Personal Blog

GAGASAN #KAMPUSFIKSI ROADSHOW SEPECIAL EDITION





Akhirnya, setelah sekian lama ngebolang, tim #KampusFiksi kembali mengadakan event #KampusFiksi Roadshow Jogja. Bertempat di Taman Budaya Jogjakarta, tanggal 9 Maret 2014, dari pukul 11.00 – 14.30.
Pesertanya?
Nah, ini yang selalu sukses membuat saya gemetaran. Bukan karena grogi, tapi terharu. Iya lho, suer, saya selalu terharu menyaksikan kalian begitu antusias untuk datang dari (sebagiannya) kota-kota jauh, duduk berlama-lama sampai acara tuntas. Sebagian kemarin ada yang datang dari Surabaya, Semarang, Kediri, bahkan Bandung dan Jakarta.
Alamak!
Saya nggak tahu persis berapa jumlah peserta kemarin, tapi insya Allah lebih dari 150-an orang. Tempat ber-AC pun jadi berasa agak bersauna ya.
Antusiasme yang luar biasa sekali....










Hemmm, saya tahu benar, bahwa untuk menjadi penulis fiksi yang baik tidaklah akan cukup dengan ikut pelatihan menulis dengan waktu hanya 3-4 jam. Sesi Mbak Rina dan Mbak Ajjah (Keredaksian dan Editing) hanya dapat waktu nggak nyampe satu jam. Sesi saya, setelah saya negosiasi dengan peserta untuk memangkas waktu ishoma, hanya 2 jam. Tak ayal, pas sesi tanya-jawab, begitu banyak tangan mengacung yang nggak kebagian waktu. Maaf untuk keadaan ini.
Sudah pasti, kalian takkan seketika menjadi penulis baik setelah kelar ikutan #KampusFiksi roadshow ini. Bahkan, alumni #KampusFiksi Reguler pun yang totalitas waktunya lebih panjang dan intensif, hanya sebagian kok yang benar-benar berhasil menjadi penulis yang baik dan sukses menatap buku-buku novelnya mejeng di toko-toko buku nasional.
Tapi, setidaknya, antusiasme kalian dari awal sampai akhir mencerminkan besarnya ghirah anak-anak muda untuk berkreasi, berkarya, dalam hal ini di dunia literasi. Dan itu kian lama kian membuat saya nggak tahan menanggung rasa galau!
Guys, sesungguhnya saya sangat ingin memberikan durasi waktu yang lebih panjang agar kalian leluasa bertanya-jawab. Bahkan, saya kebayang, tentu akan lebih mantap lagi jika ada waktu untuk praktik menulis langsung di lokasi. Tentu, bawa laptop sendiri-sendiri, agar bisa praktik nulisnya di laptop sendiri, bukan laptop peserta sebelah. Lol. Hasilnya, kemudian akan kami bantu evaluasi. Agar kalian kian tahu benar di mana letak kekurangan, kesalahan, dan masalah kalian saat menulis cerita.
Malamnya, saya ngobrol sama Mbak Rina untuk menggagas event #KampusFiksi roadshow special Jogja lagi (mungkin hanya setahun sekali), tanpa seleksi peserta meski jelas seat akan dibatasi, dengan konsep yang lebih spesial, durasinya lebih panjang. Waktunya hari Minggu, durasinya seharian dari pagi-sore (atau malam). Dimulai pukul 08.00 dengan sesi teori teknik menulis dan editing. Lalu ishoma. Lalu pukul 13.00 mulai sesi praktik menulis cerpen selama 3 jam. Lalu evaluasi karya oleh tim #KampusFiksi. Ya, jelas aja, semua itu free! Konsumsi kami yang tanggung penuh selama kalian di sini.
Ini hanya sebuah upaya saya untuk mewadahi kawan-kawan yang antusias banget untuk belajar menulis fiksi, tetapi belum memiliki kesempatan untuk mendapat seat di #KampusFiksi Reguler. Ya, memang, wadah ini tetaplah akan berbeda telak dengan #KampusFiksi Reguler, namun tentunya jauh lebih leluasa dan intensif dibanding #KampusFiksi roadshow biasanya.
Itu gagasan baru saya. #KampusFiksi Roadshow Special Edition. Keren, ya? *Iya aja deh jawabnya.
Mari ikutan….
14 Komentar untuk "GAGASAN #KAMPUSFIKSI ROADSHOW SEPECIAL EDITION"

luarr biasa... meski jauh2 dari bandung... aku puaasss bangeeett dg acranya....
kapan ngadain di bandung lagi?

Ikuuuuttttt...
Saya ndaftar ya,Mas
^_^

Ikuuuuttttt...
Saya ndaftar ya,Mas
^_^

mauuuuu... :D kapan diadakannya??

subhanalloh, so sweet baget, aku jadi terharu gak sabar pengen ikutan, kapan pak edi? kemaren mu nanya gak kebagian, saya bener2 pengen ikut.

rencana mei, jangan telat daftarnya, rajin onlen dong hee

Pak, pengen ikut...kapan pendaftarannya pak?

Barakallah Pak Edi..
Semoga lancar, yang kemaren nggak kebagian jatah pas sesi tanya jawab. Semoga masih di beri kesempatan untuk ikutan lagi. Amiinn..*nggak sabar pengen cepet2 bulan Mei

Back To Top