@gmail.com
Twitter : -
Fb : Linda Ida Tiara

saya mau mengajukan untuk mendirikan Taman Bacaan Masyarakat(TBM) di wilayah saya, saya mempunyai komunitas yang berniat untuk mendirikan TBM, kami sudah mengumpulkan buku-buku untuk koleksi di TBM, namun kami membutuhkan #AksiSejutaBukuGratis ini sebagai pengisi koleksi buku kami. target pembaca TBM kami merupakan anak SD dan SMP karena didesa kami kebanyakan lulusan SMP tidak mau melanjutkan Sekolah dan kami juga menargetkan untuk menciptakan masyarakt islami yang berakhlak

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Novy Ravelita
Alamat : Jl. Dr. cipto No.105, Rt.01/06 Kel. Sarirejo, Kec. Semarang timur- Jawa tengah
Hp : 082226670692
Email : novyravelita@gmail.com

Saya mengajukan permohonan untuk tambahan buku di rumah pintar kelurahan sendang mulyo, semarang. kebetulan saya adalah mahasiswa KKN dari Universitas Pandanaran dan dalam program KKN saya mengikutsertakan pembuatan rumah baca bagi tempat saya KKN yaitu di kel. sendang mulyo, kec. tembalang semarang. Tgl 8 kemarin saya dan team survei ke lokasi rumah pintar, alhamdullilah tempat bacanya masih sangat layak digunakan akan tetapi buku yg ada sudah sangat kotor dan rusak. ada 2 lemari kecil untuk tempat buku tsb. menurut info dari pengelola rumah pintar tersebut dulunya rumah baca ini sering di datangai anak-anak / remaja-remaja untuk sharing dan membaca buku tapi kendala buku yg terbatas anak-anak pun sudah bosan, belum lagi dengan keadaan buku tsb yg sudah lama sehingga membuat anak-anak malas untuk datang lagi, niat kami disini untuk menggerakan kembali minat baca dan insya Allah menambah koleksi buku. sekiranya bapak ingin membantu untuk program kami ini kami akan sangat senang sekali.
program kkn kami dilaksanakan sampai tgl 29 oktober 2017, minggu ini kami masih terus mencari donatur buku-buku.

terimakasih atas perhatiannya
semoga dengan kebijaksanaan bapak dapat membantu anak & remaja di kelurahan sendang mulyo Semarang dapat bangkit kembali minat bacanya.

Waalaikumsalam Wr. Wb

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Novy Ravelita
Alamat : Jl. Dr. cipto No.105, Rt.01/06 Kel. Sarirejo, Kec. Semarang timur- Jawa tengah
Hp : 082226670692
Email : novyravelita@gmail.com

Saya mengajukan permohonan untuk tambahan buku di rumah pintar kelurahan sendang mulyo, semarang. kebetulan saya adalah mahasiswa KKN dari Universitas Pandanaran dan dalam program KKN saya mengikutsertakan pembuatan rumah baca bagi tempat saya KKN yaitu di kel. sendang mulyo, kec. tembalang semarang. Tgl 8 kemarin saya dan team survei ke lokasi rumah pintar, alhamdullilah tempat bacanya masih sangat layak digunakan akan tetapi buku yg ada sudah sangat kotor dan rusak. ada 2 lemari kecil untuk tempat buku tsb. menurut info dari pengelola rumah pintar tersebut dulunya rumah baca ini sering di datangai anak-anak / remaja-remaja untuk sharing dan membaca buku tapi kendala buku yg terbatas anak-anak pun sudah bosan, belum lagi dengan keadaan buku tsb yg sudah lama sehingga membuat anak-anak malas untuk datang lagi, niat kami disini untuk menggerakan kembali minat baca dan insya Allah menambah koleksi buku. sekiranya bapak ingin membantu untuk program kami ini kami akan sangat senang sekali.
program kkn kami dilaksanakan sampai tgl 29 oktober 2017, minggu ini kami masih terus mencari donatur buku-buku.

terimakasih atas perhatiannya
semoga dengan kebijaksanaan bapak dapat membantu anak & remaja di kelurahan sendang mulyo Semarang dapat bangkit kembali minat bacanya.

Waalaikumsalam Wr. Wb

Nama Asli : Abdul Aman
Alamat : Desa Kragan RT 01 RW 03 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Jawa Tengah 59273
No HP : 085726812764
Email : abdulaman1983@gmail.com
Nama TBM : AVICENA
TBM baru yang kami rintis tahun 2017, masih minim sarpras dan koleksi buku, padahal lingkungan kami sebetulnya sangat mengharapkan keberadaan buku-buku bacaan dan referensi untuk belajar.
Mengingat setiap harinya tidak kurang dari 300 anak beraktivitas setiap harinya, sebagai pusat aktivitas belajar siswa TPQ, Madin TK,SD dan SMP.
Donasi buku bacaan yang relevan dengan tingkat perkembangan siswa kami harapkan dapat terwujud, dari tangan tangan mulia. Demikian semoga Tuhan membalas kebaikan anda dengan yang lebih besar lagi. Terimaksih

RUMAH BACA KITA
Nama : Rika Peranginangin
Alamat : Dusun I Desa Sembahe Baru Kec. Pancur Batu Kab. Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Email : rikamaria3004@gmail.com
HP : 085373640308
Perpustakaan/Rumah Baca ini kami dirikan mengingat begitu penting menanamkan minat baca bagi anak-anak. dan melihat keadaan anak-anak di desa kami banyak sekali waktu luang mereka hanya bermain oleh karena itu kami mendirikan rumah baca ini agar anak-anak di desa kami punya minat membaca.
adapun yang membaca di perpustakaan kami adalah anak SD -SMP dan disediakan juga untuk Umum, oleh karena itu melalui profil singkat ini kami membutuhkan buku-buku umum dan bacaan anak SD-SMA (buku-buku ensiklopedia umum, cerita masyarakat, cerita modern).
proses di perpustakaan ini dibuka pukul 3 sore-7 malam dan boleh meminjam buku dan disediakan kartu pinjam.
terimakasih atas perhatiannya. Sekian

Nama : Lita Dini Anggraeni .S
Alamat : Perum metland tambun cluster fontania blok.m2/no.7 ds.tambun kec.tambun selatan kab.bekasi
email : litadini_as@yahoo.co.id
No.hp : 082297466201

Assalamualaikum...
Saya mengajukan permohonan bantuan buku untuk perpustakaan sekolah di tempat saya mengajar, yaitu di SDN.Telaga Asih 03 - Kabupaten Bekasi, yg beralamat di Jl.Telaga Asih IV no.6 Ds.Telaga Asih Kec.Cikarang Barat Kab.Bekasi. Perpustakaan sekolah kami sudah memiliki beberapa koleksi buku, tapi hanya terbatas pada buku mata pelajaran yang diberikan dari pemerintah berupa buku cetak BSE jadi koleksi buku perpustakan masih belum brvariasi karena sebatas hanya buku pelajaran saja. Hal tersebut membuat minat baca siswa-siswi kami masih tergolong rendah, karena kurangnya koleksi buku bacaan.Semoga dengan adanya bantuan dari program ini,koleksi buku bacaan perpustakaan kami bertambah sehingga membuat minat baca siswa siswi kami pun
meningkat.
Kami sangat mengharapkan mendapatkan bantuan buku dari program satu juta buku ini.
Terima kasih... Semoga Alloh balas kebaikan orang-orang yg terlibat dalam program ini dengan pahala sodakoh yang terus mengalir untuknya..amiin.
Sekian.
Wassalamualaikum...

NAMA : SUKRI SYAHRUDDIN
ALAMAT : JL. HASANUDDIN GG. TERATAI RT. 01 RW. 05 KELURAHAN BUGIS KEC. SUMBAWA KAB. SUMBAWA BESAR (84313) NTB
NO. HP : 082340252723
E-Mail : ody.syah23@gmail.com
FB : Ody Syah

Saya ingin mengajukan sumbangan buku bagi Komunitas Perpustakaan Jalanan Sumbawa. Perpustakaan ini di bentuk berawal dr keprihatinan terhadap kurangnya minat baca anak2. Beberapa donatur ada yg sudah menyumbangkan bukunya secara personal namun jenis buku yg disumbangkan adalah bacaan remaja dan dewasa (ilmiah). Dari pihak pemerintah (perpustakaan daerah) baru hanya bisa membantu melalui layanan perpustakaan keliling.
Kami berharap ada bantuan / sumbangan buku untuk membantu komunitas tersebut. Selain mencari sumbangan melalui media online kami juga berencana untuk melakukan kegiatan2 yg bertujuan untuk mencari lebih banyak lagi donatur yg mau menyumbangkan bukunya.
Semoga harapan kami dapat terpenuhi.
Terima kasih
Semoga Allah membalas kebaikan hati anda dgn kebaikan yg tdk terhingga.

Nama : Sukri Syahruddin
Alamat : Jl. Hasanuddin Gg. Teratai RT. 01 RW. 05 Kel. Bugis Kec. Sumbawa Kab. Sumbawa NTB 84313
Email : ody.syah23@gmail.com
Fb : Ody Syah

Ingin membantu menyalurkan buku untuk perpustakaan pinggir kali (Pupinka) di daerah kelurahan Bugis Kec. Sumbawa.
Perpustakaan ini awalnya didirikan oleh pemuda setempat utk membantu menghapus trauma anak2 korban banjir beberapa waktu lalu (Februari 2017).
Kami berharap bisa mendapatkan bantuan dr lembaga saudara berupa koleksi yg bermanfaay.
Semoga harapan kami dapat terkabulkan.
Terima kasih

Nama: Syarif Nanda Hanafi
Alamat: Pondok Pesantren Darullughah Wadda'Wah Po.Box 8. Jl.Raya Raci Bangil Pasuruan JATIM
HP: 082254086118
twitter: @iskabdalwa15
FB: Syarif qadri
Assalamu Alaikum Ikhwani Fillah, Saya selaku Pengurus Maktabah AlMaliki PP. Darullughah Wadda'wah sangat berharap bantuan buku berbahasa Indonesia.Sebab Maktabah yang kami kelolah kebanyakan Koleksi bukunya berbahasa Arab, sedangkan untuk koleksi buku bahasa indonesianya sangat minim sekali,setiap santri berkunjung ke maktabah yang kami kelolah selalu bertanya koleksi buku B. Indonesianya cuma ini aja nih. sedangkan buku yang berbahsa Arab kami dapat bantuan dari donatur yang berasal dari negara arab, yang pernah berkunjung di Pondok Kami. agar tidak memberatkan pimpinan pesantren, maka kami mencari inisiatif sendiri untuk mencari sumbangan buku secara online.Demikian yang hanya dapat saya sampaikan kepada pihak yang berhati dermawan.saya ucapkan terima kasih.

Nama : Khana Fitriyah
No Hp:08986559816
Alamat: jl Bregat Raya, Rt.01 Rw, 03, Krapyak Tahunan Jepara
Email : fitriyahkhana@gmail.com
Facebook: khana fitri / khana fitriyah

saya dan om saya baru 1 minggu ini memulai merintis rumah baca di rumah bapak saya. koleksi perpustakaan kami baru sedikit kurang lebih 100 buku,itupun dari koleksi buku bacaan pribadi kami, Saya ingin koleksi yang ada tidak hanya itu itu saja. saya berkeinginan untuk menyebarkan kebiasaan membaca di tempat tinggal saya dengan adanya rumah Baca ini. Segmen pembacanya adalah anak-anak SD dan remaja, dewasa dan orang tua di sekitar tempat tinggal saya. Alasan kami mendirikan Rumah baca (saat ini belum ada nama) adalah karena kami prihatin di desa kami/ warga sekitar kami minat baca dan sekolah yang rendah. Mereka lebih suka bermain dan bekerja, sehinngga kebanyakan dari mereka hanya lulus SD / SMP. rumah baca kami ini gratis dan tidak memungut uang sewa.saat ini perpustakaan rumah baca kami ini masih didominasi oleh anak-anak padahal buku cerita dan buku-buku anak masih sedikit.
saya berharap mendapat bantuan buku, agar koleksi perpustakaan rumah baca kami banyak . semoga dengan ikut mendaftar disini, terbantu, terimah kasih

Nama Asli : Rochimatulloh
Alamat : Kp.Cihurang RT 02 RW 01 Desa Cikanyere Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur 43254
No HP : 085217386703
Email : aroem79@gmail.com
Twitter : @mt_aroem
Facebook : M Tedja Arum R
https://www.facebook.com/Rochematulloh
Assalamualaikum Wr. Wb.Yth.
Dengan ini saya memberanikan diri mengajukan tempat Taman Baca atau Perpustakaan Masyarakat berikut fasilitas yang cukup memadai,dengan tujuan memberdayakan SDM melalui buku sebagai bahan Pembuka kesuksesan tersebut.
Perlu saya jelaskan di tempat yang direncanakan diberikan fasilitas Perpustakaan adalah berupa bangunan ex pos Satpam yang sudah tidak produktif, kemudian selanjutnya sekarang ini bangunan tersebut dipinjam pakai dengan penggunaan Guna manfaat oleh Karang Taruna CUPU MANIK ASTA GINA Cihurang Cikanyere Sukaresmi Cianjur sebagai pos utama kegiatan dan didalam bangunan berikut areal sekitar Pos Sekretariat tersebut saat ini menjadi tempat berkumpul, rapat,shearing, bahkan pembuatan karya-karya Generasi Muda Karang Taruna, bahkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Generasi Muda KARANG TARUNA tersebut menjadi pusat perhatian hingga selalu diikuti juga oleh adik-adik pelajar baik SD ataupun SMA yang selesai sekolah dengan menonton atau memperhatikan kegiatan yang dilaksanakan pihak KARANG TARUNA

mengingat bangunan sekretariat Karang Taruna yang kemudian menjadi shelter berkumpul semua warga dan menjadi titik keramaian tersebut, oleh karena itu kami Karang Taruna CUPU MANIK ASTA GINA berpendapat didalam bangunan sekretariat tersebut akan semakin lebih baik bila juga Tersedia fasilitas Perpustakaan dengan maksud dan tujuan menambah pemberdayaan, skill, ide, wawasan baru, Membuka jendela dunia dengan adanya buku sebagai bahan bacaan

Adapun jenis buku yang dimohon adalah berupa buku pelajaran PAUD, SD, SMP, SMA berikut penguatan sub pembahasan ektra kokulikuler, dan cara wiraswasta, bertani, beternak, service mesin, budi daya tanaman hias, ikan hias, hardware dan software komputer berikut cara service, astronomi, sejarah, seni,budaya, musik, novel, sastra, Pengetahuan umum

Semoga dengan ilmu yang bermanfaat tersebut dan Buku sebagai kunci pengantar Suksesnya kedepan kami lebih baik berkarya dan menjadi manusia yang bermanfaat untuk lingkungan


Sebagai bahan pertimbangan bahwa nanti bila kami mendapatkan bantuan buku-buku tersebut akan kami rawat, pelihara dan tidak akan diperjualbelikan

Salam Generasi Karya untuk NKRI jaya

Ttd
KETUA KARANG TARUNA
CUPU MANIK ASTA GINA


Rochimatulloh

Nama Asli : Musdalifah S.pd
Alamat : Jalan Ir. Sutami komp. vila mutiara.mutiara biru XI no. 18 Rt 03 rw 10 kel.bulurokeng kec biringkanaya 90243
No HP : 085253661415 besar harapan kami agar dapat dibantu.Insya allah segala amal yang dibuat akan mendapatkan pahala yang terbaik.syukron.

Nama: Solikhin
Alamat: Dusun Ngobo RT 05 RW 05 Desa Wringinputih, Kec. Bergas, Kab. Semarang
Telp.081615498885
Email: sinarlangit09@gmail.com
FB: Solikhin WPtiga

Saya baru merintis taman bacaan dilingkungan tempat tinggal saya, yang mana lingkungan saya berada di sekitar pabrik dimana banyak anak- anak yang sehabis pulang sekolah waktunya hanya dihabiskan untuk bermain saja tanpa ada pantauan dari orang tua karena kebanyakan orang tua mereka bekerja dipabrik pulang sore hari dan banyak juga yang sampai malam baru pulang, melihat kondisi ini saya membuat taman bacaan kecil dengan segala keterbatasan koleksi buku yang ada pun hanya sebatas buku koleksi pribadi, bersama ini juga kiranya saya bisa dikirimi buku-buku bacaan untuk memperbanyak koleksi buku di taman bacaan kami sehingga anak tidak bisa lebih semangat dalam membaca dan menambah wawasan
Trima kasih.

Maaf salah ketik "anak bisa lebih semangat dalam membaca dan menambah wawasan"

Nama : Rifah Aini
Alamat : Perumahan Taman walet Blok SC 9 No 7 RT 05 RW 09 Sindang sari Pasar kemis Tangerang Banten
Telp : 081284497001
email : keyaufa@gmail.com
fb Rifah aini
Kebutuhan buku buku bacaan untuk anak anak

Nama Asli : ahmad Mujitahid. SH
Alamat : Jalan Raya Penujak-selong Belanak, dusun Adong desa penujak Kecamatan praya barat Kabupaten lombok tengah 83572
No HP : 082339141030
Email : ahmadmujitahid130@gmail.com
Facebook : ahmad mujitahid Saifudin ; Asalamualaikum Wr. Wb.Yth. dismengajukan 3 tempat :1) Perpustakaan Desa, ini merupakan perpustakaan pertama dan satu-satunya di desa saya. Karena masih baru jadi koleksi bukunya masih sedikit, padahal saya berharap perpustakaan ini bisa jadi tempat mencari ilmu warga desa saya karena Alhamdulillah warga desa saya hampir 100% bisa baca tulis. Karena tempatnya yang sekaligus dijadikan posyandu, kebanyakan koleksi buku hanya buku-buku tentang pengetahuan anak dan ibu yang tidak disukai anak-anak, padahal banyak sekali anak-anak di desa saya. Andai saja ada koleksi buku yang lebih disukai anak-anak semacam kumcer dan buku pengetahuan umum yang lebih berwarna pasti akan banyak anak yang tertarik ke perpustakaan. Selain itu, karena di seberang posyandu ini adalah TK, pasti anak-anak TK sehabis pulang sekolah akan melirik perpustakaan karena melihat banyak buku-buku menarik, saat jam pelajaran guru juga bisa mengajak anak-anak ke sana :)

Assalam mualaikum
NAMA : Dikky ramdani  
NO.telp :(+62) 81225825970
ALAMAT : JL.K.TELINGSING KALUGAWEN PONPES DAAR AL-FURQON 3, KAB. KUDUS,
KUDUS KOTA, JAWA TENGAH, kode pos 59316
Facebook : dikky buly

Nama : Mohammad Toha Hehanussa
Alamat : RT 001/RW 003, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon
Kode Pos : 97112
No. Hp : 082399073908
Email : Takenhehanussa2013@gmail.com
Facebook : MT Hehanussa

Jejak Pembaruan merupakan Komunitas yang menularkan virus membaca kepada semua elemen baik pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa maupun pemuda pemudi serta orang tua di Negeri Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku.

Jejak Pembaruan lahir atas dasar keresahan 2 orang Mahasiswa asal Negeri Hualoy akan minimnya minat baca masyarakat Hualoy, sehingga untuk menciptakan keterbalikan minat masyarakat terhadap buku, 2 orang Mahasiswa tersebut masing-masing menghibah buku sebanyak 5 buah dan dibantu beberapa Mahasiswa yang juga asal Negeri Hualoy sebagai langkah awal pencerahan.
Usaha tersebut disambut beberapa orang yang mewakili elemen yang disebutkan diatas. Namun, hal inilah yang menjadi masalah sesungguhnya, karena buku yang ada terlalu sedikit untuk peminat baru yang selalu bertambah.
Jadi, kami mohon untuk semua pihak untuk mendonasikan buku kepada kami agar tujuan pencerahan kami dapat terwujud.
Terimakasih

Nama:firdaus
Alamat: Jln.andi parenrengi,desa lapakaka kelurahan bojo baru kecamatan mallusetasi kabupaten barru sulawesi selatan 90753
Nomor hp:082376923805
Fb:Firdaus
Gmail:gilaibadah@gmail.com
IG:Siidau

Untuk taman baca yang sa ajukan kali ini pak yaitu taman baca sahabat pesisir.taman baca ini kami bentuk awalnya dari inisiatif tersendiri untuk menciptakan suatu lapak baca yang mana memiliki sasaran pembaca yaitu siswa dan siswi SD,SMP,SMA,WARGA lainnya.disamping kami menciptakan taman baca kami juga memiliki 3 PROKER yaitu dibidang pendidikan yakni meliputi kursus bahasa inggris dan pendidikan agama islam.dibidang seni meliputi kerajinan tangan dan seni tari.dan dibidang sosial meliputi minggu bersih dan senam.dalam hal ini kami selaku pengurus taman baca sahabat pesisir masih kekurangan buku bacaan.sekali lagi mohon bantuannya kak untuk buku bacaan

Nama : SUPARLAN
Alamat : SDN Cipete 4 Jl. HR. Rasuna Said Kel. Cipete Kec. Pinang Kota Tangerang
No hp. 085945736253
Email : sdncip4@gmail.com
Bersama ini kami dari sekolah negeri Cipete 4 mengajukan permohonan buku bacaan untuk mengisi perpustakaan kami, karena buku di bacaan di sekolah kami masih minim
Atas bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih

Assalamualaikum wr.wb

Nama : Sigit Nugraha
Alamat : Jl.Anjasmoro no 35 dusun Bendo,Desa Karangpandan,Kexamatan Pakisaji,Kabupaten Malang 65162
No hp : 08985631864808
Email : pointoel@gmail.com
Fb : @pointoel

Dengan ini saya ingin mengajukan bantuan donasi buku untuk taman bacaan yang baru saja didirikan oleh muda mudi sub karang taruna desa saya.
Dikarenakan untuk semakin menarik minat baca masyarakat secara umum,khusus nya untuk mereka yang putus sekolah ataupun kurang mampu untuk mendapatkan sumber bacaan,disini saya ingin mendapatkan bantuan donasi buku pelajaran ataupun pengetahuan umum.
Sekiranya itu yang bisa sampaikan dan terima kasih atas kebaikan dan kerja sama nya.


Wassalamu'alaikum wr.wb

“MOHON BANTUAN UNTUK BUKU-BUKU BACAAN”
NAMA PERPUSTAKAAN : RUMAH BACA "LEMBUR KURING", ALAMAT : DUSUN IV BLOK WAGE, JL. SUMUR BUAH RT.001/RW.006,DESA PAMENGKANG,KEC. MUNDU 45173, KAB.CIREBON, JAWA BARAT
NAMA PENGELOLA/PENANGGUNG JAWAB : DEDEN SUSBIANTARA, HP#: 08121403486
TAHUN PENDIRIAN : 2016,
JUMLAH KOLEKSI BUKU (YANG DIMILIKI) : 30 BUKU
- JUMLAH ANGGOTA PERPUSTAKAAN : 20 ORANG (TERDIRI ATAS ANAK-ANAK, REMAJA & DEWASA)
- BUKU-BUKU YANG DIMINATI : MAJALAH-MAJALAH, BUKU KESEHATAN, BUKU-BUKU ISLAMI, BUKU-BUKU BACAAN ANAK-ANAK, BUKU-BUKU USAHA-USAHA KETERAMPILAN, DAN LAIN-LAIN

Nama Asli : Frilia Lingga Wati
Alamat : Jl. Nginden Kota Gang 2 No 78 B Surabaya
No HP : 085645158502
Email : linggasukses23@gmail.com
Twitter : @frilia14
Facebook : Frilialingga Wati ; https://www.facebook.com/frilialingga

Saya seorang mahasiswa universitas 17 agustus surabaya. Saya ingin meminta bantuan buku bacaan untuk tempat KKN saya yang ada di desa putat jaya dengan latar belakang Kota Dolly . Saya ingin membantu anak anak di Desa Tersebut untuk menyukai buku dan membantu taman baca buku yang ada di desa setempat. Guna menuju Indonesia cerdas dan mengajak anak - anak menyukai pendidikan dan semakin maju pendidikan indonesia. Terima kasih mohon bantuannya segera karena pelaksanaan dimulai tanggal 12 Mei 2018.

Assalamu alaikum wr wb
Nama Asli : Andi eka Arini Saputri
Alamat: Jln Abd Azis Bolacippe'e Desa Paenre Lompoe Kec. Gantarang Kabupaten Bulukumba
No hp : 082343217423
Email : ekaarini54@gmail.com
Facebook : Andi eka arini Saputri
IG : Andi.ekarinisaputri
Di Desa saya baru baru ini kami membentuk Karang Taruna Rumpun Padi Desa Paenre Lompoe dan hari ini kami mengadakan Raker pertama setelah pembentukan yg sah. Kebetulan saya ada di Devisi pendidikan dan pelatihan dimana salah satu Program kerja saya dan teman-teman didevisi ini adalah membentuk taman Baca Desa, hal ini kami termotivasi untuk memupuk minat baca anak-anak dan remaja yang ada disekitar desa untuk lebih giat lagi untuk mau membaca, tapi kami terkendala dengan kurangnya buku yang tersedia didesa kami. Kami memohon untuk bisa mendapatkan bantuan buku. Agar anak-anak dan remaja didesa kami juga lebih mau lagi membaca dengan banyaknya variasi buku yang bisa kami sediakan.
Seiring Doa Semoga pembentukan taman Baca ini bisa terlaksana dengan lancar dengan bisa dibantunya dengan ketersediaan Buku yang bisa diDonasikan.
Terima kasih
Assalamu Alaikum Wr wb

Nama : Fadlan Syukur
Alamat :Jl.Merdeka No.24 Kapu Desa Sani-Sani Kec.Samaturu Kab.Kolaka Sulawesi Tenggara
HP : 082293207383
Instagram : @fadlansyukur47
FB :Fadlan Syukur Abbas
Email: fadlansyukur86@yahoo.com

Assalammualaikum kakak2 diva press .Saya ingin mengajukan permohonan bantuan ##AksiSejutaBukuGratisTaman Baca ini untuk saya tujukan di daerah saya. saat ini kami bermaksud ingin mendirikan Taman Bacaan sebagai penunjang dalam mencerdaskan generasi bangsa. semoga dengan bantuan buku ini, bermanfaat buat warga sekitar khususnya pelajar dan generasi muda di Desa kami. Aminnn.

NAMA : Tri Budiarto
ALAMAT : Asrama Sylvapinus Jalan Rasamala No 4 Kampus IPB Darmaga,Darmaga, Bogor
No. HP : 083867242xxx
Twitter : @sylvapinusIPB
FB : Asrama Sylvapinus ipb

Dengan Hormat,
Bersama surat ini kami mengajukan permohonan bantuan pengadaan Buku dan bahan bacaan. Sehubungan dengan kurangnya buku dan bahan bacaan Perpustakaan Asrama Sylvapinus IPB yang dibangun dengan tujuan meningkatkan minat baca sehingga memperluas wawasan bagi setiap penghuni Asrama Sylvapinus IPB. Adapun target pembaca perpustakaan kami adalah mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang menjadi Penghuni, Alumni dan Tamu Asrama Sylvapinus. Rentang usia pembaca adalah 20 tahun keatas.Kami yakin bantuan buku tersebut dapat meningkatkan minat baca dan mutu SDM Asrama Sylvapinus IPB yang kami kelola. Karenanya, kami berharap bapak/ibu dapat mengabulkan permohonan kami (Cp: Tri Budiarto 083867242xxx). Adapun pengiriman buku dapat ditujukan ke alamat kami Asrama Sylvapinus Jalan Rasamala No 4 Kampus IPB Darmaga,Darmaga, Bogor 16680 via PT POS melalui program kirim buku gratis setiap tanggal 17.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Bogor,28 Mei 2018

Nama : Linggar Dwi Ervina Koesarieyanto
Alamat : Dsn. Tanjungsari RT.001 RW.003 Desa. Tanjungsari Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung
HP : 081554014234
Email : link_bisnis@yahoo.co.id
FB : Linggar Aryanto

Pak Edi, saya ingin mengajukan untuk pendirian taman baca Gratis baru di rumah saya. Karena jauh dari kota, warga sekitar jauh dari perpustakaan umum dan toko buku. Bahkan Rental buku dan taman baca juga belum ada se-kecamatan. Sementara ini, koleksi buku saya masih sekitar 50an. Untuk calom pembaca, saya sasarkan pada anak-anak PAUD/TK dan SD. Karena rumah saya dekat dengan TK dan SD. Mohon perhatiannya dan atas bantuannya kami sampaikan terimakasih. semoga Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikan Bapak.

Nama TBM:Rumah Baca Seribu Huruf
Pendiri :Idris Afandi
Alamat : jln.mbaleng rt 04 rw 08,dusun sumurbandung,desa brebeg,kec.jeruklegi.kab.cilacap_jawa tengah,kode pos 53252
No hp: 083844708411
Fb : Idris Af

Saya dari TBM RBSH mengajukan permohonan bantuan buku bacaan untu anak" desa kami demi generasi masa depan desa kami, RBHS berdiri pd thun 2016,kegiatan yg sudah terlaksana antara lain,bakti sosial 1 bulan 1x, menyantuni anak yatim dam jompo 3 bulan 1x,kegiatan rutin tahunan lomba tingkat desa, kegiatan literasi perminggu,
Lebih lengkapnya silahkan kunjungi grup fb kami Rumah Baca Seribu Huruf

nama TBM : kampoeng baca
nama : siti lailatul hajar
alamat : dsn. klagen rt:1 rw:2, peterongan, Jombang
fb : siti hajar ( bintangkejora674@yahoo.com)
no wa : 085707029629

saya dati tbm kampoeng baca ingin mengajukan bantuan buku bacaan untuk anak2. saya sangat yakin jika anak2 generasi bangsa Indonesia ini mulai dikenalkan membaca sejak dini akan memberikan perubahan positif untuk negeri. anak2 adalah aset bangsa yang begitu berharga. masa depan berada di genggaman tangan mereka.
saya bukan orang kaya, namun jiwa saya terpanggil untuk dapat memberikan manfaat bagi orang lain. dalam TBM yang saya kelola, saya hanya mampu memebeli buku2 bekas untuk menambah koleksi di TBM kampoeng baca. di sini, anak2 saya tanamkan cinta membaca pada anak2. mulai umur 3 tahun, paud, sd, smp, sma dan warga pada umumnya. minimnya buku bacaan di sekitar mereka membuat mereka lebih suka bermain gadget, apalagi di zaman sekarang ini. oleh karenanya, di samping adany TBM, program2 menarik pun kami berikan agar mereka rindu dan mencintai membaca.
harapan saya semoga dengan aksi sejuta buku ini mampu memberikan banyak inspirasi dan manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia serta menjadikan ladang amal kebaikan. saya berharap pengajuan sederhana ini dapat terkabula agar minat baca di sekitar wilayah kami pun meningkat.
indonesia membaca, Indonesia cerdas, Indonesia maju.
merdekaaa!!!

nama TBM: Taman Baca Griya Impian
nama: Difa Fatwa Fadlillah
no hp: 085234564774
email: difafatwa99@gmail.com
alamat TBM: RT 03 RW 04 Winangun, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, DIY

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan program pengabdian masyarakat bidang pendidikan (nonprofit) untuk membangkitkan budaya baca di Gunungkidul, maka bersama ini kami Griya Impian selaku pengelola Taman Baca Griya Impian di Gunungkidul dengan kerendahan hati memohon kepada Bapak beserta tim kiranya dapat membantu pengadaan buku-buku taman baca kami secara gratis, khususnya yang berkaitan dengan buku bacaan anak level belum sekolah sampai dengan SMA. Mengingat di Tepus, Gunungkidul belum ada taman baca, kami harap nantinya kegiatan ini mampu memberikan sugesti pada anak-anak supaya memiliki minat membaca sehingga menjadi budaya baca.

Demikian permohonan dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Nama TBM: TBM Lentera Literasi
nama pengelola: Qosim Jamaluddin
no hp: 081915008321
email: lenteraliterasiku@gmail.com
alamat TBM: Jalan Kedondong Nomor 56 Desa Kalibagor Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Jawa Tengah 54317

Taman Baca Lentera Literasi ditujukan untuk masyarakat, utamanya anak-anak di Dukuh Kedondong Desa Kalibagor. Kami belum memiliki bangunan taman baca yang mandiri (masih berada di beranda rumah, rak buku berada di dekat ruang tamu dan ketersediaan buku belum memadai. Meski demikian, taman baca kami memiliki kegiatan rutin untuk anak-anak selain memaca buku. Kami melaksanakan kegiatan mingguan belajar membuat kerajinan dan belajar tutor sebaya setiap sore setelah maghrib. Kami masih membutuhkan banyak buku, utamanya adalah buku cerita anak, buku motivasi serta inspirasi untuk anak dan remaja, buku sains dan fiksi. Kami sangat memohon bantuan literasi agar kebutuhan buku dapat terpenuhi dan anak-ank tetap termotivasi sehingga gemar membaca. Terima kasih. Salam literasi dari TB Lentera Literasi.

Assalamualaikum..
Mungkin bapak memiliki stok buku-buku yang layak dibaca kalangan anak-anak/remaja baik berupa buku cerita fiksi-non fiksi, novel, dll, mohon kesediaannya untuk mendonasikannya ke Gubuk Baca kami.
Sekarang, kami masih dalam perjuangan merintis bagaimana anak-anak/remaja di tempat ini agar gemar belajar dan membaca. Akan tetapi, kendalanya adalah sangat minimnya stok buku bacaan anak-anak/remaja, sedangkan buku-buku yang sudah ada lebih banyak untuk diluar kalangan usia mereka seperti buku filsafat, politik, dlsbgnya sehingga bahasanya terkesan terlalu berat dan sangat tidak menarik bagi mereka.
Sejauh ini, anak-anak/remaja disini lebih senang keluyuran (bahkan pada malam hari) dan bermain gadget di tangan mereka. Kami ingin, sedikit-sedikit mengubahnya agar tidak kecanduan gadget.
Bahkan, yang lebih memprihatinkan lagi, ada sebagian dari mereka yang sampai lulus SD dan masuk SMP masih tidak/belum lancar membaca dan berhitung. Harapan kami disini, jika ada buku-buku yang membuat anak-anak tertarik, mungkin mereka akan lebih semangat untuk belajar/membaca dan meninggalkan kebiasaan main gadgetnya. Apalagi pihak pemerintah kelurahan tidak menyediakan fasilitas peepustakaan dan buku-buku yang layak bagi mereka.
Kami sangat mengharapkan keterlibatan, dukungan, dan donasi bapak yang mau berbagi dengan kami disini.
Sebelumnya, kami berterima kasih atas semuanya.. 🙏
Wassalamualaikum wr. wb. #SalamLiterasi

Alamat TBM kami :
Gubuk Baca Mambaus Sholihin
PP. Mambaus Sholihin IV KM. 12 Trans Siri Sori Islam RT. 02
Kel. Hollo Kec. Amahai Kab. Maluku Tengah
Kode pos: 97516
a. n Saiful Anam Hp/WA: 082239323668

Bismillah,
Saya punya keinginan intuk membuka taman baca mini sangat sederhana di rumah saya untuk kalangan anak balita sampai SD. Saat ini saya baru memiliki sekitar 50 judul koleksi pribadi buku balita, sebagian alhamdulillah saya dapatkan dari toko buku bekas karena minimnya biaya untuk menambah koleksi. Semoga saya bisa mendapatkan tambahan buku baru untuk anak SD agar rencana tersebut lekas terwujud. Saya mengharapkan koleksi buku-buku referensi dan ensiklopedia populer, cerita islami dan buku-buku aktivitas untuk balita.
Nama: RAHMIYATUS SAFITRI
Alamat: JL. AHMAD YANI KM.12.900 KOMP. SETIA BERSAMA NO.58 RT.3 RW.1 KEC. GAMBUT KAB. BANJAR 70652 KALIMANTAN SELATAN
HP: 087712191357
Email: miya_safitri@ymail.com

Nama : Matheus Drajat Hargono
Alamat : SMP N 1 Karangreja d.a Jalan raya karangreja Purbalingga Jawa Tengah 53357
No HP : 081 391 342 221
Email : drajathargono24@gmail.com
Perpustakaan di sekolah kami sebagian besar adalah buku pelajaran karena untuk pegangan siswa. Sehingga perpustakaan sangat minim koleksi buku non pendidikan. Saat ini usaha yang kami lakukan untuk siswa adalah adanya gerakan pojok baca di tiap kelas dimana koleksi pojok baca tidak dapat terpenuhi dari perpustakaan sekolah. Sehingga pojok baca di kelas sangat minim koleksi buku yang dapat dibaca pada kegiatan literasi. Kegiatan ini siswa diminta untuk membaca buku atau satu bagian pada buku dan membuat resume, kemudian resume tersebut dipajang di papan pajangan di kelas. Kegiatan ini dilakukan kontinu tiap minggu. Apabila siswa telah membuat resume dari semua buku yang tersedia di pojok baca maka siswa akan bosan karena terbatasnya koleksi buku.

Maaf menggunakan e_mail Pribadi
Kenalkan nama saya LALU MUHAMAD ANSORI krtua Taman baca ANAK MUMBUL. Mohon bantuan buku bacaan untuk anak, remaja dan orang tua buk. Kami baru berjalan 3 bulan dan masih limit buku. Berikut alamat kami: Mantung, Penujak kab. Lombok tengah_NTB
Facebook. Hands Mumbul
E_mail: literasianakmumbul@gmail.com
WA admin: 085 933 025 488

Mohon dengan sangat uluran tangannya buk, demi memajukan pengetahuan dan kwalitas pendidikan kami di kampung. Kurang lebihnya mohon maaf. Dan terima kasih ss

Maaf menggunakan e_mail Pribadi
Kenalkan nama saya LALU MUHAMAD ANSORI krtua Taman baca ANAK MUMBUL. Mohon bantuan buku bacaan untuk anak, remaja dan orang tua buk. Kami baru berjalan 3 bulan dan masih limit buku. Berikut alamat kami: Mantung, Penujak kab. Lombok tengah_NTB
Facebook. Hands Mumbul
E_mail: literasianakmumbul@gmail.com
WA admin: 085 933 025 488

Mohon dengan sangat uluran tangannya buk, demi memajukan pengetahuan dan kwalitas pendidikan kami di kampung. Kurang lebihnya mohon maaf. Dan terima kasih ss

Nama TBM : Layanan Pendidikan dan Perpustakaan gratis Oemah Cerdas
Nama : Erlangga Girindra Buana
No.Hp (WA) : 081229871839
email : angga154@gmail.com
alamat TBM: Dukuh Randu RT.20 RW.03, Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang

Dengan Hormat,
Bahwa dalam rangka mewujudkan buku sebagai jendela dan sumber ilmu bagi generasi muda di lingkungan Dusun Randu Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring dan sekitarnya maka kami memandang perlu terbentuknya sebuah wadah pengembangan diri khususnya pengembangan budaya membaca yang dapat menampung dan mengembangkan keinginan membaca dan menambah ilmu melalui sebuah Perpustakaan Layanan Pendidikan Gratis, di Desa Cibuyur , Kecamatan Warungpring.
Maka bersama ini kami Layanan Pendidikan dan Perpustakaan gratis Oemah Cerdas dengan kerendahan hati memohon kepada Bapak/Ibu beserta tim kiranya dapat membantu pengadaan buku-buku taman baca kami secara gratis.

Demikian permohonan dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Nama: Yohanes M Vianey
Alamat : Jl Raya Abepura sentani, padang bulan kota jayapura
HP : 081220829569
Email : vianeymemar@gmail.com
Tweeter : @Memar_VianAG
FB : Vianey Payong Suban
Target calon pembaca : Anak TK hingga Dewasa
Saya mau mengajukan ini karena
1.       Kurangnya kesadaran mambaca
2.       Selalu bergantung sama media sosmed yang semakin marak dengan berita kurang bermutu dan banyak HOAX
3.       Saya baru memiliki beberapa buah buku saja dan itu sangat tidak mendukung untuk membuka sebuah taman
4.       Ingin mengembangkan niat membaca dan menulis pada anak-anak usia dini,
5.       Merangsang para buta aksara untuk mau belajar membaca
Sekian dan terimakasih, semoga niat baik saudara –saudara sekalian menjadi pintu berkah diakhirat.
 
Salam dari Papua

Kami ingin mengajukan permohonan bantuan buku untuk perpustakaan mini di MASJID AL IKHLAS, sasaran pembacanya PAUD,TK,SD,SMP,SMA,Dan Masyarakat Umum , rendahnya pengetahuan dan pendidikan di daerah Tanjungan serta semangat anak-anak & Ibu-ibu serta Bapak-bapak untuk membaca membuat kami ingin membuat perpustakaan mini di masjid Al Ikhlas yang menjadi tempat TPQ & pusat masyarakat berkumpul. Kami orang desa yang sebagian besar adalah para Tukang yang penghasilan pas-pasan hanya mampu membeli beberapa buku saja yang sangat tidak mencukupi kebutuhan anak-anak paud apalagi yang SD,SMP,SMA dan Ibu-ibu. Beberapa buku saja sudah menjadi rebutan karena besarnya minat baca anak-anak.

Nama Asli : Sri Mulatningsih
Jabatan : Sekretaris TPQ Al Ikhlas
Alamat : TPQ Masjid Al Ikhlas
Tanjungan RT 006/Rw 003,Tanjungan,Wedi,Klaten 57461
No HP : 085743574012

Atas Perhatiannya kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih.

Nama: Tri Budiarto (perpustakaan Asrama SylvapinusZ)
Alamat: Asrama SylvapinusJalan Rasamala No 4 Kampus IPB Darmaga, Darmaga, Bogor, 16680
HP: 083867242397
twitter: @SylvapinusIPB
FB: Sylvapinus Ipb

Perpustakaan Asrama untuk mahasiswa. kami membutuhkan ragam bacaan untuk meningkatkan wawasan kami. selain sebagai bahan studi, buku merupakan hiburan dan sarana pengabdian. pada waktu-waktu tertentu kami sering mengadakan perpustakaan keliling disekitar kampus untuk sebagai upaya gerakan literasi.perpustakaan kami juga sering menjadi tempat bagi komunitas sekitar kampus untuk berdiskusi. kami juga telah tergabung dalam Komunitas TBM nasional, apabila ingin kirim buku gratis bisa dilakukan setiap tanggal 17 tiap bulan. semoga dapat diterima permohonan bantuan bukunya. terima kasih sebanyak-banyaknya sebelumnya

Nama: Chafid Marzuki
Alamat: Kampung Ngepeh Rt02/01 Ds. Wadas Kec. Plantungan Kab. Kendal Jawa Tengah 51362
E-mail: sanggarsongo@gmail.com
Hp 08999222934

(Fast response via email)

Nama TBM "SANGGARSONGO Teras Literasi" berdiri 03/03/2019. Bangunan berdiri di bagian bangunan rumah dengan luas saat ini 6mX3m diteras rumah, ketersediaan fasilitas 1 rak buku, dan buku kurang dari 100 buku, alhamdulillah support masyarakat tenaga dan material, berdiri independent dibuka untuk umum yang saat ini masih membutuhkan banyak donasi sumber literasi, untuk buku bacaan anak-anak dan buku pertanian untuk dewasa. Sekiranya berkenan untuk siapapun mendonasikan bukunya akan sangat kami terima mohon agar konfirmasi via email.

Salam sejahtera dari pelosok desa
Terimakasih

SANGGARSONGO

profil singkat perpusatakaan yang ingin saya ajukan,ini data diri saya

Nama : Shinta Zahrotul Aqifah
alamat : Perbalan RT 02/RW 03,Dukun,Karang Tengah,Demak
No.hp : 081327274208
: 085954680472
facebook : shintaaqqif
instagram: shintaaqif_0206
G-mail : Shintairhasy.0206@gmail.com

assalamualaikum..
Alhamdulillah saya tidak ketinggalan dengan adanya info ini.
saya adalah salah satu pelajar di Madrasah Aliyah Negeri Demak dan salah satu pengurus perpustakaan pojok kelas di MAN Demak.Dengan adanya info seperti ini saya mewakili segenap pengurus perpustakaan ingin mengajukan untuk perpustakaan pojok kelas di sekolah kami yang sangat minim dengan buku bacaan.kami mohon bantuan dari bapak dan ibu sekalian agar dengan senang hati rela memberi sumbangan buku untuk kami.karena dari hasil pengamatan kami,minat baca baca para siswa di sekolah kami sangat minim,karena buku di perpustakaan sekolah kami pun hanya buku pelajaran,paling hanya ada 1 atau 3 buku fiksi,itupun buku komik komik jadul.nah,maka dari itu kami mohon bantuanya untuk menambah koleksi buku fiksi ,novel,komik,majalah,paradigma,dan sebagainnya.dan itu pun akan kami jadikan koleksi perpustakaan pojok kelas di setiap ruang kelas. karena jarak perpustakaan sekolah jauh,dan ruangan yang kurang nyaman dan menyenangkan untuk para pembaca.tujuan kami adalah menumbuhkan dan mengembangkan minat baca siswa Madrasah Aliyah Negeri Demak.karena menurut kami novel atau komik (buku fiksi) bisa di optimalkan untuk refresing otak biar tidak penat dengan materi materi pelajaran,juga unntuk menambah pengetahuan siswa di luar mata pelajaran.karena sekolah kami dilarang membawa handphone semoga buku buku bisa di manfaatkan di waktu luang,entah itu saat istirahat ataupun jam kosong. terimakasih,
semoga harapan kami ini bisa di kabulkan.
wassalamualaikum

Alamat Madrasah Aliyah Negeri Demak:
Jl,Diponegoro Nomor 27 Demak 59571

profil singkat perpusatakaan yang ingin saya ajukan,ini data diri saya

Nama : Shinta Zahrotul Aqifah
alamat : Perbalan RT 02/RW 03,Dukun,Karang Tengah,Demak
No.hp : 081327274208
: 085954680472
facebook : shintaaqqif
instagram: shintaaqif_0206
G-mail : Shintairhasy.0206@gmail.com

assalamualaikum..
Alhamdulillah saya tidak ketinggalan dengan adanya info ini.
saya adalah salah satu pelajar di Madrasah Aliyah Negeri Demak dan salah satu pengurus perpustakaan pojok kelas di MAN Demak.Dengan adanya info seperti ini saya mewakili segenap pengurus perpustakaan ingin mengajukan untuk perpustakaan pojok kelas di sekolah kami yang sangat minim dengan buku bacaan.kami mohon bantuan dari bapak dan ibu sekalian agar dengan senang hati rela memberi sumbangan buku untuk kami.karena dari hasil pengamatan kami,minat baca baca para siswa di sekolah kami sangat minim,karena buku di perpustakaan sekolah kami pun hanya buku pelajaran,paling hanya ada 1 atau 3 buku fiksi,itupun buku komik komik jadul.nah,maka dari itu kami mohon bantuanya untuk menambah koleksi buku fiksi ,novel,komik,majalah,paradigma,dan sebagainnya.dan itu pun akan kami jadikan koleksi perpustakaan pojok kelas di setiap ruang kelas. karena jarak perpustakaan sekolah jauh,dan ruangan yang kurang nyaman dan menyenangkan untuk para pembaca.tujuan kami adalah menumbuhkan dan mengembangkan minat baca siswa Madrasah Aliyah Negeri Demak.karena menurut kami novel atau komik (buku fiksi) bisa di optimalkan untuk refresing otak biar tidak penat dengan materi materi pelajaran,juga unntuk menambah pengetahuan siswa di luar mata pelajaran.karena sekolah kami dilarang membawa handphone semoga buku buku bisa di manfaatkan di waktu luang,entah itu saat istirahat ataupun jam kosong. terimakasih,
semoga harapan kami ini bisa di kabulkan.
wassalamualaikum

Alamat Madrasah Aliyah Negeri Demak:
Jl,Diponegoro Nomor 27 Demak 59571

Nama Asli : Munirah Al Safa
Alamat : Jalan Kelapa Gading RT.01 Kampung. Sumber Rejo, Kec. Sekolaq Darat Kab. Kutai Barat Kalimantan Timur 75565
No HP : 082157137529
Email : munsafa06@gmail.com

Facebook : Munirah Ajjah
Saya Adalah Bagian Dari Kampung Sumber Rejo, Saya Ingin sekali mendapat buku gratis dikarenakan dikampung saya minat baca buku anak, remaja, maupun orang tua sangatlah sedikit bahkan anak2 lebih suka bermain hp, motor-motoran daripada mengerjakan PR. saya baru mengoleksi buku bacaan sedikit saya ingin sekali mendirikan perpustakaan dikampung saya, dan saya ingin memotivasi anak-anak serta remaja dikampung saya untuk giat membaca,, oleh karena itu saya berharap sekali bantuan buku dari bapak.terima kasih

Assalamualaikum....

Nama Asli :Kurniawan
Alamat : Ds.Ngranggonanyar kec.Kepohbaruhttps://www.google.co.id/url?q=http://www.datadikdasmen.com/2018/11/perangkat-pembelajaran-lengkap-sd-kelas_68.html%3Fm%3D1&sa=U&ved=2ahUKEwj-nZP0zvTkAhXp6nMBHZfFA3sQFjAMegQIBxAB&usg=AOvVaw09F9jQkkcwC_uVbini1zsT Bojonegoro Jawa timur..
No.Hp : 085658008686
Email : awan.eror@yahoo.com
Fb : awan eror

Disini saya mau mengajukan permohonan pengadaan buku untuk perpusatakaan Madrasah yg kami kelola yaitu MI Miftahul Ulum Karangan Kepohbaru....gambaran sedikit disini perpustakaan yg ada buku hanya buku pegangan siswa saja tidak ada buku bacaan untuk anak2 sehingga mengakibatkan minat baca anak2 sangat rendah sekali...disamping tu ruang perpustakaan sekolah masih nebeng diruang RA atau TK sehingga perpustakaan bisa buka setelah anak didik RA tu pulang....harpan kami semoga ni bisa direapon untuk lebih detailnya bisa turba ke madarasah kami...terima kasih

Assalamualaikum Wr.Wb.

Nama : Ana Ratnasari
Alamat : Ds. Sumberagung RT 01/09 Weleri, Kab. KENDAL, Jawa Timur
No.hp : 087700151817
facebook : ana.ratnasari.12
instagram: @ratnasha17
G-mail : anaratnasari1817@gmail.com

sehubungan dengan adanya informasi perihal aksi sejuta buku, saya selaku pustakawan dari perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Weleri mau mengajukan permohonan pengadaan buku untuk perpustakaan kami.
sedikit gambaran dari perpustakaan kami, perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Weleri masih sangt minin sekali bahan bacaan untuk para siswa dan sivitas akademika, dikarenakan 3 tahun belakangan ini perpustakaan vakum dan tidak beroperasi. dan mulai beroperasi sejak awal bulan agustus tahun ini. adapun koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan hanya sebatas buku paket (buku pegangan siswa).
sedangkan minat baca para siswa sangatlah tinggi, terlebih sekolah SMA Muhammadiyah 1 Weleri ini berbasis pondok pesantren sehingga murid tidak pulang ke rumah dan tidak diperbolehkan membawa hp, di asramapun tidak tersedia sarana untuk penyebaran informasi, layanan internet pun sangatlah terbatas.
adapun kerjasama yang dilakukan oleh perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan minat baca siswa yaitu bekerjasama dengan dinas perpustakaan kendal melalui perpustakaan keliling, namun masih belum bisa mengcover kebutuhan informasi perpustakaan.
Dengan adanya program aksi sejuta buku ini, kami sangat berharap bapak/ibu untuk memberikan sumbangan buku ke perpustakaan kami guna menambah koleksi di perpustakaan kami, sehingga wawasan anak dapat berkembang dan kebutuhan informasi dapat terpenuhi, adapun lebih rincinya, bapak/ ibu dipersilahkan untukdatang ke sekolah kami.
Besar harapan kami agar pengajuan sumbangan buku ini di terima.
terima kasih ats perhatian bapak/ibu.
Wassalamualaikum

Alamat Sekolah: SMA Muhammadiyah 1 Weleri
JL. Raya 238 Weleri, Kendal, Jateng 51355.
Telp. (0294) 541205

Nama Asli : Hendri Hermawan (BiBNI)
Alamat : Perumahan Griya Tiara Blok C6 Desa Bugel Kec. Sukra kab. Indramayu
No HP : 085283168736
Email : najmuilmi@gmail.com
Twitter : -
Facebook :Bimbel Bibni
Dengan hormat,

Perkenalkan kami pengurus BiBNI (Bimbingan Belajar Najmu Ilmi) yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Kami bermaksud mengajukan bantuan pengadaan buku untuk Perpustakaan mini yang insya Allah kami peruntukan untuk kalangan anak-anak dan remaja sekitar BiBNI. Agar dapat menambah minat baca dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka.

Untuk itu, sekiranya yayasan ini berkenan mengabulkan permintaan kami. Kami akan membuatkan proposal pengajuannya.

Besar harapan kami agar keinginan kami dapat dikabulkan. Atas perhatiannya kamin ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Pengurus BiBNI.


Hendri Hermawan

Nama : Nur Ismi Amelia
Alamat : Jalan Jenderal Ahmad Yani Rt. 05 Rw. 05 Desa Dukuhturi, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes, Jawa Tengah, 52263.
HP : 083807624902
Email : amelianurismi3@gmail.com
Maaf Twitter sama FB belum punya.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama kali membaca postingan Bapak tentang #AksiSejutaBukuTamanBacaan, saya cukup tertarik, dulu saya pernah ingin mencoba mendirikan perpustakaan lewat ormas desa tapi gagal. Jadi saya mencoba akan merintis taman bacaan yang sasarannya anak sekolah, baik itu anak, remaja, sampai dewasa. Sebenarnya saya ingin membukanya sekarang, tapi buku-buku koleksi saya masih sangat sedikit. Jadi, Insya Allah saya berkenan untuk membukanya bulan Januari mendatang karena untuk menambah koleksi buku yang ada, harus mempunyai budget yang lumayan. Sedangkan saya masih sekolah. Jadi, saya berharap agar bapak bersedia memberikan bantuan buku untuk taman bacaan yang saya rintis agar dapat dibuka secepatnya. Sehingga saya dapat meningkatkan minat baca orang-orang di sini agar SDM masyarakat Indonesia pun dapat meningkat. Saya mohon bantuannya Pak. Terimakasih. Semoga pahala selalu mengalir kepada Bapak. Jaza kallah khoiron.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

«Oldest   ‹Older   1801 – 1859 of 1859   Newer›   Newest»

Back To Top